Tips Sederhana Menghapus File Audio, Video dan Gambar di WhatsApp

Tips sederhana WhatsApp
WhatsApp

Sebagai pengguna smartphone pintar tentunya kita mungkin pernah mengalami tiba-tiba di memori Smartphone Android penuh. Padahal, kita tidak terlalu banyak menyimpan file di ponsel cerdas tersebut. Bahkan kita hanya menggunakan aplikasi seperlunya saja, seperti aplikasi chating, pemutar video, pemutar musik dan aplikasi untuk browsing.

Salah satu penyebab memori tiba-tiba penuh adalah karena banyaknya foto sampah pada memori. Foto-foto sampah ini biasanya di dapat dari grup whatsapp. Sehingga gambar yang menyebabkan memori penuh harus segera dihapus.

Sebab, jika dibiarkan memori penuh akan dapat menghambat kinerja Smartphone itu sendiri. Beberapa aplikasi membutuhkan ruang kosong di memori untuk bekerja dengan baik. Misalnya saja untuk menerima pesan (baik teks, gambar, video, maupun audio), jika memori penuh maka pesan-pesan tersebut akan terhambat masuk ke smartphone kita.

Namun sebelum membahas lebih lengkap tentang cara menghapus gambar sampah yang biasanya timbul dari grub whatsapp. Sebaiknya kita mengetahui apa yang membuat grup whatsapp yang ada di aplikasi chatting ini menghasilkan banyak sekali foto sampah. Dengan demikian, kita bisa mencegah atau setidaknya meminimalisir gambar-gambar sampah memenuhi memori ponsel smartphone pintar kita.

Sebenarnya penyebab banyak munculnya gambar sampah dari whatsapp karena kita masuk ke grup yang ada di aplikasi ini. Semakin banyak grup yang di ikuti, maka kemungkinan menghasilkan gambar sampah akan semakin besar pula.

Maka dari itu sebaiknya kita mengikuti atau bergabung di grup whatsapp sesuai dengan kebutuhan saja. Misalnya, bagi kita yang hobi sepak bola maka bergabunglah dengan group pecinta sepak bola saja. Jangan ikut masuk ke group yang membahas topik lainnya, apa lagi yang tidak kita sukai. Sebab, group yang tidak disukai topiknya, tentu tidak akan ada manfaatnya, karena kita tidak menyimak apa yang dibahas, apalagi ikut berdikusi.

Baca Juga :  Efek Negatif Penggunaan Headset Pada Kesehatan Telinga

Namun, group whatsapp tersebut akan tetap menghasilkan gambar-gambar sampah. Jadi sebaiknya ikuti saja group whatsapp yang topiknya kita suka atau memiliki manfaat bagi diri kita.

Selanjutnya yang membuat group whatsapp banyak menghasilkan foto sampah karena pengunduhan gambar yang dikirim oleh anggota group dilakukan secara otomatis. Sehingga semua foto yang di kirim ke group di mana kita bergabung secara langsung tersimpan di memori. Ini yang menyebabkan memori smartphone tiba-tiba penuh.

Untuk menanggulanginya, kita harus mengubah pengaturan pengunduhan gambar tersebut menjadi secara manual. Jadi jika ada anggota yang mengirim gambar, kita harus mengunduhnya secara manual untuk melihat foto tersebut. Memang akan sedikit repot, namun sangat efektif untuk mencegah masuknya gambar-gambar sampah dari group whatsapp.

Adapun cara untuk mengubah pengunduhan dari otomatis ke manual adalah dengan masuk ke aplikasi chatting ini. Kemudian, tekan tanda titik yang berjumlah tiga pada bagian kanan atas. Selah itu pilih setelan, lalu tekan pengguna data. Lalu ubah semua pilihan yang ada menjadi “tidak ada media”.

Dengan demikian, gambar-gambar sampah dari group whatsapp tidak akan masuk memenuhi memori ponsel pintar kita.

Namun, jika sudah terlanjur terjadi. Kita masih bisa mengatasinya dengan cara menghapus gambar-gambar sampah tersebut. Ada dua cara untuk melakukannya, yaitu secara manual dan menggunakan aplikasi.

Secara manual

Buka aplikasi file manager, Lalu cari folder dengan nama whatsapp. Biasanya folder ini terdapat di memori eksternal (kartu memori), namun ada juga yang berada di memori internal. Oleh karena itu silahkan cek satu demi satu.

Setelah folder tersebut ketemu, silahakan buka foldernya. Disana ada beberapa folder lagi, pilih dan buka folder “media”. Setelah itu buka kembali folder “whatsapp images” dan kamu akan melihat banyak gambar atau foto.

Baca Juga :  Tips Sederhana Memahami Aplikasi Berbahaya di Smartphone Android

Silahkan hapus foto-foto yang ada tentunya yang kita anggap tidak bermanfaat. Untuk mempercepat proses penghapusan. Tandai semua foto yang ingin dihapus lalu hapus pada foto tersebut. Cara manual ini memang sedikit sulit, namun masih tetap efektif untuk menghapus gambar-gambar sampah dari group whatsapp.

Menggunakan aplikasi khusus

Ada beberapa aplikasi yang bisa kita gunakan untuk melakukan penghapusan. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah Sif Magic Cleaner. Aplikasi ini menawarkan dua pilihan yaitu secara manual dan otomatis.

Jika secara manual kita harus hapus satu demi satu. Namun jika secara otomatis, kita bisa menghapus semuah gambar yang ada. Cuma masalahnya, apabila ada beberapa gambar penting yang secara acak tergabung dengan gambar yang tidak perlu (sampah) dari group whatsapp. Terserah kita mau menggunakan cara yang mana.

Kesimpulnya, gambar sampah dari group whatsapp dapat mengganggu kinerja ponsel Smartphone Android. Oleh karena itu harus dihapus. Kita bisa menggunakan aplikasi atau secara manual untuk menghapusnya. Semoga postingan ini bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *