Tips Sederhana Mengenal Manfaat Pohon dan Bunga Turi untuk Kesehatan

Pohon Turi adalah tanaman yang memiliki banyak cabang, tanaman ini bisa tumbuh dimana saja di indonesia, baik di hutan, sawah, kebun, serta disekitar pekarangan rumah. Ciri lain pohon turi adalah mempunyai struktur kayu yang berkatagori lunak dan umumnya mempunyai usia yang pendek. Pohon ini tergolong spesies yang masih termasuk dalam keluarga fabaceae, adapun penyebarannya selain di Indonesia juga banyak menyebar di India Timur sampai ke benua Australia. Pohonnya bisa dimanfaatkan untuk industri bahan baku pembuat kertas dan lain-lain. Artikel ini memfokuskan pada bunga turi atau (Jawa) Kembang Turi. Bunga turi rasanya segar dan sedikit ada pahitnya dan lebih terasa pahitnya lagi apabila ujung bunga turi yang berwarna kuning tidak dibuang ketika dibuat sayuran.

Kandungan gizi dalam bunga Turi

Bunga turi boleh dikatakan sebagai bahan makanan katagori sayuran dengan kandungan gizi yang cukup tinggi, terutama pada bagian bunga dan daunnya yang masih muda. Selain kandungan gizi yang tinggi, turi juga mengandung senyawa kimia yang membuatnya cukup populer dalam dunia pengobatan tradisional. Kandungan kimia dimaksud terdapat pada kulit batang turi antara lain tanin, egatin, zantoagetin, basorin, resin, calsium oksalat, sulfur, peroksidase, zat warna. Pada daunnya terkandung saponin, tanin, glikoside, peroksidase, vitamin A dan dan vitamin B. Pada bagian bunganya juga terdapat zat gizi dan mineral seperti kalsium, zat besi, zat gula, vitamin A dan vitamin B.  Selengkapnya, silahkan lihat tabel berikut ini tentang kandungan nutrisi bunga turi per 100 gramnya ;

Kandungan Gizi Jumlah 100/gram
Air 91.58 gram
Protein 1.28 gr
Lemak 0.04 gr
Karbohidrat 6.73 gr
Kalsium 18 mg
Zat Besi 0.84 gr
Magnesium 12 mg
Fosfor 30 mg
Potassium 184 mg
Sodium 15 mg
Selenium 0.8 µg
Vitamin C 73 mg
Vitamin B1 (Thiamin) 0.083 mg
Vitamin B2 (Riboflavin) 0.081 mg
Vitamin B3 (Niacin) 0.430 mg
Vitamin B9 (Asam Folat) 102 µg

 

Manfaat bunga turi yang memiliki rasa khas sedikit pahit ketika dijadikan sayur ini ternyata banyak sekali untuk kesehatan kita, pohon turi mempunyai nama ilmiah sesbania grandiflora ini bunganya unik. Di mana pada bunga itu mempunyai kandungan nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak, beragam type mineral (seperti kalium, fosfor, zat besi, dan kalsium), serta beragam type vitamin (seperti vitamin B1, B2, B6, C, dan Beta karoten) sebagaimana tabel diatas.
Bunga yang lezat dijadikan sayur ini banyak dijumpai dalam beragam kuliner masakan nusantara yang biasanya dibuat sayur atau kuluban, oseng-oseng, urap dan lainnya, seperti pada pecel Ponorogo. Kandungan zat yang luar biasa pada bunga turi tersebut, tentu sangat bermanfaat untuk kesehatan kita, diantaranya adalah ;

Baca Juga :  Tips Sederhana Mengenal Manfaat Belimbing Wuluh

1. Mengandung Magnesium yang bisa menyembuhkan sakit jantung
Manfaat Magnesium untuk tubuh manusia ada banyak sekali. Antara lain untuk mencegah penyakit Kardiovaskular, seperti Jantung Koroner. Dengan mengonsumsi bunga turi ini kita juga akan terbebas dari resiko terkena stroke dan penyakit degeneratif lainnya. Berbagai makanan yang baik untuk penderita sakit janting silahkan simak di sini ya !

2. Mengeluarkan racun dari tubuh
Makanan yang kita makan tiap hari dengan tanpa sengaja tentu banyak mengandung zat kimia dan logam berat yang bisa membuat tubuh kita keracunan. Oleh karena itu kita perlu melakukan detoksifikasi atau proses mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Kandungan dari ekstrak bunga turi ini bisa digunakan sebagai obat herbal detoksifikasi. Kita bisa mencoba untuk membuat sendiri ekstraknya, namun lebih aman mendatangi pakar herbal saja supaya dosisnya jelas dan aman.

3. Menyembuhkan sariawan dan bibir pecah-pecah
Sariawan dan bibir pecah-pecah bisa diobati dengan bunga turi. Caranya adalah dengan berkumur memakai air remasan bunga ini, atau bisa dengan menempelkan remasan bunganya pada sariawan. Namun diusahakan jangan sampai tertelan !

4. Mengandung vitamin C yang tinggi
Kadar vitamin C pada bunga turi mencapai 75 mg/gr. Hal ini, tentu saja amat baik untuk menopang kebutuhan tubuh kita akan vitamin yang larut dalam air ini. Dengan vitamin C pada bunga turi ini, kita bakal memiliki antibodi yang cukup kuat, tidak mudah jatuh sakit. Tubuh akan senantiasa tetap bugar.

5. Memiki kandungan air untuk kelembaban kulit
Kekurangan air dalam tubuh bisa menyebabkan kulit jadi kering terkelupas atau bersisik. Wajah pun bisa cepat tampak keriput. Hingga akhirnya kita nampak lebih tua daripada usia yang sebenarnya. Untuk menghindari hal ini, kita butuh asupan sayuran yang mengandung air tinggi. Dan ternyata bunga turi ini kaya sekali dengan air, yang mencapai hingga 90%. Tentu saja hal ini akan membuat kulit kita jadi lembab kan ?

Baca Juga :  Tips Sederhana Menyembuhkan Asam Lambung Secara Alami

6. Menambah nafsu makan
Bagi yang belum pernah menyantap bunga turi tentu masih ada keraguan mengkonsumsinya. Karena bentuk sayuran bunga yang berwarna ungu atau putih seperti itu kok bisa dimakan. Namun bagi penggemar kuliner oseng-oseng, urap, kuluban, atau pecel, pastilah kompak menyetujui bila dikatakan bunga ini bisa meningkatkan nafsu makan.

7. Menyembuhkan rabun senja
Bunga turi bisa digunakan untuk mengonbati masalah rabun senja (night blindness) yang disebabkankan oleh penyakit gusi. Dengan mengkonsumsi sayuran bunga ini lambat laun penyakit tersebut akan sembuh secara alami dan tentu aman.

8. Menyembuhkan radang tenggorokan
Bunga turi juga sangat bermanfaat untuk menyembuhkan sakit tenggorokan serta terjadinya peradangan pada daerah itu. Caranya adalah dengan berkumur memakai air yang sudah bercampur hasil remasan daun bunga turi. Lakukan hal itu dengan teratur setidaknya 4 kali perhari.

9. Menyembuhkan disentri
Disentri atau BAB yang bercampur dengan darah bisa diatasi dengan mengkonsumsi ramuan alami dari rebusan kulit batang turi merah, dengan dicampurkan 2 gelas air kemudian direbus hingga airnya diperkirakan tinggal setengahnya saja. Minumlah rebusan tadi setidaknya 2 kali perhari, bisa pagi dan sore atau siang dan malam dalam meminumnya.

10. Menyembuhkan keputihan
Keputihan merupakan masalah yang sangat penting bagi wanita, sebagai pemicunya penyakit ini karena perkembangan jamur candida yang abnormal didalam vagina. Untuk mengatasinya, lakukan secara teratur mengkonsumsi rebusan air dari daun kembang turi yang dicampur dengan kunyit. Caranya cukup mudah kok, haluskan daun turi yang masih muda juga parut kunyit secukupnya, lalu rebus kedua bahan tadi sampai mendidih. Setelah dingin, peras atau saringlah rebusan tadi dan minumlah setidaknya 2 kali perhari agar masalah keputihan dapat segera teratasi.

Baca Juga :  Manfaat Dan Efek Negatif Kebanyakan Makan Jengkol Bagi Kesehatan

11. Menyembuhkan batuk
Penyakit batuk dapat juga disembuhkan memakai daun turi. Caranya adalah dengan menumbuk halus segenggam daun turi muda yang berbunga merah. Tambahkan juga perasan jeruk nipis, kemudian minum ramuan itu. Boleh juga menambahkan akar pohon turi dengan menumbuk halus terlebih dahulu dan jangan lupa direbus dahulu. Saring atau peras rebusan tadi saat masih riam atau hangat dan campurkan pula madu agar rasanya manis.

12. Menyembuhkan demam
Ketika kita atau anggota keluarga kita ada yang diserang demam, sebaiknya tidak terlampau cemas. Cobalah dengan menumbuk halus daun turi, kemudian tambah sedikit air hangat serta garam secukupnya. Saring atau peras ramuan itu, kemudian minumlah dengan teratur agar demam segera menurun. Namun untuk menangani demam yang dikarenakan oleh penyakit cacar terlebih pada anak-anak, kita dapat memakai kulit kayu turi dengan cara di rebus dan diminumkan secara rutin.

13. Menyembuhkan sakit kepala serta pilek
Cara menangani penyakit ini nyaris sama dengan menangani penyakit demam, yakni dengan menumbuk terlebih dahulu segenggam daun turi, kemudian tambahkan air hangat masak dan saring untuk diminum dengan teratur agar penyakit segera sembuh.

14. Melancarkan ASI
Bagi wanita yang sedang menyusui dan ada kendala kurang lancarnya ASI, bisa dicoba dengan cara mengkonsumsi isi dari buah turi, caranya bisa digoreng, direbus ataupun dicampurkan dalam masakan.  Bisa juga dengan mengkonsumsi daun pohon turi muda sebagai lalapan atau dicampurkan dalam masakan lain.

Demikianlah tips sederhana mengenal manfaat pohon turi untuk kesehatan yang sangat banyak sekali, mudah-mudahan  dengan informasi ini kita terbebas dari berbagai penyakit yang tentunya juga akan menguras sebagian bahkan seluruh harta yang kita miliki, dengan pola hidup sehat tentu dapat mengurangi biaya pengeluaran, sehingga tetap bisa ngirit dalam mengeluarkan anggaran sesuai dengan kebutuhan saja. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *