Tips Sederhana Mengenali Tanda Baterai Smartphone Rusak

Tips sederhana mengenali baterai

Tanda-tanda baterai smartphone yang rusak atau bocor itu seperti apa ya? Sebenarnya ada banyak hal dan penyebab yang mengakibatkan baterai pada smartphone menjadi cepat rusak dan bocor, baik itu smartphone dengan sistem operasi Android maupun iOS. Smartphone yang tiba-tiba mati mendadak, belum tentu disebabkan oleh baterai yang bocor atau lebih tepatnya rusak. Bisa saja smartphone anda memiliki begitu banyak proses dan aplikasi yang berjalan sehingga RAM tidak mampu menerima masukan yang begitu banyak untuk diproses. Oleh karena itu, kita harus cermat dan pintar untuk mengetahui ciri-ciri baterai smartphone yang rusak atau bocor dengan teliti. Jika terlalu cepat mengambil keputusan maka akan sangat disayangkan, terlebih lagi jika baterai anda masih bagus tentu tidak go-green jika dibuang begitu saja. Nah !!! oleh karena itu kami akan memberikan sedikit tips sederhana tentang bagaimana sih cara mengetahui ciri-ciri baterai smartphone yang rusak atau bocor dengan mudah tanpa perlu membongkar atau melihat kondisi baterai secara fisik apakah menggelembung atau tidak.

Terdapat beberapa cara untuk memeriksa bagian mana yang menyebabkan baterai smartphone menjadi bocor. Tetapi sebelum menjalankan langkah-langkah di bawah, sebaiknya anda menerapkan terlebih dahulu tips-tips penghematan baterai pada perangkat Android atau iOS anda. Bila tetap tidak membuahkan hasil, baru anda gunakan langkah-langkah yang akan kami bagikan untuk memastikan keadaan baterai smartphone anda rusak atau tidak.

Beginilah cara mengetahui ciri-ciri baterai smartphone yang rusak atau bocor dengan mudah :

  1. Smartphone terasa panas pada bagian baterai tepatnya didaerah belakang.
  2. Kondisi fisik dari baterai telah menggelembung namun bila anda menggunakan baterai yang tidak bisa dicabut (non removeable) maka ada cara lain untuk memeriksanya.
  3. Ketika di lakukan pengisian (charge) pada baterai, indikator menunjukkan bahwa baterai keluar masuk atau kadang terisi atau tidak. Itu menandakan bahwa baterai sudah mulai tidak stabil.
  4. Indikator status baterai terkadang naik turun persentasenya dan ketika untuk bermain game sering mati atau reboot.
  5. Baterai akan cepat habis meski baru selesai diisi atau dilakukan pengecasan.
Baca Juga :  Tips Sederhana Menghapus Virus di HP Android Tanpa Bantuan Aplikasi Antivirus

Bagaimana cara mengatasi baterai yang bocor ?

Cara Mengatasi baterai yang bocor, rusak atau sudah ada tanda-tanda mendekati kebocoran, anda perlu melakukan kalibrasi pada baterai tetapi bila tingkat kerusakan pada baterai masih belum terlalu parah. Jika sudah rusak parah atau biasanya baterai setelah dicharge hanya bertahan selama 20menit setelah 100 persen pengisian daya maka dapat disimpulkan anda perlu mengganti baterai dengan yang baru untuk menghindarkan kerusakan pada sistem lainnya.

Mengapa penting untuk mengecek kondisi baterai apakah rusak atau tidak?

Hal ini Sangat PENTING !. Kenapa? karena baterai adalah tempat untuk menampung daya yakni sumber listrik yang dapat diakses oleh komponen terminal, socket, port, dan komponen lain yang terletak di dalam inti smartphone atau perangkat gadget. Jika sumber daya memiliki tegangan yang sudah tidak stabil tentunya akan merusak inti processor, bisa juga memori, I/O dan beragam komponen lainnya karena tidak stabilnya arus yang masuk dan keluar. Buat anda yang tidak ingin smartphonenya rusak dan tambah parah biasakan mengecek baterai dan melakukan kalibrasi pada baterai apabila baterai sudah tidak stabil.

Ciri-ciri baterai smartphone bocor yang terakhir adalah timbul percikan api ketika melakukan charge. Terdapat beberapa kejadian yang mungkin pernah kita alami terhadap baterai yang meledak karena kerusakan yang ditimbulkan. Ketika baterai sudah sampai mengeluarkan percikan api atau asap atau bau yang agak gosong, sebaiknya jangan terus digunakan. Untuk mengatasi hal tersebut taruh smartphone anda jauh dari bahan yang mudah terbakar. Di samping itu ganti baterai dengan yang baru, hal ini merupakan alternatif utama.

Hal ini bertujuan untuk memperpanjang efektivitas smartphone, handphone, tablet atau perangkat komputer anda bekerja relatif stabil dan sesuai dengan performa biasanya. Selanjutnya apabila anda ingin membeli baterai, belilah baterai yang asli dengan jumlah daya IN dan daya OUT itu sama dengan baterai yang anda gunakan sebelumnya. Jangan pernah membeli baterai Universal dan jangan pernah menggunakan charger Universal agar baterai anda tidak bocor dan rusak dengan cepat.

Baca Juga :  Tips Sederhana Merawat Baterai Ponsel Agar Tidak Mudah Drop

Nah itulah tadi beberapa ciri-ciri baterai smartphone bocor atau rusak yang perlu anda mengerti. Mudah-mudahan bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *