Tips Sederhana Agar Aman Mengendarai Sepeda Motor Matic Pada Saat Musim Hujan

Ketika musim hujan tiba, sering kita mendengar gari berbagai media dan bahkan mungkin diantara kita ada yang melihat sendiri terjadinya kecelakaan lalu lintas khususnya pada roda dua atau sepeda motor baik sepeda motor bebek, sport dan terutama matic. Kenapa sepeda motor matic banyak mengalami kecelakaan pada musim penghujan ? Kendaraan ini umumnya memiliki ukuran diameter ban yang lebih kecil dari jenis kendaraan roda dua pada umumnya sehingga apabila tercebur pada lobang jalan maka akan mudah terjatuh.

Kecelakaan tersebut umumnya selain disebabkan oleh adanya ukuran ban yang lebih kecil, juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor lainnya seperti hujan lebat, kondisi sepeda motor itu sendiri serta akibat dari kelalaian pengendaranya sendiri yang kurang waspada terhadap kondisi jalan maupun kendaraannya.

Bagi yang gemar dengan mengendarai sepeda motor matic sebaiknya lebih waspada dan berhati-hati dalam berkendara karena sepeda motor yang dikenal cukup gesit ini sangat rawan kecelakaan terutama pada musim penghujan dan jalan yang berpasir serta licin. Dengan diameter ban yang relatif kecil dibanding ukuran ban motor lainnya, apabila ban tersebut sudah tipis atau hilang batiknya maka akan dengan mudah terpelanting jika melakukan pengereman secara mendadak.

Berikut ini beberapa tips sederhana yang bisa membantu pada saat mengendarai sepeda motor matic kesayangan agar kita terhindar dari kecelakaan lalu lintas khususnya pada musim penghujan, antara lain adalah ;

1. Cek Lampu
Sebelum menjalankan kendaraan sepeda motor matic, kita harus memastikan apakah lampu kendaraan baik lampu depan maupun lampu belakang menyala atau ada gangguan karena pada saat hujan lampu menjadi salah satu faktor utama agar kita terhindar dari kecelakaan. Dengan lampu depan maupun belakang yang menyala maka akan menjadikan kendaraan kita bisa terlihat oleh kendaraan lain sehingga akan saling menghindar jika berpapasan maupun tertubruk dari belakang.

Baca Juga :  Tips Sederhana Menghapus Virus di HP Android Tanpa Bantuan Aplikasi Antivirus

2. Cek Sistem Pengeriman
Kendaraan sepeda motor matic yang sistem pengerimannya bermasalah sebaiknya diperbaiki terlebih dahulu karena sistem rem yang kurang prima juga menjadi faktor utama terjadinya kecelakaan, karena dalam kondisi hujan kita bisa dengan mendadak melakukan pengeriman agar terhindar dari genangan air maupun jalan berlobang.

3. Cek Ban
Pada musim penghujan ban juga menjadi salah satu faktor utama agar kita bisa terhindar dari kecelakaan. Oleh karena itu pastikan bahwa ban kendaraan kesayangan kita dalam kondisi prima dan tidak kempes atau kurang angin karena ban yang kurang prima atau sudah aus akan menjadikan kendaraan mudah tergelincir apalagi diatas kondisi jalan yang licin karena hujan.

4. Waspadai Genangan Air
Apabila kita berkendara menggunakan sepeda motor matic dan menjumpai genangan air dijalan maka waspadalah, kurangi kecepatan dan kalau memungkinkan hindari saja. Genangan air dijalan umumnya disebabkan kondisi jalan yang berlobang sehingga kalau kita tidak hati-hati maka kendaraan akan tercebur pada lobang tersebut dan mengakibatkan kecelakaan.

5. Jangan Menerobos Banjir
Kendaraan roda dua khususnya matic jangan dipaksakan menerobos banjir karena jika dipaksakan akan mengakibatkan kerusakan mesin. Letak mesin sepeda motor matic yang relatif dekat dengan tanah dibandingkan dengan sepeda motor sport akan mudah terendam air yang mengakibatkan mesin mati mendadak. Oleh karena itu kalau menjumpai kondisi tersebut sebaiknya mencari jalur alternatif atau lebih baik berteduh terlebih dahulu sambil istirahat menunggu air surut. Pada saat berteduh pun juga harus memperhatikan lingkungan sekitar tempat kita berteduh, hindari berteduh dibawah atau sekitar pohon tua yang mudah tumbang, dibawah jembatan layang atau tol dan lain sebagainya yang justru bisa mengancam keselamatan diri kita sendiri.

Baca Juga :  Tips Sederhana Membersihkan Furnitur dari Jamur

6. Jaga Jarak Aman Berkendara
Berkendara pada musim penghujan harus ekstra hati-hati karena jika kita menemui jalan berlobang, genangan air dan kendaraan lain yang kebetulan mengerem atau berhenti mendadak bisa menyebabkan kecelakaan. Oleh karena itu berkendaralah dalam kecepatan yang aman dan jaga jarak dengan kendaraan lain di depan kita agar apabila terjadi sesuatu di depan maka ada jarak untuk menghindari ataupun memungkinkan bisa berhenti.

Selain berbagai faktor yang memungkinkan terjadinya kecelakaan sebagaimana tersebut diatas, agar kita terhindar dari kecelakaan saat mengendarai sepeda motor matic pada musim penghujan, kita juga harus memperhatikan kelengkapan penting lainnya seperti helm, jaket agar tidak masuk angin, jas hujan dan jangan sampai lupa surat-surat kendaraan serta SIM agar tidak ditilang oleh pak polisi.

Mudah-mudahan tips sederhana agar aman dalam mengendarai sepeda motor matic pada saat musim penghujan dan terhindar dari kecelakaan ini manfaatnya.

Ingat ! “Jatuh di atas aspal tidak seindah jatuh cinta pada pandangan pertama”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *