Tips Sederhana Memahami Aplikasi Berbahaya di Smartphone Android

Tips sederhana mengenal aplikasi berbahaya

Saat ini banyak sekali aplikasi yang tersedia di internet yang menawarkan berbagai manfaat untuk aplikasi smartphone. Namun demi menjaga kesehatan smartphone kita dari berbagai kerusakan khususnya di sofware, ada baiknya kita selalu hati-hati dalam memasang atau menginstall aplikasi tersebut baik yang tersedia di play store maupun di situs web yang banyak ditawarkan secara gratis. Kenapa ?

Apabila kita tidak cermat terhadap berbagai penawaran aplikasi secara gratis tersebut, maka bisa saja aplikasi yang kita unduh mengandung virus yang membahayakan bagi ponsel kita. Tingginya pengguna smartphone menjadi peluang besar bagi peretas (hacker) untuk menyebarkan virus lewat aplikasi gratis.

Lantas bagaimana cara menghindarinya? Sebenarnya bukan sesuatu yang sulit kok, kita hanya perlu mengenali ciri-ciri ini untuk mengetahui aplikasi yang berbahaya atau tidak di Smartphone Android kita.

Simak berbagai tips berikut dari kami tentang mengenali aplikasi Smartphone yang kami himpun dari berbagai sumber berikut ini ;

1. Tidak Ada di Play Store
Aplikasi yang berbahaya umumnya tidak tersedia di Play Store, tetapi hanya di situs-situs berbagi aplikasi atau blog yang biasanya gratis. Memasang (install) aplikasi berformat .apk terkadang berisiko mengandung virus. Maka berhati-hatilah dalam mengunduh tawaran aplikasi diluar play store agar smartphone kita tidak mudah terinfeksi virus jahat.

2. Pengembang Aplikasi Tak Jelas
Sebelum memasang aplikasi pada smartphone, sebaiknya perlu kita periksa dahulu sumber aplikasi tersebut. Misalnya, siapa pengembang aplikasinya (developer). Jika tidak jelas atau tidak diketahui sumbernya dari mana, kemungkinan besar aplikasi tersebut kurang kredibel.

3. Lihat Jumlah Unduhan dan Komentar
Apabila aplikasi yang kita ingin unduh ada di Play Store, coba perhatikan jumlah unduhan dan komentar yang ditinggalkan pengguna lain. Ini menjadi salah satu tolok ukur seberapa berkualitas aplikasi yang akan kita pakai.

Baca Juga :  Tips Sederhana Membeli Smartphone Android Bekas yang Berkualitas

Umumnya aplikasi yang berkualitas sudah dipakai oleh sekurang-kurangnya 1 juta pengguna dan telah mendapatkan rating 4 ke atas. Selain itu lihat pula beberapa testimoni atau komentar dari para pengguna aplikasi tersebut.

4. Reputasi
Ciri berikutnya, aplikasi yang berbahaya biasanya memiliki reputasi yang mencurigakan baik di Google Play Store atau di komunitas Smartphone Android lainnya. Cermati apabila jumlah pengunduh dan rating aplikasi rendah. Bisa jadi aplikasi tersebut berbahaya. Maka waspadalah !

5. Deskripsi Tidak Jelas
Aplikasi yang berbahaya bisa juga dikenali dari deskripisi yang tidak jelas yang di-post di Play Store. Jika memang demikian, bisa dicurigai bahwa aplikasi tersebut berbahaya bagi perangkat kita.

Demikian  tips sederhana mengunduh dan menginstall aplikasi pada smartphone kita, mudah-mudahan informasi ini menambah pengetahuan sehingga smartphone kita terhindar dari kerusakan sofware serta tangan jahil yang ingin merusak atau mengambil data pribadi penting dalam smartphone. Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *