Tips Sederhana Berhenti Menghisap Rokok

Kalau saja mau jujur, apa sih manfaat atau keuntungan menghisap rokok ??? Yang pasti uang puluhan ribu terbakar tiap hari…. Walaupun dalam hati kecil perokok ingin “Berhenti Merokok”. Namun pada umumnya mereka tidak kuasa untuk meninggalkannya.

Namun kalau memang serius atau sungguh-sungguh berniat untuk berhenti merokok, anda bisa menyimak beberapa tips sederhana dibawah ini, mudah-mudahan bisa memberikan inspirasi bagi anda untuk berhenti meninggalkan kebiasaan buruk merokok, yaitu:

A. Coba lakukan evaluasi kebiasaan merokok anda
Mulai kapan anda merokok ? Apakah kebiasaan merokok dilakukan hanya setelah makan saja ? Pernahkah tersirat di fikiran anda untuk mencoba berhenti menghisap rokok ? Berapa batang rokok yang dihisap tiap hari? Coba hal tersebut ditanyakan pada diri anda sendiri ! Apa penyebab anda gagal berhenti menghisap rokok. Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan membantu anda mengklarifikasi apa yang seharusnya dilakukan untuk berhasil berhenti merokok.

B. Rencanakan dengan matang
Coba datangi ahli medis untuk menanyakan tentang bagaimana strategi untuk berhenti merokok. Untuk sementara waktu mungkin anda bisa mengalihkan kebiasaan merokok dengan mengunyah-ngunyah permen karet atau mengisap inhaler, yang terpenting adalah untuk mengalihkan kebiasaan merokok dengan aktifitas yang lain. Pelan-pelan kebiasaan menghisap rokok akan tergantikan.

C. Ikrarkan untuk berhenti merokok
Beritahukan kepada semua orang anda telah berhenti merokok, baik ke teman, rekan kerja, kerabat serta keluarga anda kalau anda telah berhenti merokok.

D. Komunikasilah dengan sesama orang yang berhasil berhenti merokok
Dengan bergabung sesama kelompok yang telah berhasil berhenti meninggalkan kebiasaan merokok akan menambah motivasi dan tentunya bisa melupakan merokok. Namun jika anda belum menemukan komunitas orang-orang yang berhasil meninggalkan merokok, anda bisa tetap berteman dengan perokok, klau ditawari katakan “Saya TIDAK merokok”.

Baca Juga :  Berbagai Manfaat Tape Ketan dan Tape Singkong Bagi Kesehatan Tubuh

E. Lupakan semua hal terkait rokok
Singkirkan sesuatu yang berhubungan dengan aktifitas merokok, mulai asbak sampai sisa puntung rokok yang masih ada terlihat disekitar anda. Yang terpenting bersihkan rumah, kantor, mobil dan baju anda yang berbau rokok karena bau dari rokok hanya akan mengingatkan anda tentang rokok.

F. Jauhkan diri anda dari situasi yang menyebabkan anda ingin merokok
Bertekadlah dengan sungguh-sungguh untuk tetap konsisten melupakan merokok walaupun situasi sangat menggoda untuk kembali menyulut batang rokok.

G. Ingatkan pada diri anda sendiri untuk tidak merokok lagi
Dengan selalu memotivasi diri untuk berhenti merokok, akan semakin menjauhkan dari rasa ingin kembali untuk menghisap rokok walaupun sebatang saja.

Demikian tips sederhana ini semoga bermanfaat dan merasakan kesehatan yang lebih baik setelah anda meninggalkan kebiasaan buruk merokok. Namun sekedar untuk mengurangi nikotin yang tiap hari masuk ke dalam tubuh akibat kecanduan merokok maka sebaiknya mengkonsumsi berbagai makanan yang bisa sedikit mengurangi racun nikotin agar efek nikotin sedikit bisa ternetralisir.

Ingat !!! : Merokok dapat membahayakan kesehatan dan memicu penyakit kronis seperti Jantung, Impotensi, Kanker serta penyakit berat lainnya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *