Tips Sederhana Menyembuhkan Asam Lambung Secara Alami

Penyakit asam lambung memiliki gejala khas yang ditandai oleh rasa mual, mulas, kembung serta ketidaknyamanan perut setelah makan. Bila anda sering mengalami gejala tersebut, kemungkinan anda sedang menderita penyakit kelebihan asam lambung. Namun untuk memastikan sebaiknya anda perlu memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu. Kalau dokter menyatakan anda sedang menderita penyakit asam lambung, selain obat dari dokter, ada baiknya anda juga melakukan hal-hal yang secara alami bisa meredakan penyakit ini, ada beberapa cara sederhana untuk menurunkan asam lambung tanpa obat yang dapat kita lakukan, yakni :

  1. Mengurangi atau menghilangkan fikiran stres
  2. Usahakan tidur yang cukup yakni ± 8 jam pada malam hari
  3. Usahakan makan teratur dengan tiga kali makan dalam sehari
  4. Hindari makanan pedas
  5. Hindari minuman yang mengandung kafein dan sejenisnya
  6. Hindari minuman yang beralkohol
  7. Berhentilah merokok

Adapun untuk pengobatannya secara sederhana dan alami adalah :

1. Buah Mentimun
Caranya adalah pilihlah Mentimun yang masih segar. Pastikan kulit mentimun masih berwarna hijau tanpa bintik-bintik kuning atau hitam. Buah Mentimun yang sudah berwarna kekuningan atau layu menunjukkan bahwa mentimun tersebut kurang segar.
Selanjutnya iris memanjang buah mentimun setebal kurang lebih 1 cm dan makan 2 potong setiap 2 jam untuk menyembuhkan kelebihan asam lambung anda.
Jangan lupa untuk mengupas kulit dan membuang biji mentimun untuk menjaga kesegaran dan kandungan nutrisinya.
Jika anda kurang menyukai mentimun dimakan secara langsung, anda dapat mencampurkan mentimun dengan bahan-bahan lain yang juga mempunyai khasiat meredakan asam lambung, seperti yogurt, wortel, mint atau bawang putih mentah.Yang penting bagaimana caranya agar buah mentimun dan buah sejenisnya bisa terkonsumsi secara rutin agar asam lambung segera reda.

Baca Juga :  Makanan Dan Minuman Yang Kurang Baik Dikonsumsi Pada Bulan Ramadhan

2. Kencur
Caranya adalah ambil kurang lebih 1 jari rimpangnya. Pilih rimpang yang baik dan dicuci bersih serta dikupas lalu kunyah dengan garam secukupnya.
Setelah dikunyah-kunyah dan terasa sudah halus, kencur ditelan saja, kemudian minum air hangat secukupnya. Lakukan hal ini 3 kali dalam sehari secara rutin.

3. Kacang Hijau
Caranya adalah dengan cara mengkonsumsinya, bisa dibuat bubur kacang hijau tapi tanpa pakai santan. Usahakan jangan terlalu lama memasaknya. Dengan mengkonsumsi bubur tersebut secara rutin baik pagi dan sore hari maka asam lambung perlahan juga akan sembuh. Lakukan hal ini sampai asam lambung anda benar-benar sembuh total.

4. Buah Pisang Raja
Caranya adalah pilihlah pisang yang sudah tua tetapi belum matang. Potong pisang tersebut kecil-kecil menyerupai keripik.
Jemur potongan tersebut dengan cara diangin-anginkan. Setelah kering, blender atau tumbuk hingga terlihat seperti tepung.
Adapun cara mengkonsumsinya anda cukup mencampurkan 2 sendok bubuk pisang tadi dengan madu asli, minumlah pada pagi dan malam hari sampai asam lambung anda reda.

5. Kunyit
Caranya adalah siapkan kurang lebih 2 jari rimpang kunyit atau secukupnya. Kupas dan bersihkan, kemudian diparut dan ditambah air matang secukupnya.
Parutan kunyit selanjutnya diperas, jangan lupa disaring pakai saringan kelapa atau pakai kain yang bersih. Minumlah perasan air kunyit tersebut 2 kali sehari pada pagi hari sebelum makan dan malam hari sebelum tidur.

Demikian tips sederhana dan alami untuk meredakan penyakit asam lambung anda, semoga bermanfaat !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *