Tips Sederhana Mencegah Timbulnya Sakit Gigi

Bagi yang pernah mengalami sakit gigi, pasti tidak ingin penyakit itu menimpanya kembali karena sakit gigi sangat mengganggu hampir seluruh aktivitas sehari-hari dan bahkan seluruh organ tubuh serasa ikut-ikutan sakit juga. Penyesalan memang muncul dibelakang, andaikan waktu bisa diputar balik lagi pasti bagi yang pernah mengalami sakit gigi akan merawat giginya dengan sebaik mungkin agar tidak pernah menderita sakit gigi. Gigi yang sehat, bersih, dan kuat sudah pasti menjadi idaman banyak orang karena dengan gigi yang sehat tersebut membuat pemiliknya lebih percaya diri ketika tersenyum dan berbicara dengan orang lain. Gigi yang sakit selain rasa sakitnya yang sungguh luar biasa juga menimbulkan bau tidak sedap pada mulut, sehingga menjadikan kurang percaya diri atau bahkan dijauhi oleh teman ngobrol karena bau yang tak sedap dari mulutnya.

Untuk mendapatkan gigi yang “sempurna” sebenarnya tidak terlalu sulit asalkan sejak dini menyadari akan pentingnya arti kesehatan gigi. Bagi yang belum mengalami sakit gigi maka sebaiknya menjaga kesehatan gigi semaksimal mungkin agar tidak menyesal dikemudian hari.

Berikut ini tips sederhana bagi yang belum pernah sakit gigi atau bagi yang pernah sakit gigi agar tidak kambuh lagi, antara lain adalah ;

1. Rajin Menggosok Gigi
Menggosok gigi ini wajib dilakukan secara rutin agar kebersihan gigi tetap terjaga. Membersihkan gigi setiap hari selain berfungsi untuk menyegarkan nafas, juga dapat menjaga kesehatan gigi dari bakteri sisa makanan. Dengan menggosok gigi minimal antara 2-3 kali dalam sehari berarti menjaga kesehatan mahkota ini mulai dari terbentuknya karang gigi, gingivitis, plak atau bahkan koroposnya gigi.

2. Hindari M3rokok
Kebiasaan buruk yang merugikan kesehatan secara umum ini seperti pemicu penyakit jantung dan kanker paru-paru serta penyakit kronis lainnya, juga menimbulkan efek buruk terhadap kesehatan gigi karena kebiasaan m3rokok mengakibatkan gigi berwarna kuning yang akhirnya membuat gigi mudah berlubang. Kalau mulai sekarang mengerti bahwa salah satu penyebab sakit gigi itu m3rokok pasti akan berhenti m3rokok karena apabila suatu saat menderita sakit gigi baru akan menyadari bahwa rasa sakit gigi itu sakitnya sungguh luar biasa dan ga ada yang nengokin… tidak seperti sakit lain banyak yang nengokin kalau sakit.

Baca Juga :  Tips Sederhana Melepaskan Diri dari Stres

3. Hindari Makan dan Minum Panas
Salah satu faktor yang menyebabkan gigi sakit adalah terlalu sering makan atau minum yang dalam kondisi masih panas kemudian dikombinasi dengan es. Contoh makan bakso pasti akan nikmat jika dimakan dalam kondisi masih panas kemudian minum es teh manis akan terasa lebih segar. Nah…. kebiasaan ini ternyata juga menjadi salah satu pemicu terhadap rusaknya gigi dikemudian hari karena kondisi panas yang langsung disiram dengan es akan mengakibatkan rentannya gusi dalam mengusir bakteri sisa makanan. Menurut kakek nenek yang usianya sampai tua renta dan giginya masih utuh, salah satu rahasianya adalah dengan makan atau minum selalu menunggu kalau sudah dingin dan ternyata gigi mereka sehat saja sampai tua. Menurut berbagai sumber juga bahwa sakit gigi merupakan signal awal terhadap timbulnya berbagai penyakit lain yang cukup membahayakan kesehatan tubuh kita, untuk itu mulailah dari sekarang bagi yang belum pernah mengalami sakit gigi jangan pernah membiarkan mahkota ini sakit dikemudian hari dan bagi yang pernah mengalami sakit gigi agar tidak mengulangi kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan sehingga memicu kambuhnya sakit tersebut.

4. Kalsium
Selain menjaga kebiasaan buruk yang memicu timbulnya sakit gigi sebagaimana diatas, asupan makanan yang mengandung unsur tinggi kalsium juga harus diperhatikan, selain baik untuk tulang ternyata kalsium juga baik untuk menjadikan gigi lebih kuat. Gigi yang tertanam dalam tulang rahang, jika kepadatan tulang rapuh maka gigi tidak akan mempunyai pijakan yang kuat. Untuk itu asupan gizi makanan yang mengandung kalsium juga harus diperhatikan, makanan yang tinggi kalsium terdapat pada brokoli, sardin, salmon, yoghurt, susu, dan keju.

Baca Juga :  Tips Sederhana Mengenal Manfaat Belimbing Wuluh

5. Vitamin C
Vitamin C juga sangat penting untuk menjaga gusi agar tetap sehat dan terbebas dari bakteri penyakit sisa makanan. Vitamin C juga akan membantu menguatkan pembuluh darah pada rangkaian ikat yang menahan gigi di rahang sehingga mengurangi timbulnya radang gusi. Untuk itu asupan makanan yang mengandung vitamin C seperti pada buah-buahan, kacang-kacangan, dan sayur-sayuran perlu diperhatikan dalam menu makan harian.

6. Minum Air Putih
Minum air putih sebanyak mungkin juga bisa membantu membersihkan sisa makanan yang tertinggal di dalam sela-sela gigi dan apabila serasa masih ada sisa makanan yang nyangkut diantara gigi maka berkumur sebanyak-banyaknya dengan air putih sangat dianjurkan. Kesalahan yang biasa dilakukan oleh yang pernah mengalami sakit gigi pada umumnya adalah apabila ada sisa makanan yang nyangkut di antara gigi biasanya dicongkel dengan jari atau dengan pencongkel gigi yang belum tentu bersih dari kuman bakteri, kebiasaan buruk ini ternyata menjadikan bakteri yang ada dalam ujung kuku atau tusuk gigi justru bersemayam di gusi yang pada giliran waktunya akan menimbulkan penyakit gigi.

7. Hindari Makanan Perusak Gigi
Bagi anak-anak makan permen serta coklat seakan menjadi kebiasaan yang sulit untuk dihindarkan. Padahal makanan tersebut sangat merugikan kesehatan gigi bagi anak-anak dan juga orang dewasa. Coklat memang sangat baik untuk menambah energi tubuh namun apabila coklat tersebut nyangkut di sela-sela gigi maka akan menimbulkan masalah terhadap kesehatan gigi. Untuk itu sehabis makan permen atau coklat serta makanan lain yang merusak gigi maka segeralah untuk menggosok gigi sebersih mungkin agar sisa makanan tersebut tidak menjadi bakteri yang justru akan menimbulkan penyakit pada gigi, anak-anak harus dipaksa untuk membiasakan gosok gigi usai makan agar kesehatan gigi mereka tidak terganggu.

Baca Juga :  Yuk! Mengenal Berbagai Manfaat Sayuran Daun Pepaya Jepang Bagi Kesehatan

Untuk menambah referensi agar terhindar dari sakit gigi selama hidup maka tanyakan pada yang pernah mengalami atau yang sedang mengalami sakit gigi serta tanyakan kebiasaan pola makannya sehingga kita tahu kenapa mereka bisa sakit gigi. Hal ini dimaksudkan agar kita tidak mengikuti jejak buruk kebiasaan mereka dalam merawat mahkota giginya sehingga kita bisa mengetahui dan mengambil hikmah untuk lebih berhati-hati agar terhindar dari penyakit yang satu ini selama-lamanya.

Mudah-mudahan artikel ini menjadikan inspirasi pada kita atau keluarga kita untuk bergaya hidup sehat dan terhindar dari berbagai penyakit apapun termasuk sakit gigi. Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *