Tips Sederhana Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan Secara Aman

Ikan, selain memiliki rasa yang lezat karena dagingnya yang sehat dan kaya akan protein, ikan juga merupakan makanan yang kaya akan omega 3 sehingga sangat baik untuk kesehatan dan kecerdasan otak. Bahkan boleh dikatakan sebagian besar manusia dipermukaan bumi bisa dipastikan suka dengan jenis makanan ini, baik dari jenis ikan air tawar maupun ikan yang berasal dari laut. Namun, masalahnya sebagian besar manusia mungkin malas mengolah ikan menjadi masakan karena faktor baunya yang amis.

Untuk mendapatkan hasil olahan ikan agar terasa sedap dan lezat tentu dibutuhkan suatu proses mulai dari cara memilih jenis ikan yang segar secara benar hingga membersihkan dan memasaknya dengan benar. Nah untuk proses membersihkan ikan yang tentu disertai dengan bau amis yang menyengat tentu menjadi suatu proses yang menyebalkan bukan ? Proses ini harus dilakukan dengan cara yang benar agar tidak merusak kualitas daging serta rasanya.

Nah, untuk itu simak tips sederhana berikut ini sebagai salah satu alternatif yang bisa dicoba untuk menghilangkan bau amis pada ikan pada saat membersihkan agar bau amis dari ikan tersebut berkurang dan kualitas serta rasanya tetap terjaga nikmat ;

1. Kunyit dan Garam
Caranya adalah cuci bersih ikan, lalu baluri dengan serbuk kunyit yang dicampur dengan sedikit garam dapur. Aduk secara merata agar serbuk kunyit dan garam bisa meresap pada ikan, kemudian bisa dicuci lagi dengan air bersih untuk menghilangkan rasa asin atau kalau mau langsung digoreng juga sudah tidak menimbulkan bau amis sebagaimana sebelum ditaburi kunyit dan garam. Oleh karena itu yang perlu diperhatikan apabila ikan mau diolah lagi adalah jumlah garam yang ditabur harus bisa diperkirakan agar ikan tidak terasa terlalu asin atau keasinan yang justru selain masakan kurang lezat tentu akan berdampak buruk pada kesehatan jika terlalu banyak mengkonsumsi rasa asin.

Baca Juga :  Efek Negatif Terlalu Berlebihan Mengkonsumsi Ikan Asin

2. Jahe
Aroma jahe yang khas ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk mengatasi bau amis pada ikan. Caranya adalah serbuk jahe atau jahe yang sudah dihaluskan dengan diparut, dibalurkan ke ikan secara merata sebelum ikan dicuci bersih.

3. Cuka
Caranya adalah larutkan cuka dengan air secukupnya pada ikan lalu rendam selama kurang lebih lima menit. Setelah itu bisa dicuci bersih dengan air yang mengalir.

4. Tepung Terigu
Selain sebagai bahan dalam pembuatan kue tepung terigu juga memiliki manfaat lain yaitu dapat menghilangkan bau amis pada ikan. Caranya adalah bersihkan ikan dengan air bersih terlebih dahulu kemudian baluri ikan secara menyeluruh dan diamkan selama sekitar 10-15 menit, setelah itu bersihkan ikan. Ternyata tepung terigu dapat menetralisir bau amis pada ikan cukup efektif.

5. Buah Apel
Ternyata tak banyak orang yang mengetahui kalau buah apel juga memiliki manfaat untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Caranya adalah iris buah apel setipis mungkin kemudian rendam kedalam minyak atau air yang akan digunakan untuk memasak ikan, biarkan hingga buah apel layu, kemudian angkat buah apel dan masak ikan menggunakan air atau minyak rendaman buah apel tadi. Dengan proses tersebut bisa dipastikan bau amis pada ikan akan menghilang saat dimasak.

6. Asam Jawa
Caranya adalah balurkan asam jawa pada daging ikan sampai merata sebelum dicuci. Kemudian diamkan terlebih dahulu sekitar 20 menit dan bilas dengan air mengalir. Selain dari buah asam jawa jika ada bisa juga dengan memanfaatkan daun asam jawa yang masih muda dengan ditumbuk terlebih dahulu baru direndam pada ikan maka bau amis pada ikan akan sirna.

Baca Juga :  Tips Sederhana Merawat Smartphone Android Agar Awet

7. Mentimun
Caranya adalah buah mentimun diparut terlebih dahulu dan balurkan secara merata pada ikan sebelum dicuci, kemudian diamkan sekitar 20 menit, lalu bilas dengan air bersih yang mengalir.

Demikian tips sederhana menghilangkan bau amis pada ikan baik pada saat proses membersihkan maupun setelah menjadi menu masakan agar tidak berbau terlalu amis, sehingga seluruh keluarga mau menyantap makanan yang kaya akan manfaatnya pada kesehatan tubuh tanpa terganggu bau amis. Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *