Tips Sederhana Menjinakan Berbagai Jenis Burung Liar

Burung termasuk jenis unggas yang paling dekat serta digemari oleh manusia karena keindahan akan bulu dan kemerduan suaranya. Ada beberapa keluarga jenis burung yang bisa di jinakkan dengan mudah diantaranya adalah keluarga burung Paruh Bengkok seperti love bird, burung Pemakan Buah, seperti kutilang, cucak hijau dan trucukan. Pemakan Serangga, diantaranya jalak, burung hantu, murai, kacer dan masih banyak keluarga burung lain yang bisa dijinakkan. Bagaimana cara menjinakk burung liar ya ? simak tips sederhana berikut ini:

Langkah langkah yang harus dikerjakan adalah

  1. Persiapkan burung yang mau dijinakan

Tahap awal adalah bagi pemula sebaiknya dengan memilih jenis burung yang mau di jinakkan yaitu dengan menyiapkan burung yang masih anakan karena akan lebih mudah di jinakkan daripada burung tangkapan liar. Namun disini kita akan membahas burung liar dari hasil tangkapan liar yang akan kita jinakkan sehingga akan mendapatkan sensasi atau tantangan tersendiri bila bisa kita lakukan, baik untuk sekedar uji coba menjinakan maupun dijadikan sebagai bisnis yang cukup menggiurkan karena burung yang sudah jinak tentu akan meningkatkan harga dibanding burung yang masih liar.

  1. Semprot burung secara rutin

Pada waktu pagi hari burung yang mau dijinakkan dibiasakan dengan di embun–embunkan untuk memancing burung agar berbunyi, setelah matahari mulai bersinar letakkan sangkar burung di lantai atau halaman yang terpapar matahari kemudian siapkan makanan burung secukupnya dan jangan lupa ganti air minum dengan yang baru untuk menghindari virus agar burung tetap sehat, setelah itu semprot burung dengan halus sampai basah kuyup, kemudian jemur atau letakkan burung dibawah terik matahari, kebiasaan ini harus dilakukan tiap pagi dan sore hari selagi matahari sudah atau masih bersinar. Kebiasaan ini apabila dilakukan secara rutin selama beberapa bulan akan membuat burung menjadi lebih cepat  jinak.

  1. Pancing burung dengan EF ( ekstra fooding )
Baca Juga :  Mengenal 10 Manfaat Minum Kopi Bagi Kesehatan

Setelah dijemur dibawah terik matahari, burung di angin-anginkan dan diletakkan pada gantangannya, kemudian siapkan lidi dan tancapkan EF (ekstra fooding ) seperti jangkrik atau ulat, lalu pancing burung dengan mendekatkan EF tersebut sehingga burung akan merasa membutuhkan kita karena makanan EF yang cara memberikannya tidak secara langsung tersebut. Hal ini dimaksudkan agar jika burung liar dalam kondisi lapar akan segera mematuk EF dari jangkrik atau ulat yang kita berikan dengan bantuan lidi tersebut dan secara perlahan mulailah memberikan EF langsung atau ditaruh di telapak tangan agar burung terbiasa dengan kita dan kebiasaan ini jika dilakukan secara terus menerus akan menjadikan burung menjadi akrab dengan pemiliknya alias jinak.

  1. Pegang sangkar burung sesering mungkin

Selain memberikan makanan EF secara langsung sebagaimana diatas,  usahakan sesering mungkin mendekat atau memegang sangkar burung dan dibawa jalan-jalan supaya mudah beradaptasi dan melatih mental burung terbiasa dengan manusia atau burung yang lain

  1. Taruh dikeramaian

Supaya mudah beradaptasi dengan manusia atau lingkungan sekitarnya yang baru, maka letakkanlah burung di tempat yang ramai, bisa di pinggir jalan, pasar tempat-tempat umum, atau pun pasar burung terdekat untuk mencoba mentalitas dan dekatkan burung ke kerumunan burung sejenis yang sudah jinak.

Demikian tips sederhana ini yang mungkin bisa dijadikan rujukan bagi para penggemar dan penghobi burung khususnya burung liar atau muda hutan. Selamat mencoba semoga berhasil kawan…..

2 Comments on “Tips Sederhana Menjinakan Berbagai Jenis Burung Liar”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *