Tips Sederhana Menjadikan Bau Mulut Segar Agar Nyaman Dalam Pergaulan

Tips Sederhana Menjadikan Bau Mulut  Segar Agar Nyaman Dalam Pergaulan

Banyak kita jumpai ketika sedang asyik mengobrol dengan seseorang menjadi kurang mood karena bau mulut dari patner ngobrol kita, tidak usah membahas orang lain tapi kita saja, andaikan yang mengeluarkan bau mulut tidak sedap itu dari mulut kita ? Bisa jadi patner ngobrol kita bisa kabur kan ? Memperbaiki bau mulut secara menyeluruh sebenarnya tergantung pada apa penyebabnya. Dalam 80 hingga 90 persen dari persoalan tersebut, karena diakibatkan ada sesuatu di dalam mulut, bisa akbibat sisa makanan yang ada dalam mulut kita. Plak gigi, sebagai bakteri yang hampir tak terlihat dan terus-menerus terbentuk di mulut kita, yang menjadi faktor utama bau mulut. Penyebab lainnya seperti gigi yang berlubang dan penyakit gusi, juga menjadi faktor penyebab terjadinya bau mulut yang tidak sedap.

Terkadang, bau mulut disebabkan oleh sesuatu di paru-paru atau saluran pencernaan atau sistemik (bodywide) infeksi. Namun, makan makanan yang berbau bawang putih adalah salah satu penyebab paling umum. Bau yang kuat dari makanan semisal bawang putih, bawang merah dan alkohol yang dibawa melalui aliran darah dan dihembuskan oleh paru-paru. Bau mulut yang paling terasa adalah bau mulut akibat merokok.

Faktor lain yang menyebabkan bau mulut, yang jelas masalah kesehatan, seperti infeksi sinus atau diabetes (yang mungkin memberikan nafas bau kimia), dapat juga menyebabkan bau mulut.

Simak tips sederhana berikut ini agar nafas kita segar dan tidak berbau yang mengakibatkan patner ngobrol tidak nyaman, diantaranya adalah ;

  1. Jaga mulut kita agar tetap bersih
    Menjaga mulut tetap bersih, berarti kita harus senantiasa memperhatikan kebersihan mulut secara menyeluruh,mulai menyikat dua kali sehari dan flossing secara teratur. Karena makanan dan bakteri yang terperangkap di antara gigi dan pada garis gusi sebagai faktor bau mulut.

  2. Bersihkan lidah
    Membersihkan lidah juga dari bakteri yang tertinggal di lidah dapat berkontribusi juga sebagai penyebab bau nafas yang kurang sedap. Berkumurlah sebanyak mungkin setelah kita menyikat gigi agar benar-benar tidak ada kotoran sisa makanan yang tertinggal.

  3. Basahi mulut
    Mulut yang kering dengan cepat dapat menyebabkan bau mulut. Saliva membantu membersihkan mulut kita mereka memiliki aksi antibakteri alami dan menyapu partikel makanan. Bau mulut yang sangat tidak sedap usai bangun tidur itu adalah hasil dari berkurangnya aliran air liur di malam hari.

  4. Kumuri mulut
    Pastikan usai memakan makanan apapun, untuk melakukan berkumur dengan air sebanyak mungkin. Dengan berkumur tentunya akan mengeluarkan sisa-sisa makanan yang menyebabkan bau mulut.

  5. Menguyah piterseli
    Mengunyah piterseli atau spearmint sebenarnya tidak akan menyembuhkan bau mulut kita, akan tetapi aroma rempah yang ada dapat membantu untuk menutupi bau mulut sementara waktu.

  6. Memakan sayuran
    Makanan yang membantu melawan plak gigi dapat juga membantu mengurangi bau mulut. Sayur-sayuran segar seperti seledri, wortel, kacang-kacangan, kol, daun kemangi dan lain sebagainya yang biasanya dijadikan lalapan juga bisa kita jadikan camilan untuk mengurangi bau mulut.

Baca Juga :  Tips Sederhana Menjadikan Bau Mulut Tetap Segar Walaupun Sedang Berpuasa

Demikian tips sederhana untuk menjadikan nafas kita segar dan terhindar dari bau mulut, dengan mulut yang segar patner ngobrol kita juga senang dan rezeki semakin lancar. Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *