Tips Sederhana Mengamankan Data Sebelum Menjual Smartphone Android

Seiring dengan pesatnya perkembangan tehnologi smartphone android yang semakin maju, mungkin smartphone android  yang ada di genggaman anda sudah merasa tertinggal tehnologinya atau mungkin sudah bosan ?

Nah…! Kalau anda ingin mengganti smartphone yang ada di genggaman dengan yang baru, perlu dipertimbangkan alangkah sayangnya apabila smartphone anda yang masih layak pakai dibiarkan begitu saja, lebih baik dijual dan di tukar dengan yang lebih baru. Sebelum anda menjual smartphone anda, ada beberapa tips dari kami agar smartphone lama anda yang tentunya menyimpan banyak data pribadi, untuk tidak ikut terjual maka sebaiknya anda perlu melakukan beberapa hal agar data yang pernah tersimpan di smartphone anda tidak bocor ke mana-mana. Kalau hal sepele seperti ini tidak diperhatikan bisa mengakibatkan suatu persoalan dikemudian hari.

Tips mengamankan data sebelum menjual smartphone sebagai berikut ;

  1. Backup Semua Data
    Hal yang perlu anda lakukan adalah membuat backup semua data yang ada di smartphone androidmu. Baik itu berupa foto, video, notes dan kontak serta apapun yang menurut anda itu penting dan tidak merugikan dikemudian hari setelah smartphone lepas dari genggaman.

  2. Lepaskan Memori Card dan SIM Card
    Sebaiknya anda tidak menyertakan memori card saat melakukan penjualan, dikhawatirkan ketika terjadi sesuatu pada memori dan pemilik baru melakukan recovery, data-data yang pernah anda simpan akan ikut ter-recovery juga.

  3. Log Out dari Semua Service
    Log out dari semua service yang ada, termasuk e-mail, sosmed dan aplikasi apapun yang menggunakan akun anda. Sehingga pemilik ponsel setelah anda tidak bisa masuk ke dalam akun yang anda pernah miliki di smartphone.

  4. Reset Phone
    Reset Phone ini berfungsi untuk menghapus semua data yang ada di smartphone. Jadi pastikan anda sudah melakukan backup sebelum melakukan reset phone. Sehingga semua data yang anda miliki tidak hilang begitu saja, terutama data-data yang penting.

Baca Juga :  Tips Sederhana Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan Secara Aman

Untuk dapat mengakses menu reset smartphone, anda bisa buka di halaman Setting > Backup and Reset > Reset Phone.
Kalau semua langkah diatas sudah anda lakukan, anda tidak perlu khawatir lagi data dan akun dimiliki orang lain yang membeli ponselmu.

Demikian tips dari kami, semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *