Tips Sederhana Melepaskan Diri dari Stres

Tips sederhana

Stres..! Untuk melawan dampak buruk dari stres ada banyak hal yang bisa kita dilakukan mulai dari meditasi hingga melakukan aktivitas menghibur lainnya. Namun selain itu, ada juga lho asupan tertentu yang dapat membantu perbaiki kondisi kesehatan mental.

Pada tingkat gangguan stres ringan asupan dengan kandungan vitamin, mineral, lemak sehat, serat dan antioksidan dapat membuat suasana hati jadi lebih cerah.

Adapun berbagai jenis makanan yang baik untuk meredam stres, antara lain adalah ;

1. Gandum
Gandum utuh memiliki kandungan tinggi asam amino bernama tryptophan yang penting untuk pembentukan hormon serotonin dan melatonin dalam tubuh. Seperti diketahui serotonin adalah hormon yang dapat memicu rasa bahagia membuat tubuh rileks, sementara hormon melatonin berfungsi mengatur siklus tidur.

Studi yang dilakukan oleh para peneliti di University of Delaware pada tahun 2011 menunjukan diet gandum utuh dapat membantu mengurangi mood swings, kecemasan dan depresi.

2. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan seperti almond atau walnut merupakan sumber baik untuk protein, lemak omega-3 serta antioksidan. Nah menurut Dr Barry Sears dari Inflammation Foundation kandungan tersebut memiliki efek positif mampu mengurangi dampak buruk dari stres.

“Almond dan walnut merupakan pilihan yang bagus, keduanya juga mengandung lebih banyak magnesium yang dapat mempromosikan rasa tenang,” kata dr Barry

3. Bluberry
Mengonsumsi buah blueberry menurut studi yang dipublikasi oleh Federation of American Societies for Experimental Biology (FASEB) dapat mengurangi tingkat stres dan depresi. Alasannya karena buah blueberry tinggi antioksidan yang dapat melawan hormon stres kortisol.

Pada studi lainnya efek blueberry melawan stres ini sempat diteliti untuk jadi terapi orang-orang dengan post-traumatic stress disorder (PTSD).

4. Produk Susu
Keju, yoghurt dan bentuk olahan susu lainnya menurut Dr Barry juga bagus untuk mengurangi stres. Disarankan seseorang untuk mengonsumsi produk susu yang tak memakai gula tambahan agar gula darah tidak menumpuk berlebih membuat masalah baru.

Baca Juga :  Tips Sederhana Mencegah Timbulnya Sakit Gigi

Bagaimanapun produk susu bisa melawan stres dijelaskan oleh Dr Barry karena kandungan tinggi proteinnya membantu tubuh menghasilkan hormon dopamine dan norepinephrine. Kedua hormon tersebut mampu melawan stres.

5. Coklat Hitam
Coklat hitam adalah anti depresan alami yang bisa dikonsumsi seseorang. Di dalam coklat hitam tinggi tyrosine yang dapat menstimulasi produksi hormon dopamine.

Kandungan cocoa di dalam coklat juga diketahui mendorong produksi serotonin dan endorfin yang memicu rasa bahagia.

Demikian tips sederhana berbagai jenis makanan yang baik untuk penderita stres, semoga tips ini bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *