Tips Sederhana Membersihkan Sayuran dan Buah Segar dari Pestisida

Mungkin kita tidak menyadari bahwa sayuran dan buah segar yang kita makan masih mengandung pestisida, sedangkan pestisida merupakan bahan yang berfungsi untuk mengendalikan, menghambat, menolak serta membasmi hama pada tanaman. Penggunaan pestisida yang melebihi ketentuan dalam tanaman akan mengganggu kesehatan manusia, apakah pestisida yang digunakan petani sudah memenuhi ketentuan apa belum, kita tidak tahu pastinya. Namun lebih baik berhati-hati atau waspada terhadap sayuran atau buah segar yang mau kita konsumsi daripada kita terkena sisa pestisida yang masih ada dalam sayuran atau buah segar yang bisa  berakibat buruk pada kesehatan.

Sayuran segar yang biasanya untuk lalapan, seperti kacang panjang, seledri, kubis, wortel, mentimun, buah tomat, sawi dan lain sebagainya sangat rentan masih ada sisa pestisidanya. Buah-buahan seperti apel, bluberry,  ceri, anggur  juga rentan masih ada sisa pestisidanya. Sayuran maupun buah segar yang akan kita konsumsi agar terbebas dari pestisida seharusnya kita bebaskan terlebih dahulu dari sisa pestisida yang masih melekat. Gimana caranya ? Cukup mudah kok ! Simak saja tips sederhana berikut ini agar sayuran dan buah segar terbebas dari pestisida ;

  1. Cucilah tangan dengan bersih sebelum mencuci sayuran dan buah segar.
  2. Cucilah sayuran dan buah segar menggunakan air hangat.
  3. Pakailah peralatan yang lembut untuk membersihkan pestisida dari sayuran dan buah, bisa pakai sikat gigi yang halus serta tetap gunakan air hangat. Bersihkan apabila ada warna yang berbeda pada sayuran dan buah segar.
  4. Untuk sayuran seperti kubis, sawi dan sejenisnya, lepaskan daun terluar dari sayuran sejenis tadi, kemudian bilas dengan air bersih yang mengalir.
  5. Jangan lupa kupas kulit sayuran yang memiliki kulit tebal seperti brokoli.
  6. Ingat ! Jangan pernah menggunakan sabun atau detergen ketika mencuci sayuran dan buah segar.
  7. Usahan selalu membeli sayuran atau buah yang organik agar lebih aman dan nyaman.
  8. Konsumsilah sayuran atau buah segar secukupnya saja dan jangan terlalu berlebihan karena mungkin rasanya yang lezat. Makanlah secara bertahap agar racun yang mungkin masih ada dalam sayuran atau buah segar dapat dinetralisir oleh tubuh.
  9. Sebaiknya tanamlah sendiri sayuran atau buah segar dengan tidak menggunakan pestisida apapun agar benar-benar makanan yang kita makan terbebas dari racun yang membahayakan kesehatan.
Baca Juga :  Mengenal Berbagai Jenis Makanan Anti Kolesterol Tinggi

Namun apabila kita belum yakin akan sayuran atau buah segar yang mau kita konsumsi tadi setelah kita cuci pakai air bersih sebagaimana prosedur ai atas, dan ternyata diperkirakan masih ada pestisidanya, maka gunakan tips berikut ini agar kita yakin dengan sayuran atau buah segar yang kita konsumsi benar-benar terbebas dari pestisida. Caranya adalah ;

  1. Memakai Cuka
    Cuka merupakan bahan paling efektif yang dapat membantu membunuh kuman dan pestisida. Caranya adalah isilah tempat yang mau kita gunakan untuk mencuci sayuran dan buah dengan air, lalu campurkan satu cangkir cuka ke dalamnya. Bilas sayuran dan buah dengan air tersebut sebelum mencucinya kembali dengan air yang mengalir.

  2. Baking soda
    Baking soda juga dapat membantu menghilangkan residu pestisida dari sayuran dan buah segar secara efektif. Caranya adalah tambahkan baking soda secukupnya ke dalam tempat untuk merendam sayuran dan buah, usahakan merendam sekitar 15 menit kemudian cucilah dengan air yang mengalir.

  3. Kunyit
    Kunyit ternyata cukup ampuh juga untuk membasmi kuman. Siapkan tempat untuk mencuci sayuran dan buah dan campurkan lima sendok teh bubuk kunyit atau secukupnya ke dalam air. Kemudian bilas sayuran atau buah dengan air kunyit tersebut, lalu bilas kembali dengan air bersih yang mengalir.

  4. Garam
    Bumbu utama dapur ini juga bisa dimanfaatkan untuk membasmi kuman yang cukup ampuh. Caranya adalah siapkan air bersih dalam tempat untuk mencuci sayuran atau buah segar tadi, lalu tambahkan satu cangkir garam. Setelah itu, rendamlah sayuran dan buah pada larutan garam minimal 10 menit, kemudian bilas sampai bersih dengan air bersih yang mengalir. Pastikan rasa garamnya hilang sebelum mengkonsumsinya.

  5. Kupas kulit
    Metode ini adalah cara yang paling aman khususnya untuk jenis buah-buahan juga sayuran yang berjenis kulit tebal.

Baca Juga :  Mengenal Fakta Menarik Tentang Telur Ayam

Dengan mengkonsumsi sayuran maupun buah-buahan yang aman dari berbagai jenis kuman penyakit yang ditimbulkan dari sisa pestisida dalam makanan tentu tubuh kita akan senantiasa sehat walafiat kan ? Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *