Tips Sederhana Mengendalikan Nafsu Makan Yang Berlebihan Secara Alami

Obesitas atau kegemukan adalah penumpukan lemak yang sangat tinggi di dalam tubuh sehingga membuat berat badan berada di luar batas ideal. Dampak negatif dari kegemukan antara lain bisa memicu stroke, penyakit jantung, diabetes, kanker dan yang ekstrem bisa membahayakan nyawa. Selain menimbulkan berbagai penyakit kronis tersebut, kegemukan juga bisa menyebabkan gangguan psikologis seperti stress dan depresi. Hal ini bisa terjadi diawali dari rasa tidak percaya diri karena mengalami perubahan bentuk tubuh yang terus melar.

Kegemukan yang terjadi pada seseorang pada umumnya akibat dari kebiasaan makan yang berlebihan. Selain beresiko terhadap kesehatan tubuh, kegemukan juga mengurangi penampilan karena banyaknya lemak yang menonjol pada beberapa bagian tubuh sehingga mengurangi keindahan tubuh terutama bagi wanita yang masih muda. Nafsu makan yang berlebihan bisa terjadi pada siapa saja, namun bagi mereka yang menyadari akan resiko dari nafsu makan yang berlebihan terhadap timbulnya berbagai macam penyakit, hal ini merupakan modal utama untuk mengendalikan nafsu makan yang berlebihan tersebut.

“Makanlah Sebelum Lapar dan Berhentilah Sebelum Kenyang”

Seluruh agama mengajarkan bahwa “Makanlah dan Minumlah sewajarnya dan jangan berlebihan”, ajaran tersebut ternyata mengandung makna yang luar biasa karena dengan makan dan minum sewajarnya menjadikan kesehatan tubuh menjadi seimbang dan manfaatnya akan sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Berikut tips sederhana mengendalikan diri dari nafsu makan yang berlebihan bagi yang merasa dirinya kelebihan berat badan secara alami, antara lain ;

1. Niat
Untuk mengendalikan nafsu makan yang berlebihan hal yang pertama dan utama harus disadari adalah niat yang kuat. Dengan menyadari akan efek negatif dari nafsu makan yang berlebihan bagi kesehatan tubuh maka niat merupakan salah satu faktor utama dalam keberhasilan mengendalikan nafsu makan.

Baca Juga :  Manfaat Mengkonsumsi Melinjo Bagi Kesehatan Tubuh

2. Makan dan minum secara teratur
Kebiasaan makan atau minum yang tidak teratur merupakan salah satu pemicu bertambahnya nafsu makan yang berlebihan, oleh karena itu makanlah dan minumlah sewajarnya secara teratur yaitu pagi, siang dan sore hari saja.

3. Minum kopi atau teh
Salah satu cara agar nafsu makan bisa terkendali yaitu dengan cara membiasakan diri minum kopi atau teh, hal ini dikarenakan kandungan zat kafein pada teh maupun kopi yang terbukti  bisa mengurangi nafsu makan, namun untuk campuran gula sebaiknya tidak terlalu berlebihan agar tidak memicu efek buruk pada kesehatan tubuh lainnya seperti diabetes atau penyakit gula.

4. Olah raga teratur
Aktifitas berolah raga termasuk salah satu cara yang cukup efektif untuk mengendalikan nafsu makan yang berlebihan karena dengan berolah raga secara teratur akan mengendalikan hormon yang bisa mengendalikan nafsu makan yang berlebihan.

5. Air putih
Apabila nafsu makan yang berlebihan sedang datang, salah satu tips sederhana yang cukup ampuh adalah dengan minum air putih. Dengan segera minum air putih sebanyak mungkin tentu nafsu makan akan menurun drastis dan tentu air putih sangat aman serta baik bagi kesehatan tubuh.

6. Minum jahe
Jahe dikenal memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, selain itu jahe ternyata juga dapat membantu mengurangi nafsu makan yang berlebihan. Agar jahe dapat mengurangi nafsu makan yang berlebihan, maka minumlah jahe hangat yang sudah di haluskan atau di parut secara rutin sebelum makan nasi karena jahe akan memberikan efek rasa kenyang yang cukup lama sehingga nafsu makan bisa dikendalikan.

7. Makanan masam
salah satu cara yang cukup efektif juga untuk mengendalikan nafsu makan adalah dengan mengkonsumsi secara langsung makanan yang memiliki rasa masam seperti belimbing wuluh, mangga muda, kedondong dan lain sebagainya. Berbagai jenis makanan atau buah-buahan tersebut sudah terbukti manjur sejak nenek moyang untuk mengendalikan nafsu makan yang berlebihan karena rasa masam dari makanan tersebut secara otomatis akan menurunkan nafsu makan secara drastis.

Baca Juga :  Mengetahui Penyebab dan Solusi Rasa Mual Saat Menggosok Gigi

8. Makanan polo pendem
jenis makanan ini juga sudah terbukti sangat efektif untuk mengurangi nafsu makan yang berlebihan karena berbagai jenis makanan polo pendem menjadikan rasa kenyang lebih lama dibandingkan nasi beras, untuk itu bagi yang ingin mengendalikan nasfu makan yang berlebihan anda bisa mulai membiasakan makanan jenis polo pendem.

9. Makan buah sebelum makan nasi
Umumnya makan buah setelah makan nasi, merubah kebiasaan makan buah terlebih dahulu sebelum makan nasi merupakan salah satu cara juga yang cukup efektif karena dengan memakan buah terlebih dahulu menjadikan nafsu makan nasi bisa berkurang.

10. Mencari kesibukan
Salah satu cara yang cukup efektif untuk mengendalikan nafsu makan yang berlebihan adalah melakukan kesibukan sehingga dengan kesibukan tersebut akan mengendalikan nafsu makan yang berlebihan.

11. Pergi tidur
Nafsu makan yang berlebihan bisa dikendalikan dengan pergi tidur, namun sebelum tidur sebaiknya minumlah air putih agar tidurnya lebih pulas.

12. Ngemil sehat
Mengendalikan nafsu makan yang berlebihan bisa juga dengan ngemil sehat, maksudnya adalah apabila anda sedang dilanda nafsu makan yang berlebihan dan ingin untuk mengendalikan maka mulailah ngemil dengan makanan ringan yang memiliki efek cepat kenyang.

13. Sering bercermin
Kenapa bercermin ? dengan bercermin akan menyadari bahwa tubuh melebihi batas normal sehingga akan nampak lemak yang berlebihan pada seluruh bagian tubuh. Hal ini akan memberikan motivasi bahwa kegemukan berdampak jelek pada postur tubuh sehingga dengan motivasi tersebut akan mengurangi nafsu makan yang berlebihan.

Prinsipnya adalah setelah memiliki niat yang kuat untuk mengendalikan diri dari nafsu makan yang berlebihan, selanjutnya menyadari bahwa efek buruk pada kesehatan tubuh yang kegemukan bisa saja terjadi kapan saja, untuk itu dengan niat dan kesadaran tersebut mulailah membiasakan diri untuk mengendalikan diri dari nafsu makan secara alami sebagaimana diatas.

Baca Juga :  Mengenal Fakta Menarik Tentang Telur Ayam

Mudah-mudahan artikel ini menjadikan tambahan motivasi bagi anda yang ingin mengendalikan diri dari nafsu makan yang berlebihan yang berakibat kegemukan dan mudah terjangkit berbagai macam penyakit. Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *