Tips Sederhana Mengusir Perasaan Yang Lagi Galau

Sebagai mahkluk sosial manusia pasti pada saat tertentu mengalami suasana hati yang galau, ingin marah, ngambek, dan lain sebagainya. Perasaan yang tiba-tiba muncul tersebut bisa disebabkan oleh persoalan dari internal maupun eksternal. Perasaan hati yang sedang tidak enak atau bad mood sebenarnya sesuatu hal yang sangat wajar karena manusia sesuai dengan kodratnya bukanlah makhluk yang sempurna, oleh karena itu para rohaniawan selalu memberikan petuahnya dengan kata-kata “SabaR” jika sedang menasehati seseorang yang sedang mengalami perasaan galau.

Nenek moyang dahulu kala, sebagaimana yang ditutur tinularkan melalui orang tua kita bahwa  mereka menyembuhkan diri dari perasaan tidak enak melalui berbagai cara, seperti bermeditasi, istirahat atau tidur yang cukup, mengunjungi tempat-tempat yang bisa menenangkan hati serta masih banyak cara lain yang sudah turun temurun diwariskan kepada kita sebagai anak cucunya.

Secara emosional apabila kita sedang mengalami kegalauan hati atau bad mood maka segeralah melakukan hal-hal yang bisa segera mengembalikan rasa senang agar rasa galau tidak menjadi sesuatu yang merugikan seperti malas beraktifitas. sesuatu yang positif jika bisa membuat hati menjadi tenang kembali dengan menangis maka menangislah sepuasnya agar kegalauan bisa hilang, atau curhat kepada orang lain yang dipercaya agar beban yang terpendam bisa keluar dan terbebas dari penyebab kegalauan hati tersebut, selalu berfikir yang positif dan beraktifitas yang positif juga bisa mengembalikan perasaan hati yang sedang galau, dan berpola hidup sehat juga bisa mengeluarkan dengan segera perasaan galau yang sedang melanda.

Seiring dengan perkembangan jaman, kini apabila perasaan tidak enak atau bad mood sedang menyerang, sebaiknya jangan dibiarkan karena bisa berujung dengan emosi yang tidak terkontrol atau perasaan malas untuk melakukan aktivitas. Selain cara-cara yang telah diturunkan oleh nenek moyang dalam mengatasi bad mood serta malas beraktifitas sebagaimana diatas, sebenarnya ada cara lain dalam mengatasi perasaan malas tersebut dengan mengkonsumsi berbagai makanan.

Baca Juga :  Tips Sederhana Merawat Kesehatan Lansia Agar Tetap Bugar

Berikut ini berbagai jenis makanan yang bisa memperbaiki suasana hati ketika sedang tidak enak, antara lain ;

1. Coklat
Penelitian menunjukkan bahwa dengan makan coklat ternyata sangat ampuh untuk mengurangi kadar kortisol dan katekolamin dalam tubuh. Kedua hormon tersebut merupakan pemicu stres yang membuat manusia menjadi malas beraktifitas.

2. Daging Kelapa
Kelapa diketahui ternyata mengandung asam lemak yang sangat baik untuk mendukung kesehatan otak dan suasana hati. Buah ini memiliki rasa manis alami dan ketika perasaan sedang tidak enak maka segera makanlah daging kelapa agar perasaan tidak enak tersebut segera sirna, hal ini telah dipercaya oleh sebagian masyarakat nusantara bahwa dengan makan kelapa bisa membuat perasaan menjadi lebih baik.

3. Bayam
Ternyata sayuran ini juga cukup ampuh untuk menenangkan suasana hati yang galau, dengan adanya kandungan zat besi yang cukup tinggi serta berbagai zat yang baik dalam sayuran ini, selain bisa mencegah anemia dipercaya juga bisa dijadikan makanan anti stress.

4. Telur
Telur yang memiliki kandungan asam lemak omega 3 juga cukup baik untuk menenangkan suasana hati.

5. Tomat
Tomat mengandung likopen, yaitu senyawa antioksidan yang cukup kuat serta memiliki fungsi menakjubkan untuk memperbaiki suasana hati yang buruk. Kita bisa juga menambahkan minyak zaitun ke dalam salad tomat yang akan dikonsumsi demi meningkatkan penyerapan likopen dalam usus agar segera mudah diserap oleh sistem pencernaan tubuh.

6. Madu
Madu ternyata mengandung senyawa kaempferol dan quercetin yang bisa bermanfaat membuat otak jadi tetap sehat serta menghindarkan seseorang dari depresi. Madu memiliki rasa manis alami yang aman sehingga dijamin tidak membuat lonjakan gula darah.

7. Yogurt
Makanan yang banyak mengandung kalsium ini selain sangat baik untuk mendukung kesehatan sistem pencernaan, ternyata dengan makan yogurt bisa juga berguna untuk melepaskan neurotransmitter di otak. Sehingga perasaan senang akan segera kembali bangkit seiring menurunnya kadar neurotransmitter tersebut.

Baca Juga :  Berbagai Tumbuhan Penambah Nafsu Makan

Selain mengkonsumsi berbagai jenis makanan diatas untuk mengusir rasa malas tersebut,  kita juga bisa minum yang hangat seperti teh hangat, jahe hangat, susu hangat atau susu jahe hangat. Namun apabila dari berbagai cara diatas belum mampu mengembalikan suasana hati yang galau dan adanya potensi malas yang berkelanjutan sebaiknya segera hubungi dokter agar tidak memicu penyakit yang lebih serius. Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *