Tips Sederhana Membersihkan Komedo Dan Jerawat Secara Alami

Timbulnya komedo merupakan sebuah fenomena yang wajar bagi setiap orang, baik laki-laki maupun perempuan. Timbulnya komedo dianggap sebagai kulit yang kotor, berminyak, dan berpotensi dapat menimbulkan jerawat. Komedo sendiri biasanya muncul karena terjadinya kumpulan sisa kulit mati, bakteri, serta sisa sabun yang ada dalam pori-pori.

Pori-pori yang tersumbat menjadi faktor utama penyebab adanya komedo, adapun berbagai penyebab yang bisa menjadikan pori-pori menjadi tersumbat antara lain sebagai berikut ;

1. Efek riasan
Bagi perempuan dan sebagian laki-laki yang merias wajahnya menggunakan kosmetik atau make up yang berbahaya atau tidak cocok dengan jenis kulitnya dan terus-menerus dilakukan dalam jangka waktu yang lama, maka berpotensi menjadikan pori-pori kulit menjadi tersumbat. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian bahan kosmetik sangat berpotensi menyebabkan timbulnya komedo dan jerawat.

2. Faktor keturunan
Seperti telah diketahui bahwa produksi sebum dikendalikan oleh gen atau keturunan. Gen dapat mengubah fisiologi kulit, sehingga membuatnya lebih sensitif terhadap hormon. Jika seseorang memiliki kulit berjerawat, maka kemungkinan besar akan memiliki komedo. Gen juga memainkan peranan penting dalam menentukan kekuatan respon inflamasi terhadap bakteri, serta produksi bahan kimia anti-inflamasi alami di dalam kulit. Meskipun gen mengakibatkan resiko untuk memiliki komedo dan jerawat, namun kita sebenarnya dapat mengontrol pembentukannya melalui perawatan harian pada kulit secara teratur.

3. Hormon
Usia puber merupakan usia yang paling rentan memiliki komedo dan jerawat. Masa menstruasi, kehamilan dan menopause juga mempunyai resiko terhadap timbulnya komedo dan jerawat. Karena jumlah sebum selama periode tersebut akan diproduksi lebih banyak dan dapat menyebabkan resiko pori-pori tersumbat yang lebih besar. Kondisi ini membuat sebagian perempuan lebih rentan terhadap timbulnya komedo. Demikian juga, bagi laki-laki berpotensi bisa memiliki komedo akibat perubahan hormonal pada masa puber.

4. Obat-obatan
Obat-obatan tertentu bagi sebagian orang juga bisa mempengaruhi tingkat hormon yang menyebabkan munculnya komedo dan jerawat.

5. Meningkatnya aktivitas androgen
Androgen adalah hormon seks yang biasa terjadi pada manusia. Walaupun sebenarnya pria lebih dominan terhadap tingginya hormon ini namun bagi sebagian perempuan juga mengalami, akan tetapi tingkat kehadirannya bisa berbeda-beda. Situasi meningkatnya hormon androgen berpotensi timbulnya komedo pada kulit wajah. Selain itu bagi perempuan yang menjalani terapi penggantian hormon untuk gejala menopause akan beresiko memiliki komedo serta jenis lain dari jerawat. Pria yang mengkonsumsi androgenic steroids untuk mengembangkan massa otot, juga bisa mengalami persoalan timbulnya komedo serta jerawat.

Baca Juga :  Tips Sederhana Merawat Smartphone Android Agar Awet

6. Makanan pedas
Walaupun belum ada penelitian ilmiah yang mampu membuktikan, bahwa makanan pedas bisa menyebabkan munculnya komedo dan jerawat.  Namun setidaknya, makanan pedas berkontribusi untuk memperburuk kondisi komedo dan jerawat karena setelah makan pedas akan memicu kulit menjadi sedikit lebih panas dan kemungkinan hal inilah yang menjadi pemicu timbulnya komedo serta jerawat.

7. Kebersihan kulit
Kulit, khususnya kulit wajah yang tidak dibersihkan secara teratur dan benar, maka akan berpotensi munculnya komedo dan jerawat. Perawatan kulit yang tidak tepat bisa menyebabkan sel-sel kulit mati tidak terbuang dengan benar. Oleh karena itu membersihkan kulit secara rutin dan benar menjadi sangat penting, terlebih apabila seharian telah memakai make up maka saat menjelang tidur harus dibersihkan dengan benar agar tidak menutup por-pori kulit.

Fenomena munculnya komedo dan jerawat memang bermacam-macam, selain sebagaimana tersebut di atas mungkin masih banyak faktor yang menyebabkan timbulnya komedo dan jerawat. Namun apabila ingin terbebas dari komedo dan jerawat sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan secara alami aman dan murah dengan memanfaatkan berbagai bahan alami yang banyak tersedia disekitar rumah.

Berikut ini berbagai bahan alami yang dapat diperoleh dengan mudah dan cukup murah untuk menghilangkan komedo dan jerawat, antara lain ;

1. Teh hijau
Teh hijau ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan komedo dan jerawat yang cukup efektif, selain untuk membantu menghilangkan kotoran di dalam pori-pori kulit, rendaman teh hijau juga diyakini mampu memberikan perlindungan untuk kulit melalui kandungan antioksidan yang dimilikinya. Caranya adalah teh hijau atau green tea direndam dengan air secukupnya, lalu dibalurkan atau ditempelkan pada kulit yang dihinggapi komedo dan jerawat. Kemudian diamkan selama 2-3 menit, lalu siram dengan air hangat untuk membersihkannya.

2. Madu dan kayu manis
Komedo dan jerawat juga bisa dibersihkan menggunakan madu dan kayu manis, caranya cukup mudah yaitu campurkan satu sendok makan madu dengan setengah sendok teh kayu manis. Kemudian gunakan jari untuk mengoleskan campuran madu dan kayu manis tersebut pada kulit yang ada komedo atau jerawatnyanya. Oleskan dan sedikit gosokkan ramuan tadi pada kulit yang berkomedo selama tiga menit dengan gerakan jari yang melingkar, setelah itu bilas dengan air hangat. Ramuan alami ini memiliki dua fungsi yang sangat baik bagi kulit, yaitu untuk menarik kotoran dari pori-pori dan ramuan ini juga bersifat sebagai antibiotik alami yang dapat mematikan bakteri.

Baca Juga :  Yuk ! Mengenal Berbagai Manfaat Sayuran Kangkung bagi Kesehatan

3. Putih telur
Cara untuk menghilangkan komedo dan jerawat berikutnya adalah dengan menggunakan masker putih telur. Caranya adalah pisahkan putih dan kuning telur, kemudian oleskan putih telur di daerah kulit yang berkomedo dan jerawat, lalu biarkan hingga mengering kurang lebih selama 2-3 menit. Setelah kering, ulangi beberapa kali agar pori-pori terbuka dan bakteri di dalamnya keluar. Setelah dirasa komedo keluar kemudian bilas dengan air hangat. Manfaat putih telur adalah untuk membantu mengencangkan pori-pori dan mengeluarkan kotoran yang ada di dalam pori-pori sehingga kulit akan terasa lebih halus dan nyaman.

4. Soda kue
Bahan selanjutnya yang dapat anda gunakan untuk menghilangkan komedo adalah dengan menggunakan soda kue. Caranya cukup mudah, kita tinggal campurkan soda kue dengan sedikit air hingga menjadi adonan, lalu oleskan dengan lembut pada kulit yang berkomedo. Kemudian jika masalah komedo sudah parah, gunakan adonan ini dengan takaran yang lebih banyak. Biarkan adonan menempel di kulit selama kurang lebih 5 sampai 10 menit sebelum dibasuh menggunakan air hangat. Manfaat soda kue pada ramuan ini adalah untuk membersihkan kulit secara alami karena butir-butir halus pada soda kue dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati.

5. Jeruk lemon
Bahan alami yang juga cukup efektif untuk mengusir komedo maupun jerawat berikutnya adalah memanfaatkan jeruk dan bahan lain. Caranya cukup mudah yakni mencampurkan jus lemon, satu sendok makan garam, satu sendok makan yoghurt, dan sedikit madu. Balurkan ramuan tersebut pada permukaan kulit yang memiliki komedo kurang lebih selama 2-3 menit, kemudian lanjutkan membersihkannya dengan menggunakan air hangat. Lemon atau jeruk dikenal sebagai buah pembersih kulit yang cukup baik. Sementara itu, bahan lain seperti garam dan madu dalam ramuan ini juga membantu menghilangkan semua kotoran yang terpendam di dalam pori-pori.

6. Pepaya
Buah pepaya juga sudah sangat terkenal akan khasiatnya sebagai bahan perawatan tubuh maupun kecantikan kulit wajah. Salah satu keajaiban buah pepaya adalah untuk mengatasi komedo. Caranya cukup mudah, yaitu lumatkan buah pepaya menjadi bubur dan buatlah masker. Biarkan beberapa saat lalu bilas dengan air bersih lakukan hal ini secara rutin menjelang tidur malam sampai komedo dan jerawat hilang dari kulit.

Baca Juga :  Tips Sederhana Mengatasi Sulit Tidur Secara Alami

7. Lidah buaya
Tanaman yang satu ini memiliki gel yang sangat berkhasiat untuk mengatasi komedo dan jerawat. Caranya yaitu siapkan 1 batang lidah buaya, kemudian iris-iris dan ambil lendir atau gelnya, kemudian oleskan pada area hidung maupun wajah yang berkomedo. Lakukan hal ini secara rutin 1-2 kali sehari sampai komedo dan jerawat bersih dari hidung dan wajah.

8. Uap air panas
Terapi menggunakan uap air panas untuk menghilangkan komedo dan jerawat juga masih sangat efektif. Caranya adalah rebuslah air panas ditambahkan dengan sedikit garam, kemudian setelah mendidih uapi wajah atau area yang berkomedo selama 5-10 menit dan untuk hasil yang lebih maksimal, tutupi kepala dengan kain handuk atau sarung, lalu duduk dan hadapkan wajah di depan air panas yang ditaruh di baskom. Terapi ini selain bisa mengeluarkan komedo juga bagus untuk memperlancar peredaran darah dan meredakan flu, pilek serta batuk. Lakukan beberapa kali sampai komedo keluar dengan sendirinya.

9. Tomat
Mungkin selama ini tomat masih dikenal sebagai bahan untuk pelengkap pada masakan saja, atau hanya sekdar di jus untuk dijadikan minuman segar. Namun ternyata tomat juga bisa dimanfaatkan sebagai masker pada wajah yang cukup baik bagi kesehatan kulit. Memanfaatkan tomat untuk menghilangkan komedo sebenarnya sudah cukup melegenda dan masih cukup efektif digunakan hingga saat ini, caranya sangat mudah yaitu tomat dilumatkan hingga halus kemudian campurkan minyak zaitun agar masker tomat mudah digunakan. Bilas menggunakan air hangat, untuk memperoleh hasil lebih maksimal gunakanlah masker tomat dua kali dalam seminggu. Selain dapat menghilangkan komedo, masker tomat ini dapat menutup pori-pori yang menjadi jalur pertumbuhan komedo dan menghaluskan wajah.

Semua bahan untuk menghilangkan komedo serta jerawat diatas sangat mudah didapatkan dan harga yang relatif masih murah, dengan demikian memanfaatkan bahan alami tersebut tentu juga sangat aman bagi kesehatan kulit dan tidak memiliki efek negatif apapun terhadap kulit. Mudah-mudahan kita yang hidup di nusantara ini selalu bersyukur pada Tuhan karena banyak tersedia bahan makanan dan minuman serta obat-obatan alami yang sangat baik bagi kesehatan tubuh tanpa mengeluarkan biaya mahal.  Semoga menginspirasi dan bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *