Tips Sederhana Mengenal Manfaat Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh ternyata banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan kecuali yang memiliki riwayat penyakit maag, untuk itu artikel berikut ini mudah-mudahan sebagai tambahan pengetahuan kita mengenai tips sederhana dalam memanfaatkan pohon belimbing wuluh untuk kesehatan, belimbing wuluh adalah pohon yang memiliki buah rasa khas yaitu asam, buah ini konon asli warisan nusantara yaitu dari kepulauan maluku, namun seiring dengan perkembangan zaman pohon ini juga banyak tumbuh di beberapa negara di asia tenggara. Pohon ini biasanya tumbuh di pekarangan rumah untuk di ambil buah, bunga dan daunnya yang masih muda untuk keperluan bumbu masak serta ramuan alami untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Buah yang memiliki nama ilmiah Averrhoa bilimbi  ini, bisa dijadikan bahan rujak, botok, sayur asam dan lain sebagainya. Dengan rasa khasnya yang asam, membuat masakan semakin sedap dan segar alami. Bahkan bunga belimbing wuluh masih banyak kita jumpai dipedesaan sebagai botok untuk lauk, biasanya bunga belimbing wuluh dicampur dengan tempe yang telah membusuk juga parutan kelapa. Botok tersebut diyakini secara tradisi mampu menyembuhkan penyakit batuk. Banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari belimbing wuluh untuk kesehatan, selain sebagai pengobatan batuk ada beberapa penyakit lagi yang bisa disembuhkannya, antara lain adalah ;

1. Sakit gondongan
Caranya ; Siapkan setengah genggam daun belimbing wuluh dan tumbuk bersama dengan 3 bawang putih, kemudian kompreskan pada bagian yang terkena gondongan. Bisa juga dengan buahnya, caranya adalah ambil buah belimbing wuluh secukupnya kemudian potong menjadi dua dan di ikat pakai benang untuk dibuat kalung, pakailah kalung dari buah ini sampai gondongen sembuh total.

2. Obat batuk
Caranya ; Ada dua cara memanfaatkan buah ini sebagai obat batuk, cara yang pertama, siapkan daun, bunga dan buah belimbing wuluh secukupnya, kemudian rebus sampai mendidih, dan minumlah air rebusan tadi secara rutin sampai batuk mereda, adapun cara yang kedua adalah ambil segenggam daun belimbing wuluh yang masih muda, bunga secukupnya, serta minimal dua buah belimbing wuluh, kemudian rebus dengan 2 gelas air bersama gula batu hingga air nya tersisa setengahnya, dan minumlah 2 kali sehari agar batuk segera sembuh.

Baca Juga :  Manfaat dan Efek Negatif Biji Lamtoro Bagi Kesehatan

3. Diabetes
Caranya ; Siapkan setidaknya 6 buah belimbing wuluh kemudian dilumatkan, lalu direbus dan minum dua kali sehari.

4. Rematik
Caranya ; Siapkan segenggam daun belimbing wuluh muda kemudian tumbuk sampai halus dan tambahkan kapur sirih, lulurkan atau gosokkan ramuan tadi ke bagian yang sakit.

5. Sariawan
Caranya ; Rebuslah 10 kuntum bunga belimbing wuluh, dicampur dengan asam jawa dan gula aren dengan 3 gelas air hingga air nya tersisa 3/4 bagian, minumlah ramuan tadi secara teratur dua kali sehari.

6. Sakit gigi
Caranya ; Siapkan setidaknya 5 buah belimbing wuluh, lalu kunyah dengan garam, dan ulangi beberapa kali sampai hilang rasa sakit giginya. Silahkan baca juga tentang cara meredakan sakit gigi menggunakan rempah.

7. Menurunkan tensi darah
Caranya ; Siapkan 3 buah belimbing wuluh, kemudian dipotong-potong menjadi beberapa bagian. Lalu rebus dengan tiga gelas air, biarkan mendidih hingga hanya tersisa satu gelas. Minumlah rebusan tadi saat masih hangat dan lakukan secara rutin, minimal satu kali sehari.

8. Mengatasi pegal linu
Caranya ; Siapkan segenggam daun belimbing wuluh yang masih muda, siapkan juga 15 biji lada, 10 biji cengkeh dan cuka secukupnya. Kemudian, semua bahan tersebut dijadikan satu dan dilumatkan bersama cuka. Setelah itu, balurkan pada bagian tubuh yang terasa sakit pegal linu ya.

Naah…! Ternyata belimbing wuluh memiliki manfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kan ? Oleh karena itu manfaatkan informasi ini sebagai salah satu alternatif untuk menjaga kesehatan kita agar terhindar dari berbagai macam penyakit. INGAT..! BAGI YANG MEMILIKI RIWAYAT PENYAKIT MAAG ATAU HAL-HAL YANG BERKAITAN DENGAN PENYAKIT LAMBUNG SEBAIKNYA TIDAK MENGKONSUMSI BELIMBING WULUH TERLEBIH DAHULU YA… ! Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *