Tips Sederhana Cukup Efektif Meredakan Sakit Batuk Secara Alami

Batuk merupakan gangguan kesehatan yang umum terjadi dan menimpa banyak orang tanpa mengenal usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Batuk terjadi sebagai reaksi tubuh untuk membersihkan lendir akibat iritasi di saluran pernapasan. Sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman pada saluran pernapasan.

Penyakit yang satu ini selain mengganggu diri sendiri juga mengganggu orang disekitarnya karena suara yang ditimbulkan akan mengakibatkan orang disekitar merasa risih dan menjauh karena takut tertular.

Kondisi sebagaimana diatas, akhirnya menjadikan kebanyakan orang dengan segera minum sirup obat batuk untuk mengatasinya. Cara tersebut umumnya cukup efektif dan tidak ada efek samping yang membahayakan kesehatan tubuh dari minum sirup obat batuk selain mengantuk bagi kebanyakan orang. Namun, jika diantara kita ada yang terganggu dengan efek sampingnya tersebut, kita bisa mencoba cara yang juga cukup ampuh serta alami untuk meredakan batuk.

Berikut berbagai macam cara serta bahan alami yang cukup efektif untuk dimanfaatkan sebagai pereda sakit batuk tanpa ada efek samping kimia karena berbahan dasar bahan alami, antara lain adalah ;

1. Perbanyak minum air putih
Memperbanyak minum air putih adalah hal wajib yang harus dilakukan pada saat kita sedang menderita sakit batuk. Sebab dengan memperbanyak minum air putih akan membuat tubuh tetap terhidrasi dengan baik serta menurunkan sekresi lendir.

2. Mandi air hangat
Mandi dengan air hangat termasuk salah satu cara yang cukup efektif juga untuk menyembuhkan sakit batuk karena dapat melembabkan saluran pernapasan.

3. Lada hitam
Lada hitam akan memanaskan pernapasan yang kemudian berguna untuk membersihkan bakteri yang menjadi penyebab utama batuk kering.

4. Madu
Madu bukan saja memiliki rasa manis alami yang menggoda lidah namun juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit dan salah satunya adalah sakit batuk. Caranya cukup mudah yaitu dengan membuat minuman hangat yang terbuat dari campuran 2 sendok teh madu yang dicampur dengan teh herbal atau air hangat serta perasan air lemon. Kemudian diminum selagi masih hangat.

Baca Juga :  Tips Sederhana Mengolah Sayur Pare Agar Tidak Pahit

5. Air garam
Jika batuk yang kita alami disertai dengan rasa gatal pada tenggorokan, maka marilah kita coba untuk berkumur dengan air garam. Caranya adalah cukup campurkan ¼ hingga ½ sendok teh garam ke dalam 240 ml air hangat dan gunakan untuk berkumur, maka rasa gatal yang menyebabkan batuk segera akan mereda. Cara ini cukup sederhana, namun tidak direkomendasikan untuk balita atau anak di bawah usia 6 tahun, karena anak pada usia ini biasanya belum bisa berkumur dengan baik.

6. Jahe
Bumbu dapur ini juga cukup efektif untuk meredakan sakit batuk secara alami karena jahe bisa segera meningkatkan suhu tubuh dan mengusir bakteri dalam pernapasan. Caranya cukup dengan menyeduh beberapa iris jahe dengan air panas dan tunggu beberapa menit. Kemudian minumlah selagi masih hangat agar bisa meredakan sakit batuk. Selain sebagai penyembuhan sakit batuk, Jahe ternyata juga bermanfaat untuk mengatasi sakit tenggorokan dan mual yang dirasakan saat terkena flu.

7. Bawang merah
Untuk anak balita yang terserang penyakit batuk, kita bisa memanfaatkan salah satu bumbu dapur yaitu bawang merah sebagai obat batuk alami yang terbukti juga cukup efektif. Caranya adalah cukup iris bawang merah menjadi beberapa bagian dan tempatkan irisan bawang merah tersebut di samping tempat tidur. Proses penyembuhan bawang merah dalam meredakan batuk pada anak balita tersebut didapat melalui efek uap yang keluar dari irisan bawang merah yang terhirup oleh anak balita.

8. Nanas
Penelitian menunjukkan bahwa kandungan bromelain yang terdapat pada buah nanas mampu meredakan sakit batuk dan juga mengencerkan lendir di tenggorokan. Untuk mendapatkan manfaat nanas sebagai penyembuhan sakit batuk, cobalah untuk mengonsumsinya sepotong nanas atau 100 ml jus nanas segar sebanyak 3 kali dalam sehari sampai batuk benar-benar mereda.

Baca Juga :  Tips Sederhana Menghilangkan Rasa Pahit Pada Daun dan Bunga Pepaya

9. Kunyit
Kunyit mengandung kurkumin yang memiliki sifat anti virus, anti bakteri, dan anti inflamasi yang kuat. Minum susu yang dicampur dengan kunyit membantu dalam mengobati infeksi yang jadi penyebab batuk kering

Selain mengkonsumsi berbagai bahan alami sebagaimana diatas, untuk meredakan batuk kita sementara waktu juga harus banyak istirahat karena dengan istirahat/tidur maka sistem antibodi akan bekerja secara otomatis mengusir berbagai bakteri jahat yang bersemayam dalam tubuh sebagai salah satu faktor penyebab sakit batuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *