Tips Sederhana Mengatasi Sulit Tidur Secara Alami

Istirahat yang cukup baik adalah dengan tidur karena dengan tidur yang pulas akan mengembalikan sistem tubuh yang terkuras menjadi full kembali. Sebagian orang cukup mudah tidur bahkan sambil duduk ngobrol saja bisa dengan mudah tertidur, namun tidak semua orang bisa tidur dengan mudah walaupun kondisi tubuh sudah terlihat lelah. Sulit tidur atau yang lebih dikenal dengan insomnia memang sangat mengganggu pada kesehatan tubuh. Selain berpengaruh pada produktivitas pada hari berikutnya, kurangnya waktu tidur pada malam hari juga akan menurunkan kualitas kesehatan.  Nah …! apa tips untuk mengatasi hal tersebut ?

Untuk mengatasi hal tersebut sebenarnya cukup mudah yaitu dengan membeli obat tidur di apotik, setelah menelan obat tidur dijamin tubuh akan segera lemas dan tertidur pulas. Namun bagi yang kurang menyukai obat-obatan kimia tidak perlu khawatir karena kita bisa mengatasi masalah ini hanya dengan mengkonsumsi makanan yang tepat, sehingga menjadikan mata merasa ngantuk dan tubuh bisa segera tidur dengan pulas.

Setelah beraktivitas seharian tubuh tentu membutuhkan istirahat/tidur untuk mengembalikan tenaga yang telah terkuras pada siang hari saat beraktivitas. Namun ternyata tidak semua orang semudah itu untuk memejamkan mata lalu tidur pulas. Bahkan ada yang lewat tengah malam namun mata tetap susah dipejamkan, berbagai usaha dilakukan namun mencoba tidur tetap saja mata tidak bisa terpejam.

Sulit tidur merupakan gangguan yang biasa terjadi dan pernah dialami oleh hampir semua orang. Banyak faktor yang menyebabkan mata sulit dipejamkan mulai dari pikiran yang lagi galau atau stres dan kondisi tubuh yang justru terlalu kelelahan. Sulit tidur kalau sering terjadi dan dibiarkan bisa berbahaya karena akan menggerogoti stamina dan kesehatan. Belum lagi esok harinya tubuh akan terasa lelah yang luar biasa karena baru bisa memejamkan mata menjelang subuh. Hal ini tentu akan memengaruhi pekerjaan atau aktivitas pada hari tersebut.

Baca Juga :  Tips Sederhana Membersihkan Komedo Dan Jerawat Secara Alami

Untuk mengatasi sulit tidur secara alami aman dan tidak memiliki efek samping adalah dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan alami. Berikut berbagai makanan yang dapat membantu mengatasi sulit tidur, antara lain ;

1. Ikan
Kandungan ikan laut seperti salmon, halibut dan tuna diketahui mengandung banyak vitamin B6. Vitamin ini diperlukan tubuh untuk membuat melatonin atau hormon pengantar tidur yang diproduksi oleh tubuh saat gelap atau malam hari. Dengan mengkonsumsi secara rutin ikan laut tersebut tentu menjadikan tidur akan lebih pulas dan tepat waktu.

2. Nasi putih
Banyak penelitian yang mempublikasikan bahwa orang yang mengkonsumsi nasi putih yang kaya karbohidrat bersamaan dengan sayuran, mereka akan mengantuk lebih cepat. Nasi putih terkenal memiliki indeks glikemik yang tinggi yaitu sekitar 89 dalam 150 gramnya. Sehingga makanan dengan yang tinggi index glikemiknya memang lebih cepat membuat mengantuk dibanding makanan yang mengandung glikemik rendah.

3. Yogurt
Makanan ini tergolong produk susu yang kaya kalsium. Mengkonsumsi produk susu secara rutin juga akan membuat tidur bisa teratur karena yogurt mengandung kalsium yang cukup tinggi dan apabila seseorang yang kekurangan kalsium ternyata menjadi salah satu penyebab orang menjadi susah tidur.

4. Pisang
Pisang adalah salah satu jenis buah yang kaya potasium dan juga merupakan sumber vitamin B6. Kandungan potasium dan vitamin B6 diperlukan tubuh untuk membuat melatonin yaitu hormon pengantar tidur yang diproduksi saat gelap atau malam hari. Oleh karena itu sangat dianjurkan mengkonsumsi pisang minimal 1 buah perhari agar kualitas tidur tidak terganggu.

5. Kacang almond
Makanan ini juga dikenal kaya magnesium, yaitu mineral yang diperlukan untuk membuat kualitas tidur agar lebih baik. Kekurangan magnesium akan mengakibatkan sulit tidur, andaikan bisa tidur pun, kualitas tidur menjadi kurang baik. Oleh karena itu dengan mengkonsumsi kacang almond sewajarnya secara rutin merupakan salah satu upaya agar tidur tepat waktu dan pulas secara alami.

Baca Juga :  Mengenal Manfaat Beras Selain Menjadi Bahan Makanan Pokok

6. Selada air
Mengkonsumsi salad yang mengandung selada air dipercaya dapat membuat mata lekas mengantuk. Hal ini terjadi karena selada air mengandung lacatucarium yang merupakan zat obat penenang dan memberikan efek pada otak yang hampir mirip dengan opium. Apabila ingin mencoba tips ini, caranya adalah rebus empat lembar daun selada besar dalam satu gelas air selama 15 menit, kemudian tuangkan ke dalam gelas dan tambahkan dua lembar daun mint, lalu minum airnya kalau mata susah dipejamkan.

7. Teh chamomile
Minum teh chamomile akan meningkatan glycine yaitu senyawa kimia yang merelakskan saraf dan otot. Teh chamomile bertindak sebagai obat penenang yang ringan sehingga memiliki efek rasa ngantuk yang luar biasa. Silahkan mengkonsumsi teh ini jika mata susah dipejamkan.

8. Madu
Rasa manis alami yang terdapat dalam madu sedikit meningkatkan insulin dan mengantarkan tryptophan masuk ke otak dengan lebih mudah. Tryptophan adalah asam amino yang membantu membuat serotonin dan melatonin, yaitu hormon jam tubuh yang mengatur siklus tidur dan bangun tidur. Untuk menciptakan rasa ngantuk, kita cukup mengkonsumsi madu sesendok makan dicampur ke dalam teh chamomile agar bisa segera tidur nyenyak dan nyaman.

Demikian tips sederhana mengatasi sulit tidur dengan cara alami, aman dan murah. Mudah-mudahan tips ini bermanfaat bagi yang membutuhkan !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *