Tips Sederhana Agar Terhindar Dari COVID-19

Wabah virus yang menggemparkan dunia hingga pertengahan mei 2020 sungguh diluar dugaan umat manusia  karena hingga saat ini belum juga ditemukan vaksin untuk membasmi agar bisa segera dihentikan. Wabah ini dimulai pada akhir tahun 2019 di Wuhan Tiongkok sehingga dinamai Covid-19 atau coronavirus 2019.

Hampir seluruh negara di seantero dunia yakni sekitar 200 negara terjangkit virus ini termasuk negara kita Republik Indonesia. Ribuan korban meninggal terus berjatuhan dimana-mana sehingga virus ini seakan menjadi hantu mengerikan yang membunuh siapa saja dengan tidak pandang bulu. Selain menimbulkan wabah yang cukup mengerikan covid-19 juga telah memporak porandakan berbagai aspek kehidupan diseluruh dunia dan kini seakan dunia berhenti akibat penyebaran virus corona.

Adapun indikator virus corona yang mulai menjangkiti manusia umumnya ditandai oleh beberapa hal sebagai berikut ;

  • Demam tinggi
  • Rasa kelelahan yang tidak biasa
  • Batuk kering
  • Sesak napas
  • Kehilangan indera perasa serta penciuman

Upaya pemerintah diseluruh dunia yang bekerja siang malam untuk menghalau virus ini cukup serius dengan tujuan yang sama yaitu agar virus corona tidak menyebar lebih dahsyat di negara masing-masing dengan upaya beraneka ragam mulai dari isolasi diri hingga meng-edukasi warganya agar tidak terjangkit virus corona serta menerapkan aturan yang tegas kepada warganya. Namun demikian hingga kini pertengahan mei 2020 belum ada tanda-tanda penurunan dari penyebaran virus corona.

Kunci utama dari berbagai sumber resmi pemerintah maupun para ahli kesehatan diseluruh dunia  atau WHO agar bisa mengurangi penyebaran serta bisa terhindar dan memutus mata rantai Covid-19 adalah dengan meng-isolasi diri di rumah masing-masing hingga waktu yang belum jelas kapan virus ini bisa dikendalikan. Namun apabila harus keluar rumah karena untuk memenuhi kebutuhan pokok dan otomatis saling bertemu dengan manusia lainnya yang entah terjangkit atau tidak dengan virus ini  maka yang harus dilakukan sesuai anjuran dari pemerintah adalah ;

Baca Juga :  Mengenal Manfaat Kalsium Bagi Tubuh Manusia

Memakai Masker

Apabila kita terpaksa harus keluar rumah karena untuk memenuhi kebutuhan pokok seperti belanja sembako atau obat-obatan maka demi memutus mata rantai dan agar diri kita terhindar dari wabah ini yakni dengan selalu mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh petugas pemerintah serta jangan lupa tetap menggunakan masker sampai kembali ke rumah.

Hindari Bersentuhan

Virus ini bisa menyebar melalui berbagai media baik benda maupun kontak fisik dengan manusia, oleh karena itu sesuai dengan anjuran dari pemerintah untuk sementara waktu apabila bertemu dengan orang lain yang biasanya bersalaman atau berjabat tangan untuk sementara waktu  tidak perlu berjabat tangan karena dengan berjabat tangan dengan tidak sadar apabila salah satu terinfeksi maka akan menular ke orang lain.

Rajin Cuci Tangan

Kemunculan pandemi wabah virus corona ini ternyata membuat warga mulai menyadari akan pentingnya arti kesehatan sehingga kini banyak dijumpai di depan toko atau di tempat umum banyak tersedia keran air yang disertai dengan bahan disinfektan untuk mencuci tangan.  Oleh karena itu sebaiknya manfaatkan fasilitas tersebut agar tangan kita selalu terbebas dari penyebaran virus dengan rajin mencuci tangan yang dicampur dengan bahan yang mengandung disinfektan.

Menjaga Imunitas Tubuh

Kita semua tahu bahwa Coronavirus atau Covid-19 hingga pertengahan mei 2020 ini belum ditemukan vaksin untuk mengendalikannya, adapun secara umum yang mudah terserang virus ini adalah mereka yang usia lanjut dan memiliki riwayat penyakit akut serta yang memiliki daya tahan tubuh atau imun rendah tanpa mengenal usia. Oleh karena itu untuk menjaga agar imunitas tubuh tetap fit  antara lain yaitu tetap melakukan olah raga dirumah secara rutin serta mengkonsumsi asupan makanan yang bisa menambah daya tahan tubuh seperti mengkonsumsi makanan serta minuman yang banyak mengandung rempah-rempah dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Yuk ! Mengenal Berbagai Jenis Makanan Yang Bisa Menyehatkan Rambut

Negara kita yang kaya akan berbagai jenis rempah-rempah tentu menjadi keuntungan tersendiri sehingga meskipun hingga saat ini belum ditemukan vaksin virus corona ini apabila kita tetap menjaga daya tahan tubuh tetap stabil dengan cara mengkonsumsi berbagai rempah yang melimpah disekitar kita mudah-mudahan semakin hari penyebaran virus ini semakin menurun dan lenyap dari bumi nusantara…. amin !

Menghindari Kerumunan

Salah satu cara untuk menurunkan penyebaran dan memutus mata rantai covid-19 yang kini sedang diterapkan oleh pemerintah adalah menghindari kerumunan massa, namun apabila hal tersebut sulit dihindari maka kita harus pandai menjaga jarak sesuai anjuran pemerintah minimal 1 meter agar tidak tertular virus yang menggemparkan seantero dunia ini  dengan tetap mengenakan masker serta sebisa mungkin tangan tidak menyentuh benda-benda yang biasa disentuh publik seperti pegangan tangga lift, kursi dan meja warung makan dan lain sebagainya, jangan lupa diupayakan semaksimal mungkin di area publik tersebut bisa menjaga kebiasaan  memegang panca indera sendiri seperti menyentuh mata dan hidung karena hal ini dianggap bisa menularkan wabah virus corona dengan cepat dari tangan kita sendiri.

Tidak Batuk/Bersin Sembarangan

Virus umumnya bisa menular melalui batuk serta bersin dan virus corona dimungkinkan juga bisa menular sebagaimana umumnya virus karena udara yang keluar dari seseorang yang terinfeksi virus corona secara tidak sadar otomatis menyebar dan menginfeksi manusia disekitarnya. Untuk itu walaupun diri kita merasa sehat belum tentu terbebas dari virus ini sehingga alangkah baiknya jika batuk atau bersin menjauh dari kerumunan massa, dengan perilaku ini kita termasuk salah satu yang berbuat baik demi kemanusiaan  untuk mengurangi penyebaran dan memutus mata rantai virus corona.

Baca Juga :  Efek Negatif Radiasi Smartphone Serta Tips Sederhana Menetralisirnya

Segera Menghubungi Petugas Medis

Gejala terjangkit virus ini sudah banyak disampaikan oleh pemerintah seperti demam tinggi, batuk, flu, pilek dan lain sebagainya. Apabila ada diantara keluarga kita ada yang mengalami gejala-gejala sebagaimana diatas, tidak perlu takut untuk segera menghubungi petugas medis setempat agar apabila benar terjangkit tidak menyebar ke seluruh anggota keluarga serta tetangga atau orang lain. Hal ini termasuk salah satu kesadaran diri terhadap anggota keluarga maupun orang disekitar agar tidak ikut terinfeksi lebih banyak.

Berbagai tips sederhana sebagaimana diatas apabila diterapkan sesuai dengan anjuran pemerintah yang kini terus menerus di sosialisasikan, mudah-mudahan kita bisa terhindar sekaligus membantu pemerintah untuk memotong berkembangnya mata rantai yang terus menyebar di negara kita sehingga walaupun vaksin dari virus ini belum diketemukan namun virus ini tidak menyebar lebih luas di nusantara. Semoga !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *