Tips Sederhana Mengembalikan Nomor Kontak Ponsel Yang Hilang

Nomor kontak dalam ponsel hilang ya ???

Nomor kontak dalam ponsel merupakan sesuatu yang sangat penting untuk disimpan karena dengan nomor kontak dalam ponsel inilah kita akan menggunakan untuk menghubungi teman, keluarga, kolega dan rekan kerja.

Namun jika nomer kontak dalam ponsel lenyap begitu saja bak ditelan bumi tentu bikin pusing kepala. Karena dengan nomor kontak yang hilang, maka kita akan kesulitan untuk menghubungi kolega maupun saudara apalagi tidak hafal nomer ponsel yang akan dihubungi,  apalagi dalam kondisi darurat, tentu menjadikan kondisi seperti ini sangat tidak menyenangkan. Lantas apa yang harus dilakukan saat nomor kontak di ponsel hilang ? Tidak usah panik serta bingung !

Kejadian hilangnya kontak ponsel biasa terjadi pada ponsel pintar android dan jarang terjadi pada ponsel jadul atau ponsel yang belum ada fasilitas internetnya. Kalau hal tersebut terjadi pada ponsel android kesayangan kita, jangan gusar bin panik alias bingung karena ada berbagai cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengembalikan nomor kontak yang hilang di ponsel android tersebut.

Berikut ini cara dan langkah mudah yang bisa kita lakukan saat nomor kontak hilang di ponsel android, yakni ;

1. Pastikan tidak ada kontak yang tersembunyi
Langkah yang pertama adalah memulai membuka daftar kontak yang ada di ponsel android. Kemudian pilih menu yang biasanya disimbolkan dengan 3 titik yang berada di layar sebelah kanan atas, beberapa jenis smartphone android ada yang bertuliskan “More” untuk membuka menu yang ada dan letaknya juga di sebelah kanan atas layar.

Kalau sudah ketemu pilihlah Setting dan pilih Contact.  Selanjutnya pilihlah Contact to Display. Biasanya pada pilihan Contact to Display, di situ kita akan diberikan pilihan untuk bisa memilih kontak mana yang akan ditampilkan. Kita bisa memilih kontak yang tersimpan di ponsel, kartu SIM, aplikasi, dan e-mail. Dari beberapa pilihan tersebut kita bisa menampilkan seluruh kontak yang tersembunyi dengan memilih All Contact. Dengan memilih All Contact maka semua kontak yang dipilih akan muncul kembali pada daftar kontak yang ada sebagaimana sebelumnya. Mudah kan ?

Baca Juga :  Tips Ngirit Tapi Tidak di Cap Pelit

2. Menggunakan akun Gmail
Namun jika sudah menggunakan cara di atas dan ternyata nomor kontak yang hilang dalam ponsel belum berhasil atau tidak juga ditemukan sebagaimana sebelum hilang, maka kita bisa menggunakan cara yang kedua. Yaitu dengan mengambil kontak yang pernah disimpan di akun Google Mail atau di Gmail. Akun Gmail memiliki fitur yang cukup canggih selain bisa menerima email dan menyimpan berbagai file baik video maupun audio, fitur di Gmail juga bisa kita manfaatkan untuk menyimpan berbagai nomor kontak yang pernah disimpan di ponsel android dengan cukup mudah yakni memanfaatkan fitur sinkronisasi saja.

Dengan memanfaatkan fitur sinkronisasi perangkat ponsel android dengan akun Gmail yang telah kita benamkan pada ponsel android pada saat pertama kita menggunakan ponsel android, maka besar kemungkinan kita bisa mendapatkan kembali seluruh kontak yang pernah tersimpan di ponsel pintar kita.

Cara untuk mengembalikan kontak yang hilang menggunakan akun gmail adalah, pertama yang perlu dilakukan yaitu dengan masuk ke akun Gmail melalui perangkat komputer, setelah berhasil masuk ke akun gmail kemudian lihat pada sisi atas sebelah kiri layar, pilihlah Gmail dan pilih menu Contact. Setelah itu, kita bisa melihat menu di bawah bar menu pencarian dengan tulisan “More”. Pilihlah menu ini dan kemudian pilih Restore Contacts. Kalau akun Gmail sudah sinkron dengan ponsel android maka akan menemukan pilihan untuk menyimpan kontak yang pernah disimpan pada berbagai periode waktu mulai dari 10 menit sampai 30 hari yang lalu dan seterusnya. Nah… kita tinggal menentukan pilihan saja, apabila sudah ditemukan kemudian tinggal memilih Resync untuk melakukan sinkronisasi ulang perangkat ponsel android yang kontaknya hilang tadi. Tunggu beberapa saat dan kalau berhasil maka seluruh kontak yang hilang akan kembali terbenam pada ponsel android kesayangan kita.

Baca Juga :  Penyebab Ponsel Bisa Meledak Yang Perlu Kita Ketahui

Untuk menghindari hilangnya file data juga nomer kontak dalam ponsel android kesayangan kita, ada baiknya kita memanfaatkan fitur back up data yang ada di perangkat ponsel android, sehingga jika kita mengalami kehilangan data yang diakibatkan karena virus atau faktor kesalahan pengguna maka kita bisa dengan mudah dan cepat mengembalikan data yang hilang tersebut. Cara ini bisa dilakukan dengan adanya bantuan dari google yang sudah terbenam dalam ponsel andoid.

Adapun cara untuk beck up data adalah masuk ke menu Setting, kemudian pilih Backup and Reset. Dengan cara seperti ini, maka seluruh file data termasuk kontak yang ada di perangkat ponsel android kita akan tersimpan pada akun google yang kita miliki. Mudah-mudahan tips sederhana ini bisa membantu bagi yang membutuhkan. Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *