Tips Sederhana Mengolah Sayur Pare Agar Tidak Pahit

Pare, merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki rasa khas yakni pahit. Rasanya yang khas tersebut ternyata memiliki khasiat yang cukup luar biasa bagi kesehatan tubuh kita yakni sebagai antioksidan. Buah yang masuk katagori sayuran ini sebenarnya sangat lezat,  justru dari rasa pahitnya, namun rasa pahit tersebut ternyata banyak yang tidak menyukainya. Sayur pare bisa diolah menjadi aneka macam masakan yang lezat tentu dengan rasa pahitnya. Namun bagi yang tidak menyukai rasa pahit dari sayur ini tidak perlu khawatir karena rasa pahit dari sayuran ini bisa diatasi dengan cukup mudah dan sederhana kok.

Nenek moyang kita dahulu menggunakan cara yang sangat sederhana untuk menghilangkan rasa pahit dari sayur pare ini, dan ternyata cara tersebut sampai saat ini masih cukup efektif digunakan sehingga sayur pare yang rasanya pahit bisa berkurang dan bahkan hilang sama sekali. Simak tips sederhana nenek moyang dalam menghilangkan rasa pahit dari sayur pare berikut ini ;

1. Rempah-rempah
Pare akan sangat lezat apabila diolah dengan tambahan bumbu atau rempah-rempah yang beraneka ragam. Rempah-rempah yang digunakan untuk memasak pare tersebut bisa membantu mengurangi rasa pahit. Hal ini dikarenakan rasa pahit pada pare akan berkurang dan bahkan tidak terasa karena lezatnya bumbu-bumbu rempah yang mengalihkan rasa pahit pare saat dimakan. Maka gunakanlah rempah yang biasanya dijadikan sebagai bumbu dapur untuk mengusir rasa pahit sayur pare agar menjadi lezat saat dihidangkan.

2. Daun Jambu Biji
Menghilangkan rasa pahit pada pare bisa dengan daun jambu biji. Caranya adalah rebuslah pare bersamaan dengan beberapa lembar daun jambu biji, namun sebelum pare direbus dengan jambu biji, sebaiknya remaslah terlebih dahulu daun jambu biji tersebut. Karena dengan merebus pare bersamaan dengan daun jambu biji selama kurang lebih 5 menit atau sampai pare setengah matang maka rasa pahit dalam pare akan diserap oleh daun jambu biji. Selanjutnya silahkan pare dimasak sesuai dengan keinginan dan rasa pahit sudah tidak ada lagi.

Baca Juga :  Berbagai Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh Serta Efek Negatifnya

3. Gula Pasir
Cara menghilangkan rasa pahit pada pare bisa juga dengan menggunakan gula pasir. Caranya adalah sebelum pare diolah menjadi aneka masakan yang lezat, rebuslah terlebih dahulu pare bersama dengan gula pasir dengan cara remaslah pare ditaburi dengan gula pasir baru direbus setengah matang agar hilang rasa pahitnya.

4. Tanah Liat
Nenek moyang menjadikan tanah liat sebagai andalan untuk mengusir rasa pahit dari sayur-sayuran. Caranya adalah rebuslah pare bersama dengan lempengan tanah liat yang sebelumnya sudah dibersihkan. Namun cucilah pare tersebut terlebih dahulu sebelum dijadikan aneka masakan agar rasa pahit dan tanah liatnya hilang.

5. Garam
Jurus ampuh nenek moyang kita dahulu untuk mengusir rasa pahit dari berbagai sayuran yang memang memiliki rasa khas pahit adalah garam. Bumbu utama dapur ini dikenal ampuh untuk mengatasi rasa pahit pada sayuran yang berkatagori pahit termasuk pare. Caranya adalah potong pare yang akan dimasak menjadi dua bagian. Lalu buang biji pare, serta bersihkan selaput pare yang terdapat di bagian dalamnya. Kemudian, iris sayur pare dengan tipis. Ambil garam secukupnya dan taburkan pada potongan pare tersebut, kemudian remas-remaslah pare yang sudah diberi garam tersebut hingga pare lemas. Lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit, setelah itu cuci pare sampai bersih dengan menggunakan air mengalir. Selanjutnya, pare siap untuk dimasak sesuai dengan selera.

Selain cara sebagaimana diatas, sebenarnya menghilangkan rasa pahit pada pare juga bisa dengan cara merebus pare dengan menggunakan air yang sudah ditambahkan garam. Rebus pare sampai setengah matang, selanjutnya tiriskan sampai air rebusan pare habis. Pare sudah siap dimasak sesuai dengan selera. Mudah bukan ?

Baca Juga :  Berbagai Manfaat Tape Ketan dan Tape Singkong Bagi Kesehatan Tubuh

Buah sayur ini apabila masih muda, kulitnya keras, tidak berlubang, dan bila bijinya berwarna putih segar biasanya tidak terlalu pahit. Getah yang terdapat pada buah pare merupakan sumber utama rasa pahit, untuk itu pastikan getah pare bersih sebelum dimasak.

Mudah-mudahan tips sederhana menghilangkan rasa pahit dari sayur pare ini bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *