Tips Sederhana Membersihkan Furnitur dari Jamur

Tips Sederhana untuk Membersihkan furnitur dari Jamur.

Musim penghujan mengakibatkan furnitur kesayangan di rumah seperti meja, kursi, almari, pintu, jendela dan lainnya diwarnai banyak jamur, tumbuhnya jamur sebenarnya bisa saja disebabkan dari berbagai faktor selain cuaca hujan, seperti faktor udara lembab, hembusan angin bahkan dari debu. Biasanya furnitur ditumbuhi jamur karena bahannya dari kayu, dimana pada saat membuatnya kemungkinan kayu masih dalam keadaan basah, kalau bahannya masih belum kering walaupun furnitur sudah di cat dengan pernis masih ada kemungkinan jamur akan tumbuh kembali dan berkembang biak.

Furnitur yang ditumbuhi jamur tentu membuat pemandangan menjadi tidak sedap, seakan-akan furnitur di rumah nampak kotor. Dengan kemunculan jamur pada furnitur tentu menimbulkan kekecewaan pemilik pada penyedia barang tersebut dan tentu tidak akan menggunakan atau membelinya kembali dengan merk atau tempat yang sama.

Namun dalam menghadapi furnitur yang banyak ditumbuhi jamur sebaiknya jangan langsung emosi pada penyedia barang atau jasa furnitur, karena ada banyak cara sederhana untuk mengatasinya atau meminimimalisir tumbuhnya jamur pada furnitur dengan cara mengeringkannya baik secara alami yakni menjemur diterik matahari maupun menggunakan peralatan pengering furnitur. Menghilangkan jamur pada furnitur secara permanen sebenarnya tidaklah sulit. Simak tips berikut ini untuk menghilangkan jamur yang tumbuh pada furnitur, antara lain ;

1. Jemur di terik matahari
Jenis furnitur yang bisa dijemur seperti almari, kursi, meja serta perabot lain yang berbahan kayu, silahkan dijemur agar jamur tidak tumbuh lagi dan furnitur tetap bersih kinclong. Jangan lupa selalu tetap memperhatikan kebersihan furnitur dari debu.

2. Menggunakan pengering rambut
Apabila jamur tumbuh di gaun pintu, jendela dan perabot lain yang berbahan kayu dan tidak memungkinkan untuk dijemur maka kita bisa menggunakan peralatan pengering rambut untuk membunuh jamur. Setelah furnitur kering selanjutnya lakukan pembersihan dengan menggunakan bahan kimia seperti perbersih lantai atau bahan kimia lain yang bisa mencegah agar jamur tidak kembali tumbuh.

Baca Juga :  Efek Negatif Kebanyakan Makan Durian Serta Tips Sederhana Menatralisirnya

3. Menggunakan alkohol
Salah satu bahan kimia yang cukup efektif untuk membunuh jamur yang tumbuh pada furnitur adalah alkohol, dengan menggunakan bahan kimia ini kita cukup menuangkan alkohol secukupnya ke kain lap, lalu usapkan ke bagian furnitur yang terkena jamur.

4. Menggunakan cahaya lampu
Dengan menggunakan cahaya lampu yang cukup bisa mengeringkan furnitur yang banyak ditumbuhi jamur sehingga jamur akan mati dan furnitur kembali bersih kinclong.

Perlu di ingat bahwa ; JANGAN PERNAH MEMBERSIHKAN JAMUR YANG ADA DI FURNITUR KHUSUSNYA YANG BERBAHAN KAYU DENGAN MENGGUNAKAN AIR karena furnitur yang ditumbuhi jamur apabila terkena air justru akan tumbuh subur kembali dikemudian hari.

Demikian tips sederhana tentang cara membunuh jamur yang tumbuh pada furnitur kesayangan sehingga furnitur tetap bersih kinclong dan untuk menjaga agar furnitur tidak ditumbuhi jamurĀ  kembali maka lakukanlah perawatan secara rutin pada furnitur dengan cara tetap menjaga kebersihan furnitur dari berbagai kotoran setiap hari sehingga jamur yang tumbuh akan langsung terhapus dan tidak jadi tumbuh. Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *