Tips Sederhana Menumbuhkan Kembali Rambut Kepala Yang Rontok Secara Alami

Rambut merupakan mahkota yang sangat berharga dan lebih baik menjaganya daripada membiarkannya yang berakibat fatal yaitu kebotakan. Menjaga rambut tetap tumbuh subur sampai usia senja tentu lebih mudah daripada menumbuhkan kembali rambut kepala yang telah lama rontok alias botak. Banyak sekali faktor yang menyebabkan rambut rontok seperti faktor keturunan, kurangnya perawatan, penyakit lain yang menyebabkan rambut rontok dan banyak lagi penyebab sehingga seseorang mengalami kebotakan.

Kalau diantara kita mengalami kebotakan karena faktor kurangnya perawatan rambut kepala pada usia muda, silahkan simak dan coba lakukan tips sederhana dibawah ini agar rambut kepala kembali tumbuh normal secara alami. Namun yang menjadi kunci kesuksesan dari tips dibawah ini adalah kesabaran dan ketelatenan untuk menjalankannya. Adapun tips sederhana secara alami dan cukup ampuh untuk menumbuhkan kembali rambut kepala yang botak antara lain adalah ;

1. Daun-daunan
Daun yang perlu disiapkan adalah ;
10 lembar daun waru muda yang segar
Segenggam daun urang-aring
5 lembar daun mangkokan
1 lembar daun pandan
10 kuntum bunga melati, dan
1 kuntum bunga mawar
Setelah bahan tersedia lalu cuci yang bersih seluruh bahan, kemudian potong-potong bahan tadi dan masukkan ke dalam panci, tambahkan juga ½ cangkir minyak kelapa dan ½ cangkir minyak wijen, lalu panaskan sampai mendidih. Tunggu sampai dingin dan saringlah ramuan.
Cara pemakaian : Oleskan di kulit kepala yang botak sambil dipijit-pijit. Sebaiknya lakukan pada malam hari sebelum tidur dan esok harinya berkeramas. Lakukan hal ini minimal 2-3 kali seminggu agar rambut kembali tumbuh.

2. Buah Kemiri
Siapkan buah kemiri secukupnya, lalu cuci hingga bersih, setelah itu tumbuklah kemiri hingga halus. Tambahkan air secukupnya lalu rebus sampai keluar minyaknya.
Cara pemakaian : Oleskan minyak kemiri pada kulit kepala hingga merata khususnya bagian yang botak. Lakukan hal ini secara teratur 2 kali seminggu.

Baca Juga :  Efek Negatif Penggunaan Headset Pada Kesehatan Telinga

3. Jeruk Nipis dan Kuning Telor
Siapkan jeruk nipis lalu ambil airnya, oleskan air jeruk nipis tersebut pada bagian kulit kepala yang botak hingga merata. Setelah agak kering, oleskan juga kuning telur ayam kampung pada kulit kepala hingga merata. Kepala ditutup atau dibalut dengan handuk.
Cara pemakaian : Untuk mempercepat pertumbuhan rambut kepala, lakukan secara teratur minimal 2 kali sehari pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

4. Cabe Rawit
Rendam cabe rawit secukupnya dengan alkohol 75 % selama 14 hari, air rendaman tersebut dioleskan pada kulit kepala.
Cara pemakaian : Oleskan rendaman tersebut secara teratur minimal 2 kali sehari.

5. Seledri
siapkan seledri lengkap beserta tangkai secukupnya, lalu dicuci sampai bersih dan haluskan.
Cara pemakaian : Oleskan tumbukan seledri tadi ke kulit kepala sambil dipijat-pijat, minimal 3 kali sehari.

6. Daun Pare
Siapkan daun pare segar secukupnya lalu dicuci sampai bersih, kemudian haluskan dan peraslah.
Cara pemakaian : Gunakan air perasannya untuk keramas dan biarkan selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih. Lakukan hal ini setiap mandi baik di pagi hari maupun sore hari.

7. Lidah Buaya
Siapkan lidah buaya secukupnya dan kupas hingga bersih kulitnya.
Cara pemakaian : Gosokkan lidah buaya di kepala sampai merata dan biarkan selama beberapa jam, lalu bilas hingga bersih. Lakukan hal ini secara teratur minimal 3 kali dalam seminggu.

8. Rendaman Teh Kental
Siapkan teh secukupnya, kemudian rendamlah teh tersebut dengan sedikit air dan rendam minimal semalam.
Cara pemakaian : Basahilah kulit kepala dengan rendaman tersebut sambil dipijat secara merata dan biarkan beberapa saat, lalu bilas. Lakukan hal ini secara teratur minimal 3 kali seminggu.

Baca Juga :  Efek Negatif Kebanyakan Makan Durian Serta Tips Sederhana Menatralisirnya

Demikian tips sederhana cara menumbuhkan kembali rambut kepala secara alami, silahkan dipilih yang cocok atau sesuaikan dengan kondisi. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat khususnya bagi yang yang berkepala botak dan ingin kembali berambut gondrong …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *