Tips Sederhana Mengusir Ular Dari Rumah

Ular adalah salah satu reptil bersisik tanpa kaki yang bisa menjelajah kemana saja dan bahkan bisa memanjat ke atap atau pohon untuk mencari mangsa, reptil ini banyak dijumpai di sekitar rumah terutama di lingkungan perkampungan yang banyak dikelilingi semak belukar. Mencegah ular masuk ke pekarangan rumah lebih baik daripada mengusir ular yang sudah terlanjur masuk rumah apalagi membunuhnya.

Hewan ini sebenarnya tidak mengganggu manusia jika keberadaanya tidak merasa terancam namun umumnya ketika kita menjumpai hewan ini dimana saja apalagi di dalam rumah maka akan menimbulkan kepanikan, bukan ?  jika  kepanikan tersebut secara berlebihan tentu akan mengganggunya sehingga akan menimbulkan rasa tidak aman yang mengakibatkan bisa fatal bagi manusia karena ular secara spontan akan menggigit dan mengeluarkan bisa atau racun yang bisa membahayakan dan bahkan berujung kematian.

Mencegah, agar ular tidak menyambangi rumah atau pekarangan tentu lebih baik daripada mengusirnya apalagi membubuhnya karena hewan melata yang satu ini akan mendatangi tempat-tempat yang biasanya tersedia makanan dan tempat-tempat yang lembab.

Berbagai tips sederhana untuk mengetahui ular telah menyaambangi pekarangan atau rumah antara lain adalah ;

1. Memelihara Kucing
Kucing termasuk salah satu hewan yang sensitif terhadap predator atau hewan lain yang merasa terancam sehingga kucing akan berteriak jika mendapati ular yang sedang beredar di sekitarnya.

2. Memelihara Burung Kicauan
Burung yang merasa terancam oleh predator akan tersinggung dengan suaranya yang melengking tinggi sehingga kita bisa mengetahui lebih dini akan kehadiran predator yang datang disekitar kita sehingga kita bisa mengusirnya dengan cepat.

3.Usir Penyebab Datangnya Ular
Faktor yang menyebabkan ular nyaambangi pekarangan atau rumah kita antara lain karena adanya suhu lembab dan adanya makanan yang di incarnya yaitu tikus atau hewan lain, oleh karena itu untuk menjaga agar ular tidak nyaambangi pekarangan dan rumah sebaiknya menjaga kebersihan semaksimal mungkin .

Baca Juga :  Tips Menetralisir Efek Negatif Setelah Makan Daging Kambing Bagi Kesehatan

Selama ini kita percaya bahwa untuk mengusir ular dengan cara menaburkan garam dapur , namun ternyata mitos tersebut adalah SALAH karena ular tidak takut dengan garam dapur dan yang takut dengan garam dapur adalah jenis hewan yang berlendir sementara ular bukan katagori hewan yang berlendir. Garam dapur memang cukup efektif untuk mengusir jenis hewan yang berlendir saja.

Ular termasuk salah satu hewan yang memiliki indera penciuman yang sensitif terhadap bau dan asap sehingga adanya bau yang menyengat akan dijauhi oleh hewan melata yang cukup berbahaya jika menggigit karena memiliki bisa yang mematikan termasuk pada manusia.

Namun, jika kita mendapati ular yang masuk ke pekarangan atau rumah tidak usah panik dengan beraksi yang berlebihan, karena kita bisa mengusirnya dengan menggunakan berbagai macam cara yaitu dengan memanfaatkan apa saja yang ada di sekitar kita antara lain adalah menggunakan ;

1. Wangi-wangian atau Parfum
Salah satu kelemahan ular adalah bau-bauan yang menyengat dan jika kita mendapati ular yang sedang berada di dalam rumah maka salah satu cara mengusirnya adalah dengan menyemprotkan parfum apa saja yang kita jumpai di sekitar area untuk menggiring ular pergi.

2. Pembersih Lantai atau Toilet
Bahan tersebut selain mengandung kimia yang bisa membunuh bakteri juga memiliki aroma yang sangat menyengat sehingga ular yang sensitif terhadap bau-bauan yang menyengat akan pergi dari rumah, caranya adalah dengan menyiramkan cairan tersebut ke tubuh ular dengan sangat hati-hati dan waspada karena bisa saja ular akan menyerang balik, tubuh ular yang terkena cairan tersebut akan menimbulkan efek panas pada tubuhnya dan menjadikan ular akan kehilangan tenaga dan akan pergi dengan perlahan-lahan oleh karena itu sebaiknya rumah diusahakan selalu dalam kondisi bersih sehingga akan menjadikan salah satu pencegah terhadap hewan yang cukup berbahaya tersebut memasuki rumah kita.

Baca Juga :  Tips Sederhana Berhemat Saat Pandemi

3. Kapur Barus
Aroma yang ditimbulkan dari kapur barus juga sangat menyengat sehingga kapur barus termasuk salah satu bahan yang efektif untuk mengusir ular yang masuk rumah kita. Caranya adalah kita cukup melemparkan kapur barus disekitar ular maka hewan melata tersebut akan merasa tidak nyaman dan pergi. Cara ini membutuhkan kesabaran karena ular tidak langsung pergi namun bahan yang satu ini bisa mengusirnya dengan perlahan dan cukup efektif.

4. Bawang
Bawang, baik bawang putih maupun bawang merah termasuk salah satu bahan yang cukup efektif untuk mengusir ular karena bawang mengandung asam sulfonat yang cukup dibenci oleh ular, sehingga jika kita menjumpai ular berada dalam rumah maka cukup dengan melemparkan bawang yang sudah dihancurkan karena bawang juga memiliki aroma yang cukup menyengat yang bisa mengusir ular dengan cepat.

5.Bubuk Belerang
Seperti diketahui bahwa aroma dari bubuk belerang memiliki aroma yang sangat menyengat sehingga manusia yang menariknya pun akan merasa sesak napas, demikian juga dengan hewan termasuk ular yang menarik aroma dari bubuk belerang bisa dipastikan akan segera pergi, oleh karena itu jika menjumpai ular yang ada di rumah segera ambil bubuk belerang dan taburkan dengan hati-hati ke ular agar segera pergi.

6. Pengasapan
Ular termasuk salah satu hewan yang memiliki indera penciuman yang sensitif terhadap bau dan asap, untuk itu jika kita menemukan ular yang berada disekitar rumah maka cara mengusirnya adalah dengan membuat asap.

Demikian tips sederhana untuk mengusir ular yang menyambari rumah kita dengan cara yang aman. sederhana tanpa membunuhnya. Semoga bermanfaat ! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *