Tips Sederhana Menjadikan Bau Mulut Tetap Segar Walaupun Sedang Berpuasa

Ibadah puasa ramadhan merupakan salah satu rukun islam yang wajib dikerjakan oleh seorang muslim selama sebulan penuh. Pada saat menjalankan ibadah puasa umumnya bau mulut menjadi tidak sedap, hal ini sebenarnya sudah lazim terjadi dan bahkan para ulama menyampaikan bau mulut orang yang lagi berpuasa nanti di akhirat akan diganti dengan bau harum dari minyak kasturi.

Walaupun bau mulut sudah menjadi ciri khas utama bagi seorang muslim yang menjalankan kewajiban ibadah puasa bukan berarti bau mulut yang tidak sedap tersebut dibiarkan begitu saja, karena efek bau mulut yang tidak sedap tentu akan menjadikan suasana dalam pergaulan menjadi sangat mengganggu. Oleh karena itu menjadikan bau mulut dari tidak sedap menjadi segar baik pada saat berpuasa maupun tidak berpuasa akan sangat menyenangkan pada teman ngobrol.

Banyak sekali faktor yang mengakibatkan bau mulut menjadi tidak sedap apalagi pada saat menjalankan ibadah puasa, antara lain seperti ;

1. Sakit gigi
Gigi yang sedang sakit disebabkan adanya bakteri pada gigi yang berlubang sehingga menimbulkan bau mulut yang tidak sedap.

2. Gigi yang kurang bersih
Gigi yang sehat pun apabila kurang perawatan atau jarang menggosok gigi akan menimbulkan bau mulut yang tidak sedap, hal ini terjadi karena adanya sisa-sisa makanan yang masih tertinggal di sela-sela gigi yang jarang dibersihkan.

3. Makanan yang dikonsumsi
Bau mulut yang tidak sedap juga bisa diakibatkan oleh makanan yang dikonsumsi, seperti makan jengkol, pete dan lamtoro. Jenis-jenis makanan tersebut walaupun memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan namun menimbulkan bau mulut yang tidak sedap apalagi jika jenis makanan tersebut dikonsumsi saat makan sahur.

Baca Juga :  Yuk...! Mengenali Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan

4. Kebiasaan buruk m3rokok
Seseorang yang memiliki kebiasaan buruk m3rokok sudah tentu bau mulutnya tidak sedap karena asap yang tertinggal dalam mulut dan bercampur dengan bakteri dari sisa-sisa makanan akan memperparah bau mulut.

5. Minuman beralkhohol
Selain kebiasaan buruk m3rokok, meminum minuman keras atau alkhohol juga termasuk salah satu yang menjadikan bau mulut menjadi tidak sedap. Bau mulut akibat meminum minuman keras menjadikan teman ngobrol akan sangat terganggu karena bau mulut yang tidak sedap tersebut bisa mengakibatkan teman ngomrol menjadi pusing kepala.

Bau mulut yang tidak sedap bagi seorang muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa sebenarnya bisa diminimalisir dengan cara yang sederhana namun harus rutin dilakukan. Selain menghindari dari berbagai jenis makanan yang memang menjadi pemicu bau mulut sebagaimana di atas, bau mulut yang tidak sedap pada saat berpuasa bisa dikurangi bahkan dihilangkan dengan berbagai cara, seperti ;

1. Menghindari minuman manis
Salah satu cara untuk menghilangkan bau mulut yang tidak sedap pada saat menjalankan ibadah puasa adalah dengan menghindari minum-minuman manis pada saat makan sahur karena makan-makanan atau minuman manis menjadi pemicu utama bau mulut yang tidak sedap pada saat puasa.

2. Hindari kebiasaan buruk m3rokok
Kebiasaan buruk m3rokok pada saat menjelang imsak merupakan kebiasaan yang sering dilakukan oleh mereka yang kecanduan nikotin, oleh karena itu untuk mengurangi dan bahkan menghilangkan bau mulut yang tidak sedap tersebut salah satu tipsnya adalah tidak m3rokok setelah makan sahur.

3. Sikat gigi
Sisa-sisa makanan dari makan sahur apabila tidak dibersihkan maka akan memicu bau tidak sedap pada siang hari, oleh karena itu membiasakan menggosok gigi setelah makan sahur menjadi salah satu syarat yang harus dilakukan agar sisa-sisa makanan yang terdapat dalam sela-sela gigi menjadi bersih dan tidak memicu bau mulut tidak sedap.

Baca Juga :  Berbagai Jenis Makanan Alami Untuk Menyembuhkan Radang Tenggorokan

4. Berkumur
Meskipun gigi sudah di gosok dengan bersih namun apabila masih ada sisa-sisa sedikit makanan yang tertinggal akan memicu bau mulut yang tidak sedap, untuk itu setelah menggosok gigi berkumurlah dengan air hangat yang di campur dengan garam agar sisa-sisa makanan yang masih tertinggal di mulut tidak menimbulkan bakteri yang menjadi pemicu bau mulut yang tidak sedap. Selain air garam kita juga bisa berkumur dengan air cengkeh agar bau mulut menjadi segar pada siang hari saat menjalankan ibadah puasa.

5. Minum air jeruk lemon
Setelah makan sahur dan gigi sudah dibersihkan dengan menggosok gigi sebersih mungkin, agar bau mulut menjadi segar pada siang hari saat menjalankan ibadah puasa kita bisa membiasakan meminum jeruk lemon hangat tanpa gula.

Bau mulut yang segar tentu menjadikan kita lebih percaya diri ketika ngobrol dengan siapapun karena dengan bau mulut yang segar patner ngobrol tidak terganggu. Mudah-mudahan tips sederhana menjadikan bau mulut tetap segar walaupun sedang menjalankan ibadah puasa ini bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *