Tips Sederhana Mengenal Manfaat Lain dari Odol

Tips sederhana mengenal manfaat lain pasta gigi
Penemu Pasta Gigi

Pasta gigi adalah sejenis pasta yang digunakan untuk membersihkan gigi, biasanya digunakan dengan sikat gigi. Di Indonesia, pasta gigi sering juga disebut Odol. Sebenarnya Odol adalah salah satu merek pasta gigi asal Jerman yang dibawa oleh para tentara Hindia Belanda. Walaupun merek ini sudah berpuluh-puluh tahun tidak beredar lagi di Indonesia, akhirnya nama Odol telah menjadi nama generik untuk pasta gigi.
Pasta gigi merek Odol pertama kali diproduksi di Jerman oleh Dresden chemical laboratory Lingner, yang sekarang dikenal sebagai Lingner Werke AG pada tahun 1892 sebagai cairan pencuci mulut (mouthwash). Odol moutwash pada tahun 1900 an adalah merk ternama dan yang paling luas penggunaannya di hampir seluruh daratan Eropa.
Sebelum raksasa kosmetik Johnson & Johnson memasukkan pasta gigi ke dalam kemasan tube di tahun 1873, pasta gigi umumnya dijual dalam stoples kaca. Akhirnya pasta gigi dikemas dalam tube agar lebih mudah digunakan saat bepergian.
Pasta gigi umumnya digunakan untuk menyegarkan nafas. Selain itu, inovasi dalam bidang klinis juga menambahkan bahan tertentu agar pasta gigi dapat digunakan untuk mencegah radang gusi. selain manfaat standar tersebut, ternyata pasta gigi juga memiliki manfaat lain yang jarang diketahui.

Berikut ini beberapa manfaat lain dari pasta gigi dalam kehidupan sehari-hari :
1. Secara mengejutkan, pasta gigi juga berguna untuk membersihkan dinding rumah. Ketika anak-anak menorehkan crayon di dinding, biasanya sulit untuk bisa menghapus dari dinding hanya dengan spons atau air. Oleskan pasta gigi di atas noda crayon untuk membersihkan coretan yang menodai dinding. Tekstur pasir yang dimiliki pasta gigi dapat mengatasi residu lilin yang tertinggal dari crayon.
2. Ketika digigit serangga, rasa gatal atau benjolah umumnya kerap mengikutinya. Pasta gigi dapat mengurangi dampak setelah digigit serangga. Oleskan sesendok kecil pasta gigi dengan mint pada area yang digigit serangga. Pasta gigi memiliki efek mendinginkan dan memberi rasa baal di kulit.
3. Menyingkirkan bau bawang putin dari tangan. Bagi ibu-ibu yang selesai masak dan telapak tangan bau bawang putih, untuk menghilangkan bau tersebut, balurkan pasta gigi ke kain basah dan gosok hingga berbusa lalu oleskan ke tangan seperti halnya di mulut ente gan. Pasta gigi akan menghilangkan bau tak sedap dari tangan layaknya bau di mulut.
4. Pasta gigi juga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan kalung, anting-anting dan aksesori lainnya. Caranya, gosokkan pasta gigi ke cincin, kalung atau anting dengan sikat lembut. Lalu bilas dengan air hangat. Cara ini dapat digunakan pada beberapa aksesori berbahan metal namun jangan gunakan pada bahan yang halus maupun mutiara.
5. Pasta gigi dapat menghilangkan noda membandel pada baju atau karpet. Penggunaan pasta gigi dengan pemutih pada pakaian berwarna dapat membuat bahan menjadi putih, jadi gunakan pasta gigi untuk pakaian polos saja. Untuk noda karpet, oleskan pasta gigi pada bagian yang terkena noda dan gosok dengan sikat, lalu bersihkan secepatnya.
Selain untuk pakaian, pasta gigi juga bisa membersihkan sepatu yang kotor atau lecet akibat gesekan. Caranya sama seperti membersihkan karpet.
6. Pasta gigi juga mampu membuat perabot perak kembali berkilau. Gosokkan pasta gigi pada perabot perak dan diamkan semalaman. Seka bersih perabot perak tersebut dengan kain lembut di pagi hari. Untuk membuatnya menjadi lebih bersinar, gosok lembut perabot dengan sikat gigi yang diolesi pasta gigi dan sedikit air.
7. Tak jarang tuts piano berubah warna menjadi kuning karena minyak dari kulit yang tertinggal sehingga membuat debu dan kotoran menempel. Bersihkan tuts dengan kain tipis yang sudah diolesi pasta gigi, setelah menggosoknya, seka tuts piano dengan kain tipis yang bersih.
8. Menghilangkan bau susu yang menempel pada botol susu si kecil. Hilangkan bau tersebut dengan menggunakan pasta gigi dan pembersih botol.
9. Menghilangkan kerak pada bagian dasar setrika, sering kali muncul seiring pemakaian setrika tersebut. Silica pada pasta gigi dapat menghilangkan membersihkan kerak tersebut.
10. Kacamata untuk renang sering kali berjamur dan mengkerak. Untuk menghilangkan kerak tersebut, gunakanlah pasta gigi dan gosoklah dengan ujung jari. Setelah membilasnya, maka dapatkan kacamata renang bebas dari jamur dan kerak. Hati-hati dalam menggosoknya, jari yang menyentuh kaca bisa membuat goresan.
11. Menyembuhkan kulit yang melepuh, jika tangan anda melepuh karena api atau minyak sayur saat memasak, beri air dan kasih saja pasta gigi di tempat yang melepuh tersebut. dijamin langsung seger dan tidak lama pasti sembuh. Meski manfaatnya masih kalah dengan salep burnazin yang memang khusus untuk korban luka bakar.
12. Pasta gigi juga dapat digunakan sebagai pengganti obat anti nyamuk oles, caranya oleskan ditangan terus gosok-gosok pakai air hingga berbuih, lalu di oleskan dibadan.
13. Jika anda sering ngoprek komputer dan persediaan pasta anda habis, bisa juga menggunakan pasta gigi, meski hanya bersifat sementara saja. Karena pasta gigi lebih cepat kering dan kurang bagus dalam menghilangkan panas. Kalau hanya untuk sehari dua hari sih masih oke lah….

Baca Juga :  Tips Memutihkan Gigi Secara Alami, Mudah Dan Murah

Demikian sedikit informasi manfaat lain dari pasta gigi, semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *