Tips Sederhana Mengenal Manfaat Jambu Air Bagi Kesehatan

Apa saja manfaat buah jambu air ? Buah yang satu ini selain memiliki rasa manis yang alami dan segar sekali jika dikonsumsi terutama saat siang hari, dengan memakan buah ini rasa haus yang sebelumnya mendera tenggorokan kita juga akan terpenuhi, hal ini dikarenakan kandungan air yang terdapat dalam jambu air cukup banyak sehingga mampu menjadi pengganti air ketika kita haus. Jambu air selain memiliki rasa manis dan segar ternyata juga memiliki manfaat yang baik utnuk kesehatan tubuh kita, berikut ini beberapa manfaat jambu air yang sudah terkenal sejak nenek moyang kita, diantaranya adalah ;

A. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jambu air, buah yang segar rasanya ini memiliki kumpulan senyawa yang membantu tubuh meningkatkan sistem kekebalan atau imun. Manfaat jambu air ini akan memberikan pada tubuh kita kemampuan untuk menangkal berbagai macam penyakit, terutama yang menular seperti flu dan batuk.

B. Detoksifikasi

Selama ratusan tahun, rebusan jambu air telah digunakan sebagai zat diuretik, yang membantu untuk membersihkan hati dan toksisitas ginjal. Selain itu, untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan efisiensi metabolisme tubuh.

C. Menyehatkan jantung

Kombinasi serat dan nutrisi yang ada dalam jambu air telah menunjukkan efek yang signifikan terhadap kadar kolesterol, sehingga bisa membuat jantung kita menjadi lebih sehat. Jantung yang sehat akan bekerja memompa darah lebih optimal, sehingga peredaran darah kita juga lancar.

D. Pencegahan kanker

Senyawa organik yang aktif di dalam jambu air juga mengandung manfaat vitamin C dan vitamin A, telah dikenal sebagai pengobatan kanker serta pencegah yang efektif. Kandungan nutrisi yang lengkap dalam buah ini bisa membantu sel dalam tumbuh berkembang dengan baik, sehingga terhindar dari kerusakan sel yang menjadi penyebab timbulnya kanker.

Baca Juga :  Manfaat Biji Buah Mangga Sebagai Obat Alami Penyakit Diare Dan Listeriosis

E. Pengontrol diabetes

Buah ini mempunyai kandungan manis gula yang alami sehingga tidak akan merusak kadar gula dalam darah. Hal ini merupakan perkembangan yang sangat penting bagi penderita diabetes dan orang-orang yang berisiko menderita diabetes.

F. Menyehatkan pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dari jambu air bisa membuat tubuh lebih mudah mengatur perjalanan makanan melalui saluran pencernaan, buah ini juga mampu menghilangkan sembelit seperti yang juga ditemukan dalam manfaat jambu biji.

G. Menyehatkan tulang

Kandungan kalsium yang terdapat dalam buah jambu air adalah senyawa yang dibutuhkan tulang agar tetap kuat dan juga sehat. Dengan mengonsumsi buah ini setiap hari, tentunya tulang kita akan lebih kuat dan juga sehat dibandingkan dengan sebelumnya.

H. Menjaga kesehatan mata

Buah jambu air memiliki kandungan vitamin A yang cukup untuk menjaga kesehatan mata kita setiap hari. Buah ini akan memberikan manfaat yang baik untuk mempertajam penglihatan mata kita dengan lebih jelas.

I. Anti oksidan

Vitamin C dan kandungan vitamin lainnya yang ada pada buah jambu air mampu juga menjadi anti oksidan yang alami. Dengan seringnya mengkonsumsi buah ini, kita tidak perlu khawatir akan penuaan dini ataupun kulit kering, karena khasiat jambu air untuk menangkal radikal bebas sudah terbukti.

J. Mengatasi dehidrasi

Jumlah kandungan air yang banyak pada jambu air mampu memenuhi kebutuhan air dalam tubuh kita setiap hari. Kita bisa mengonsumsi air biasa dengan jus buah ini secara bersamaan agar bisa memberikan variasi konsumsi minuman yang segar.

Demikian tips sederhana tentang manfaat jambu air untuk kesehatan kita, mudah-mudahan bisa menambah pengetahuan dan mengambil manfaat untuk kesehatan kita. Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *