Tips Sederhana Membuat Racikan Ramuan Pembersih Paru-paru

Kebiasaan merokok adalah kebiasaan buruk yang mengakibatkan berbagai sumber penyakit pada pecandunya, umumnya para pecandu rokok meyakini bahwa soda merupakan minuman pembersih paru-paru. Padahal itu hanyalah mitos belaka yang belum jelas hasil penelitiannya. Kita mungkin pernah merasakan minum es soda yang dicampur susu tanpa memiliki niat membersihkan paru-paru, karena kita hanya ingin menikmati minuman segar sebagai penghilang dahaga saja setelah lelah beraktivitas, es susu soda pastinya memberi kenikmatan yang luar biasa pada tenggorokan kita. Rasa manis susu berpadu dengan dinginnya es dan soda membuat bersemangat lagi bagi tubuh kita.

Racikan ramuan paru-paru
Paru-paru

Namun tenyata, campuran susu soda itu tidak baik untuk kesehatan tubuh kita. Hal ini disebabkan oleh kandungan kalsium pada susu dan zat karbonat soda, jika disatukan akan membentuk reaksi senyawa CaCO3 (Kalsium-Karbonat).

Keduanya tidak dapat diserap oleh tubuh dan sulit larut dengan air dalam tubuh kita. Jika terlalu sering mengkonsumsi ini, kita bisa terkena penyakit batu ginjal.

apalagi jika kita minum soda tanpa campuran apapun, efeknya adalah kalsium pada gigi dan tulang akan terkikis untuk menyeimbangkan asam fosfor dalam soda dan kemudian dikeluarkan dari dalam tubuh bersama kalsium yang telah terkikis tadi. Hal ini tentu akan meningkatkan resiko osteoporosis (pengeroposan tulang).

Jadi, sebaiknya kita tidak terlalu sering mengkonsumsi minuman yang bersoda karena alasan diatas. Merokok memang sangat berbahaya untuk paru-paru serta jadi satu diantara penyebab utama penyakit kanker, asma dan bronkhitis.

Untuk sedikit mengurangi Simak racikan minuman alami yang menyehatkan bagi perokok akut yang pastinya ini bukan mitos. Ramuan ini tidak ada kandungan kimia yang membahayakan kesehatan tubuh kita, sehingga ahli medis menyarankan untuk mengkonsumsinya.Dengan meminum racikan minuman alami ini bisa mengurangi efek negatif dari nikotin rokok.

Baca Juga :  Tips Sederhana Mengenal Manfaat Daun Salam

Tips membuat minuman alami untuk kesehatan paru-paru kita ;

Bahan:

1 Ruas jahe ukuran kecil
2 Sendok teh bubuk kunyit (2 Ruas kunyit ditumbuk/dihancurkan)
400 gr bawang putih, kupas serta cincang
1 liter air
400 gr gula merah

Cara Peracikan:

Tuangkan air ke dalam wajan ukuran sedang, panaskan diatas kompor. Setelah mendidih masukkan bahan-bahan di atas dimulai dari gula merah, jahe, bawang putih dan yang terakhir bubuk kunyit ke dalamnya.Aduk secara merata dan biarkan minimal 5 menit, kemudian angkat wajan atau panci dan diamkan hingga dingin. Kemudian siapkan botol atau toples yang berbahan kaca, masukkan racikan tadi dengan disaring terlebih dahulu, lalu tutup rapa-rapat botol atau toples kaca tadi.

Simpan ramuan tadi di dalam lemari es, jika kita belum memiliki refrigerator, tempatkan botol atau toples di ruang terbuka yang sirkulasi udaranya baik.

Aroma racikan minuman ini cukup menyengat, untuk mengurangi bau tak sedap (Istilah Jawa: wengur) kita bisa menambahkan perasan dari buah lemon lime.

Cara Penggunaan:

Minumlah secara rutin 2 sendok teh setiap pagi hari (bangun tidur) sewaktu perut masih dalam kondisi kosong dan 2 sendok makan di malam hari menjelang tidur.

Dengan mengkonsumsi secara rutin ramuan di atas mudah-mudahan kesehatan kita akan senantiasa terjaga dan tentunya paru-paru kita akan lebih baik khususnya bagi perokok berat. Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *