Tips Sederhana Menggunakan Kulkas Agar Ngirit Listrik

Porgram pemerintah tentang subsidi untuk energi terus dikurangi dan pada saatnya nanti subsidi untuk energi dicabut secara keseluruhan seperti subsidi pada BBM. Lebih baik mulai membiasakan melakukan penghematan atau ngirit dalam penggunaan listrik agar rekening listrik tidak membengkak akibat banyaknya alat elektronik yang menggunakan listrik 24 jam nonstop, semisal AC, TV dan lemari Es (Kulkas), memang tehnologi terbaru peralatan elektronik tadi sudah dirancang sedemikian rupa untuk meminimalisir penggunaan daya listrik yang besar, namun kalau salah dalam pemakaiannya tentu tetap akan menyedot energi listrik yang berlebih, untuk itu simak tips sederhana berikut ini khususnya agar bisa ngirit dalam pemakaian listrik untuk kulkas yang biasanya 24 jam nonstop nyala terus, tips sederhananya adalah :

  1. Tempatkan kulkas di tempat sejuk
    Dengan menempatkan kulkas di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung atau sumber-sumber panas lainnya tentu akan mengakibatkan kulkas terus bekerja untuk menyesuaikan suhunya, kalau itu terjadi tentu mesin kulkas akan terus menyala dalam waktu yang lama yang berakibat pemborosan listrik.
  2. Atur jarak antara kulkas dan dinding
    Berikan jarak minimal 10-15 cm antara kulkas dengan dinding serta berilah jarak sekitar 30 cm dengan langit-langit. Karena mesin kulkas yang diletakkan di ruang sempit akan mengakibatkan mesin menjadi cepat panas dan beban kerjanya menjadi lebih berat. Maka usahakan sebisa mungkin ada cukup ventilasi disekitar mesin kulkas.
  3. Jangan keseringan buka tutup kulkas
    Sebisa mungkin untuk tidak terlalu sering membuka dan menutup kulkas, karena disamping lampu yang menyala saat pintu dibuka akan menghabiskan energi juga mengakibatkan suhu dalam kulkas berkurang yang mengakibatkan mesin kulkas akan terus bekerja dan tentu arus listrik terus tersambung.
  4. Pastikan pintu kulkas tertutup dengan baik
    Mesin kulkas akan terus bekerja mendinginkan suhu dalam kulkas akibat adanya udara dari luar yang masuk ke dalam kulkas dan mesin kulkas akan teres menerus bekerja sesuai dengan temperatur yang sudah ditentukan. Lebih baik pastikan atau sering periksa apakah pintu kulkas sudah benar-benar tertutup atau belum agar bisa ngirit listrik.
  5. Aturlah temperatur sesuai dengan kebutuhan
    Semakin rendah kita mengatur temperatur kulkas tentu semakin dingin suhu didalamnya, hal ini tentu mengakibatkan semakin banyak energi yang diperlukan kulkas untuk proses pendinginan. Sebaiknya atur temperatur kulkas sesuai dengan kebutuhan saja biar bisa ngirit listriknya.
  6. Gunakan fungsi-fungsi tambahan kulkas sesuai dengan kebutuhan
    Makin banyak fungsi yang diaktifkan, sudah tentu akan semakin besar energi listrik yang dikonsumsinya. Oleh karena itu belilah kulkas yang memiliki fitur sesuai dengan kebutuhan saja dan tidak usah memaksakan membeli kulkas yang terlalu canggih apabila tidak yakin akan memanfaatkan serta fungsi-fungsi fiturnya.
  7. Jangan pernah menyimpan makanan panas atau hangat dalam kulkas
    Menaruh makanan yang masih hangat atau panas tentu akan mengakibatkan suhu dalam kulkas ikut terkena imbasnya yang mengakibatkan mesin kulkas akan bekerja keras mendinginkan suhu sesuai dengan temperatur yang telah diatur.
  8. Pastikan tidak ada kebocoran kulkas
    Apabila sistem otomatisnya kulkas tidak jalan, tentu mengakibatkan mesin kulkas akan terus menyala maka segera lakukan pengecekan mulai dari sekat karet yang menempel di pintu sampai dengan kemungkinan ada celah kebocoran kulkas. Biasanya sekat pintu kulkas terdiri dari karet ini akan mengendur seiring berjalannya waktu. Sekat pintu yang longgar bisa mengakibatkan udara luar bisa mudah masuk dan mengacaukan suhu dalam kulkas dan sudah tentu akan mengakibatkan mesin kulkas akan bekerja lebih keras mendinginkan isi kulkas sesuai dengan temperatur yang sudah ditentukan. Segera lakukan perbaikan apabila ada lubang lain yang memungkinkan udara luar masuk ke dalam kulkas.
  9. Cabut stop kontak kulkas apabila tidak digunakan
    Matikan kulkas jika sedang tidak dipakai atau hendak ditinggal bepergian untuk beberapa waktu. Bukalah sedikit pintu kulkas agar bagian dalam tidak lembab dan bau atau bersihkan isi kulkas sebelum ditinggal pergi agar tidak ada bakteri akibat kulkas yang mati.
  10. Jagalah kebersihan dalam kulkas
    Jangan lupa untuk selalu membersihkan bagian-bagian kulkas secara teratur agar kinerja mesin tetap ringan. Karena kotoran seperti debu dapat menyumbat saluran pembuangan air dan udara sehingga mengakibatkan mesin harus bekerja lebih keras.
Baca Juga :  Tips Sederhana Ngirit Pemakaian Data Smartphone Android

Demikian tips sederhana menggunakan mesin kulkas agar bisa ngirit listrik, mudah-mudahan tips sederhana ini bisa bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *