Tips Sederhana Mendapatkan Akun Google Adsense

Tips Sederhana Agar Bisa Segera diterima oleh Google Adsense

Setelah melalui perjuangan yang cukup berat agar blog saya ngiritdotnet  untuk bisa diterima sepenuhnya oleh google adsense selama sekitar 7 bulan sebagai publisher dan sekitar sebulan yang lalu (akhir maret 2018) syukur alhamdulillah kini akhirnya blog saya benar-benar diterima sepenuhnya juga sebagai publisher iklan adsense.

Setelah mendapatkan akun google adsense ternyata perjuangan sebenarnya baru dimulai, walaupun dalam mendapatkan akun ini juga cukup berat dan ternyata lebih berat lagi untuk berjuang yang sesungguhnya yaitu mengawal blog secara maksimal agar pengunjung atau trafik agar bertambah, bukan hal mudah memang untuk menaikkan trafik blog secara cepat namun dari pengalaman selama ini hingga mendapatkan akun google adsense,  saya hanya bisa memberikan saran kepada teman-teman blogger pemula seperti saya sebelum diterima secara full sebagai publisher iklan google adsense sebaiknya terlebih dahulu memperhatikan trafik organik. Trafik organik adalah trafik yang berasal dari pencarian di situs google, yahoo, bing maupun situs-situs lain yang menyediakan pencarian. Namun sebagai patokan untuk trafik organik yang perlu diutamakan adalah trafik dari google, hal ini tentu akan menjadi pertimbangan tersendiri oleh team google apakah blog kita layak sebagai mitra google atau belum. Dengan memiliki trafik organik yang banyak menjadi modal utama setelah blog kita diterima sepenuhnya oleh google adsense. Kenapa bisa begitu ???

Blogger pemula seperti blog saya ini yang baru saja diterima sepenuhnya oleh google adsense pertama-tama tentu akan merasa senang campur haru, karena hasil upaya menulis serta mengotak-atik blog selama ini ada hasilnya. Namun perasaan senang dan bangga tersebut akan segera sirna begitu melihat trafik pengunjung blog yang sepi, kondisi ini biasa dialami oleh blogger pemula seperti saya sehingga perlu bekerja keras untuk mencari tahu agar blog bisa  ramai dengan banyak pengunjung rutin setiap harinya, perjuangan untuk memperoleh akun adsense memang berat dan ternyata lebih berat lagi untuk mengawal blog menjadi lebih baik dengan banyaknya pengunjung organik, dengan penuh kesabaran kondisi ini menurut saya menjadi tantangan tersendiri dan kalau boleh saya bilang di saat seperti inilah seorang blogger pemula di uji ketahanannya untuk mengawal performa blog dan terus menulis dan menulis agar blog menjadi ramai pengunjung.

Pada saat blog saya diterima oleh google adsense jujur saja saya sangat senang karena blog saya menjadi lebih terlihat keren dan dinamis serta sedap dipandang (menurut saya) daripada sebelumnya yang sederhana karena tidak ada gambar yang saya tampilkan. Umur blog saya hampir mendekati 2 tahun dan selama ini hanya untuk belajar saja secara otodidak karena suka melihat tampilan blog temen-temen blogger yang indah, saya sangat ngiri pada blog-blog yang ada iklan google nya karena nampak keren dan lebih dipercaya oleh pengunjung. Selain itu dengan adanya iklan yang tampil di blog ternyata juga menjadi harapan untuk menerima imbalan dari google. Banyak blog besar yang selama ini telah memberikan inspirasi serta semangat saya untuk terus ngeblog, blog-blog tersebut ternyata mendapatkan imbalan yang cukup lumayan besar dari google dan diterima perbulan seperti blog juragancipir, sugengid, centerklik, hipwee, klikmania, jokosusilo, maxmanroe, simomot, panduanim, cermati, blogooblok, blogodolar, kompiajaib, bukarahasia, dan masih banyak blog lagi yang selama ini menjadi referensi saya dalam membangun blog sederhana ini, blog-blog tersebut terus terang memberikan inspirasi serta semangat saya untuk terus menulis serta mengotak-atik blog ini.

Dari pengalaman saya ngeblog hingga memperoleh akun google adsense sepenuhnya ini mungkin bisa dimanfaatkan oleh blogger pemula, agar blognya bisa segera diterima oleh google adsense dengan cepat sehingga bisa merasakan perjuangan yang sesungguhnya dalam dunia blog, jangan mudah percaya dengan informasi diluaran bahwa ngeblog bisa mendatangkan duit secepatnya yang besar perbulan, blogger senior saja yang mendapatkan imbalan tersebut butuh waktu yang cukup lama sehingga baru bisa memperoleh hasil yang cukup lumayan.

Berikut ini pengalaman saya dalam berjuang memperoleh akun google adsense selama sekitar 6 bulan yang ditolak beberapa kali, kalau tidak salah sekitar 6 kali ditolak dan yang ke 7 baru diterima sepenuhnya, adapun hal-hal yang saya lakukan pada saat masa peninjauan oleh team google adsense antara lain adalah ;

1. Mengganti template yang cepat
Jujur saja pada awal mendaftar sampai 3 kali ditolak oleh google adsense saya menggunakan template yang ramai tapi setelah saya lakukan pengecekan kecepatan blog, ternyata blog saya  tergolong lambat sehingga saya dengan terpaksa mengganti template yang lebih cepat dari sebelumnya. Banyak master blogger melarang penggantian template pada saat blog dalam masa peninjauan team google namun karena memang template yang saya gunakan terlalu lambat maka dengan terpaksa saya ganti tentu dengan resiko mendaftarkan lagi pasti ditolak dan benar setelah sekitar 2 minggu template saya ganti dan saya daftarkan kembali ke google adsense dalam hitungan menit langsung mendapat balasan bahwa status pendaftaran blog saya ditolak. Namun saya tetap semangat dan terus menulis saja untuk menambah jumlah artikel.

2. Mengedit Artikel
Menyimak dari pengalaman blogger senior dalam memperoleh akun google adsense tentang artikel maka saya segera mengecek beberapa artikel blog saya yang memang terlalu pendek dan tentu redaksi yang berantakan (maklum blogger pemula) saya benahi semaksimal mungkin (menurut kemampuan saya) sehingga menjadi sedikit lebih panjang.

3. Membuat Artikel original
Konten atau artikel merupakan raja dirajanya blog serta kualitas blog di SEO, dengan konten yang bagus dan bermanfaat bagi pengunjung tentu pengunjung akan senang berlama-lama di blog kita dan akan berkunjung kembali. Konten copas saya rasakan memang sulit untuk bertengger di halaman pertama google apalagi kita copas dari blog atau website yang sudah punya nama, selain itu foto atau gambar yang terpaksa harus di ambil dari google pun harus di edit atau minimal di crop agar konten gambar kita tidak dianggap duplikasi oleh google.

4. Fokus Pada Pembahasan Tertentu
Walaupun ini menurut saya masih kontroversi tapi sewaktu blog saya dalam masa peninjauan dengan sangat terpaksa saya memfokuskan pada niche tertentu sehingga ada salah satu artikel blog saya yang mulai nangkring di posisi halaman pertama walaupun tidak di posisi di atas, dengan modal ada salah satu artikel yang nangkring di halaman pertama tersebut maka saya mencoba memberanikan diri untuk mendaftarkan kembali ke google adsense dan lagi-lagi ditolak namun saya sudah kebal ditolak. Memang google adsense ini unik dan menggemaskan menurut pengalaman saya dan banyak blogger yang saya kunjungi ternyata juga memiliki pengalaman unik dalam memperoleh akun google adsense, akan tetapi fokus di satu pembahasan menurut saya juga mungkin menjadi pertimbangan team google adsense untuk dijadikan mitranya dengan tujuan iklan yang akan ditampilkan sesuai dengan fokus pembahsan atau konten blog.

5. Serius dan Sabar
Setelah berulang kali mendaftar dan lagi-lagi kembali ditolak, seingat saya yang ke 6 mendaftar kembali ke google adsense jawaban dari team google adsense hingga 2 hari, sungguh membuat jantung berdebar-debar serta berharap-harap cemas menunggu balasan tersebut mungkin pendaftaran kali ini diterima karena sudah 2 hari belum ada jawaban, namun harapan untuk memiliki akun google adsense kembali sirna karena balasan yang saya dapatkan di tolak lagi seperti sebelumnya. Setelah mendapat penolakan kembali rasanya hampir saja putus asa namun berkat mengikuti saran-saran dari para blogger senior sebagaimana di atas, membuat semangat saya kembali bangkit dan kembali serius menulis perhari minimal 1 artikel, anehnya sebulan kemudian iseng-iseng mendaftarkan kembali blog ke google adsense hanya selang waktu sekitar 2 jam saya mendapatkan balasan dari team google adsense dan karena sudah biasa ditolak maka saya biarkan email tersebut baru satu jam kemudian saya buka dan ternyata akun saya disetujui secara penuh. Ha ha ha ha ha ha ha ……… Senang dan bangga tentunya.

Pengalaman mendapatkan akun google adsense memang aneh dan unik pada saat ditolak dengan berbagai alasan, seperti alasan konten tidak memadai, melanggar kebijakan google terus navigasi tidak jelas dan lain sebagainya, hal ini menjadikan google adsense memang penuh dengan misteri, untuk itu bagi yang belum memiliki akun google adsense pengalaman dari yang sudah memiliki akun google adsense bisa dijadikan referensi agar yang belum memiliki akun tersebut bisa segera memilikinya. Selain yang sudah saya sampaikan sebagaimana diatas, jangan lupa juga berdoa kepada Tuhan agar akun yang kita daftarkan segera diterima secara full oleh team google adsense yang penuh misterius tersebut.

Tips sederhana mendapatkan akun google adsense dari pengalaman saya ini mudah-mudahan menambah inspirasi serta semangat para blogger pemula, untuk terus menulis sebaik mungkin agar tulisan dalam blognya bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *