Tips Sederhana Menghilangkan Rasa Pahit Pada Daun dan Bunga Pepaya

Daun pepaya muda dikenal sejak nenek moyang dipercaya sebagai salah satu sayuran yang banyak mengandung gizi dan memiliki khasiat untuk kesehatan, salah satunya adalah dipercaya mampu untuk melancarkan Air Susu Ibu (ASI), untuk ini biasanya nenek moyang mencampurkan daun pepaya muda direbus bersamaan dengan daun beluntas muda tanpa campuran bahan lain sehingga rasa pahit dari daun pepaya sangat terasa, hal itu dimaksudkan agar kandungan dalam daun pepaya dan daun beluntas tidak hilang.

Selain dipergunakan sebagai ramuan untuk melancarkan ASI ternyata daun dan bunga pepaya dipercaya juga mampu membantu mengobati penyakit batu ginjal. Daun dan bunga dari pohon pepaya memiliki rasa khas yang pahit tersebut ternyata juga sangat lezat dijadikan olahan masakan seperti tumis atau osengan. Selain itu daun dan bunga pepaya yang sudah direbus juga sangat lezat untuk dijadikan lalapan sayur.

Namun daun dan bunga pepaya tersebut kalau salah atau belum mengerti cara pengolahannya tentu rasa lezat dan nikmat tidak akan di dapatkan karena hanya rasa pahit yang akan dirasakan. Ada beberapa cara agar daun dan bunga pepaya agar berkurang rasa pahitnya sehingga ketika dimasak bersamaan dengan bahan lain akan terasa lezat dan nikmat. Nenek moyang secara tradisional mengolah daun dan bunga pepaya dicampurkan dengan tanah liat atau lempung agar rasa pahitnya menghilang, namun seiring dengan perkembangan zaman, saat ini sudah ada cara yang lebih efektif untuk mengurangi rasa pahit dari daun dan bunga pepaya yang dicampurkan dengan daun lain agar rasa pahitnya berkurang, untuk itu simak tips sederhana berikut ini agar masakan yang dicampurkan dengan daun dan bunga pepaya tidak terasa pahit ;

Baca Juga :  Yuk ! Mengenal Berbagai Manfaat Sayuran Kangkung bagi Kesehatan

Langkah Pertama ;
Petiklah daun atau bunga pepaya pada waktu sore hari kemudian di diamkan selama beberapa saat agar getahnya berkurang. Setelah didiamkan beberapa saat, kemudian potong daun atau bunga pepaya tadi supaya semakin banyak getahnya yang keluar. Kemudian dilanjutkan dengan mencuci daun atau bunga pepaya tadi sampai bersih terutama getahnya. Pada saat pencucian, lakukan sedikit meremas-remas supaya getah benar-benar bersih.  Cuci daun dan bunga pepaya dengan air yang mengalir sehingga getahnya terbuang bersama air. Setelah bersih, kemudian ditiriskan.

Langkah Kedua ;
1. Menggunakan Daun Singkong
Siapkan daun singkong secukupnya, kemudian cuci bersih dan masukkan daun atau bunga pepaya sesuai dengan langkah pertama diatas, kemudian rebus secara bersamaan maka rasa pahit dari daun dan bunga pepaya akan berkurang bahkan bisa sirna rasa pahitnya.

2. Menggunakan Daun Jambu Biji
Setelah langkah pertama sebagaimana diatas, kemudian remas-remas bunga atau daun pepaya tersebut bersama dengan garam dapur secukupnya lalu diamkan minimal 10 menit agar getahnya berkurang atau hilang. Kemudian bilas sampai bersih agar getah serta garamnya hilang, rebus daun dan bunga pepaya tadi bersamaan dengan daun jambu biji minimal 5 lembar yang telah dicuci agar rasa pahit dari daun dan bunga pepaya diserap oleh daun jambu biji sehingga rasa pahitnya berkurang.

3. Menggunakan Asam Jawa
setelah bunga atau daun pepaya diproses sebagaimana pada langkah pertama maka berikutnya remas-remas daun dan bunga pepaya tersebut bersama dengan garam dapur secukupnya lalu diamkan minimal 10 menit kemudian bilas sampai bersih agar getah dan garamnya hilang. Rebus daun dan bunga pepaya tadi bersamaan dengan asam jawa secukupnya sesuai dengan banyaknya daun dan bunga pepaya dan kalau masih ada rasa pahit maka tambahkan asam jawa sampai rasa pahitnya menghilang.

Baca Juga :  Tips Sederhana Mengenal Manfaat Pohon dan Bunga Turi untuk Kesehatan

Demikian tips sederhana menghilangkan rasa pahit dari daun dan bunga pepaya agar bisa di olah menjadi masakan yang lezat dan nikmat sesuai dengan selera. Mudah-mudahan tips sederhana ini bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *