Tips Sederhana Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Segar Bugar

“Akal yang sehat terletak pada tubuh yang sehat pula”

Filosofi diatas artinya jika kita ingin hidup yang sehat dimulai dari akal pikiran yang sehat, sementara agar akal pikiran kita tetap sehat wajib menjaga kondisi tubuh untuk selalu sehat. Penyakit umumnya timbul dari diri manusia itu sendiri, kalau seseorang ingin hidup sehat tentu harus mengikuti pola hidup yang sehat sehingga daya tahan tubuh tetap stabil. Daya tahan tubuh yang selalu stabil merupakan kunci utama agar akal pikiran tetap sehat. Daya tahan tubuh yang kuat menjadikan modal utama seseorang sehingga memiliki kemampuan untuk beraktivitas dan menghadapi berbagai virus maupun bakteri yang menyerang. Ketika daya tahan tubuh kita dalam kondisi prima maka kita tidak akan mudah terserang berbagai macam penyakit. Begitu pula sebaliknya, jika kondisi daya tahan tubuh kita lemah maka tubuh kita akan mudah terserang berbagai macam penyakit.

Daya tahan tubuh menurun biasanya ditandai ketika selesai beraktivitas, kondisi tubuh akan terasa lelah yang berlebihan. Kalau sudah dalam kondisi seperti itu, sebaiknya segeralah beristirahat dan berhenti berkativitas sebelum penyakit menyerang tubuh. Kondisi tubuh yang selalu sehat merupakan rezeki yang luar biasa dari Tuhan karena dengan kondisi tubuh yang selalu prima dan jarang sakit kita bisa beraktivitas secara maksimal.

Kesehatan merupakan sesuatu yang mahal karena jika sakit seseorang pasti akan banyak biaya yang harus dikeluarkan. Sebagai bentuk rasa bersyukur kita kepada Tuhan atas nikmat yang diberikan berupa kesehatan, maka salah satu cara adalah dengan kita menjaga kesehatan tubuh sebaik-baiknya dengan cara yang alami. Bukan berarti kita tidak butuh tabib atau dokter, tenaga medis serta peralatan medis yang kini cungkup canggih marilah kita gunakan hanya untuk check up saja untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh. Jangan sampai kita di vonis sakit oleh tenaga medis apalagi dikategorikan sakit berat, karena dengan vonis itu tentu akan menguras harta benda yang selama hidup dikumpulkan.

Baca Juga :  Efek Negatif Kebanyakan Makan Durian Serta Tips Sederhana Menatralisirnya

Berikut tips sederhana untuk menjaga kondisi daya tahan tubuh kita agar tetap stabil sampai tua renta, antara lain ;

1. Rajin Berolah Raga
Melakukan olah raga rutin memberikan dampak positif terhadap kesehatan karena dengan berolah raga keringat akan keluar dan tergantikan oleh yang baru. Dengan proses tergantikannya sel-sel baru tersebut tentu akan membantu sistem kekebalan tubuh menangkis berbagai macam penyakit. Sebagai contoh (maaf) bagi pekerja berat seperti kuli bangunan, kuli angkut atau apapun profesi pekerjaan yang selalu mengeluarkan keringat maka tubuh mereka akan senantiasa sehat dan jarang terserang penyakit karena sirkulasi peredaran darah yang lancar. Namun apabila rutinitas tersebut berhenti dalam waktu yang lama mereka akan gampang terserang berbagai macam penyakit. Kata kuncinya adalah rajin berolah raga berarti menjadikan kondisi tubuh akan selalu teratur sirkulasi peredaran darahnya sehingga keringat akan keluar secara alami dan rutin.

2. Sinar Matahari
Untuk menjaga stabilitas daya tahan tubuh selain berolah raga rutin, paparan sinar matahari khususnya pada pagi hari juga sangat dibutuhkan oleh sistem tubuh kita. Sebagai contoh apabila kita memelihara burung dalam sangkar yang jarang terkena sinar matahari maka burung peliharaan tersebut akan nampak kusut dan kurang sehat, berbeda dengan burung liar yang selalu terkena paparan sinar matahari yang selalu sehat dan indah bulunya. Demikian pula dengan manusia, seseorang yang dalam aktivitas sehari-harinya terkena paparan langsung oleh sinar matahari akan senantiasa sehat karena sinar matahari akan memicu produksi vitamin D yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Adapun paparan sinar matahari yang terbaik bagi kesehatan tubuh adalah pada pagi hari, oleh karena itu berolah raga di pagi hari yang terpapar langsung sinar matahari pagi sangat baik bagi kesehatan tubuh.

3. Istirahat Secukupnya
Olah raga rutin pada pagi hari yang terkena paparan langsung sinar matahari belum cukup untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit. Istirahat yang cukup merupakan sesuatu yang sangat penting juga karena kurangnya istirahat akan mengakibatkan daya tubuh menurun dan mudah terserang berbagai penyakit. Tidur yang ideal menurut medis adalah selama 7-8 jam perhari, apabila seseorang dalam waktu istirahat tidurnya kurang dan berlangsung dalam waktu yang lama akan beresiko mudah terserang penyakit karena saat tidur tersebut sel-sel darah kotor atau bakteri yang masuk dalam tubuh akan dikeluarkan oleh sistem tubuh. Sehingga bangun tidur seluruh organ tubuh akan segar kembali, untuk itu memperhatikan waktu istirahat yang cukup juga harus menjadi prioritas agar kondisi kesehatan tubuh tetap segar bugar.

Baca Juga :  Tips Mengeluarkan Racun Tubuh Akibat Pencemaran Polusi Udara

4. Mengatur Pola Makan
Hidup sehat ditentukan oleh pola makan yang teratur, dengan mengkonsumsi empat sehat lima sempurna setiap hari akan menjadikan tubuh mendapat asupan gizi yang cukup sehingga menjadikan kondisi tubuh tetap sehat. Pola makan yang tidak teratur walaupun yang dikonsumsi memenuhi kriteria sebagaimana tersebut, bisa mengakibatkan rentan terhadap serangan penyakit khususnya maag. Untuk itu pola makan yang teratur serta memenuhi kandungan gizi sesuai kebutuhan tubuh harus selalu diperhatikan, mengkombinasi berbagai asupan makanan setiap hari juga diperlukan terlebih bahan makanan yang banyak mengandung unsur antioksidan sehingga kondisi tubuh selain tetap fit akan tetap nampak awet muda.

5. Lingkungan Yang Segar
Berbagai upaya untuk tetap segar bugar sebagaimana diatas, akan sia-sia manakala kita tinggal dilingkungan yang polusi udaranya sudah akut, kondisi air yang kita minum tercemar oleh berbagai logam berat, dan dilingkungan kumuh. Nah bagi yang kebetulan berada pada kondisi tersebut sebaiknya dipikirkan untuk secara rutin menyegarkan kondisi organ tubuh seperti paru-paru dengan mengunjungi tempat yang memiliki oksigen yang baik seperti mengunjungi gunung dan pantai terdekat. Selain menjadikan tubuh terasa fres, tentu dengan lingkungan yang kondisi oksigenya bagus akan membuat akal pikiran juga menjadi segar dan menurunkan stress.

6. Berfikir Positif
Timbulnya berbagai macam penyakit umumnya dimulai dari kebiasaan buruk yang dilakukan oleh seseorang itu sendiri, untuk itu mulailah berpikir positif tentang apa yang kita lakukan saat ini merupakan investasi yang akan kita petik dikemudian hari. Seseorang yang diusia muda gemar dengan makanan yang mengandung kolesterol tinggi maka suatu saat akan mengalami penyakit kolesterol, seseorang yang saat ini menyukai yang manis-manis niscaya suatu saat akan panen penyakit gula atau diabetes, seseorang yang pola makannya tidak teratur akan mengalami maag, seseorang yang memporsir tenaganya dalam bekerja maka suatu saat akan mudah jatuh sakit, seseorang yang gemar dan rutin mengkonsumsi suplemen yang berlebihan setiap hari maka akan merusak ginjalnya sendiri dan seterusnya. Oleh karena itu dengan berpikiran positif artinya kita mengenal dan memahami bahwa apa yang kita lakukan akan berakibat di suatu hari. Kalau ingin tetap sehat sampai tua renta maka mulailah menggunakan akal pikiran untuk diarahkan ke sana sehingga berbagai penyakit yang umumnya datang di usia senja akan terhindar. Semua dikembalikan pada akal pikiran masing-masing ! Mau hidup sampai tua renta dengan sehat walafiat atau masih muda sudah sakit-sakitan ???

Baca Juga :  Tips Sederhana Menambah Dan Menghapus Akun Google Di HP Android Lenovo

Usia senja, kesehatan merupakan sesuatu yang sangat penting bahkan lebih penting dari harta bendanya, karena harta menumpuk tidak bisa dinikmati kalau kondisi tubuh sedang sakit. Dengan menyadari tentang apa yang kita lakukan saat ini akan berakibat dikemudian hari maka kita akan menyadari bahwa kalau kondisi tubuh ingin senantiasa sehat sampai tua renta, kita harus menjaga diri agar daya tahan tubuh tersebut tetap stabil sebagaimana diatas.

Mudah-mudahan artikel ini menjadikan isnpirasi untuk menjaga kesehatan diri kita masing-masing sampai kapan pun sehingga tubuh kebal terhadap serangan berbagai penyakit. Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *