Tips Sederhana Menyembuhkan Flu dan Pilek Secara Alami

Tips Sederhana Cara Mengobati Flu dan Pilek Secara Alami
Menjaga kesehatan atau kondisi tubuh agar tetap bugar tentu lebih baik daripada menyembuhkan, hal ini tentu akan mengurangi pengeluaran alias bisa ngirit anggaran pengeluaran baik untuk berobat ke dokter maupun beli obat-obatan. Perubahan musim dari musim kemarau ke musim hujan biasanya mengakibatkan kondisi kekebalan tubuh juga menurun, hal tersebut tentu sangat rentan timbulnya penyakit flu dan pilek yang terkadang juga disertai batuk-batuk, walaupun penyakit ini tergolong penyakit biasa dan bisa sembuh dalam beberapa hari, tentu akan sangat mengganggu aktivitas apalagi kalau jadwal pekerjaan sangat padat. Untuk itu dengan tetap menjaga kekebalan tubuh kita agar tetap stabil terhadap penyakit musiman tersebut, serta tidak bisa menjangkiti tubuh kita, maka menjaga agar kondisi tubuh tetap fit harus kita lakukan. Banyak sekali cara agar kondisi tubuh tetap fit dalam cuaca apapun seperti berolah raga yang teratur, makan teratur, istirahat yang cukup dan sebagainya. Namun apabila penyakit tersebut terlanjur menjangkiti kita maka untuk mengobati secara alami akan lebih baik daripada mengobatinya dengan obat kimia. Berikut tips sederhana menyembuhkan flu dan pilek secara alami, antara lain yaitu

1. Perbanyaklah minum air Putih

Dengan memperbanyak minum air putih tentu akan banyak sekali manfaatnya antara lain bisa menetralisir racun atau virus penyakit yang berada dalam tubuh kita. Untuk menjaga agar tubuh tetap bugar kita harus minum air putih setiap hari minimal 8 gelas.

2. Minumlah teh hangat

Minum teh hangat juga bisa membantu menyembuhkan flu dan pilek, minum teh hangat itu mampu membantu mengencerkan ataupun mengeluarkan ingus, keringat, dahak dan dehidrasi juga mampu melegakan tenggorokan.

Baca Juga :  Berbagai Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh Serta Efek Negatifnya

3. Istarahatlah yang cukup

Penyakit flu dan pilek akan menyerang pada orang yang memiliki kekebalan tubuhnya sedang menurun, jika tidak ingin terjangkit flu dan pilek maka kita harus menjaga sistem kekebalan tubuh, namun jika terlanjur terjangkit flu dan pilek maka segeralah menguatkan sistem kekebalan tubuh kita dengan cara beristirahat yang cukup.

4. Mengkonsumsi sayuran dan buah segar

Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat dalam sayuran dan buah berfungsi untuk menguatkan kembali kekebalan tubuh, sehingga virus plu dan pilek akan segera keluar dari tubuh kita.

5. Terapi penguapan

Terapi ini tergolong kuno namun tetap ampuh sampai saat ini untuk mengusir flu dan pilek, caranya adalah siapkan air panas dalam baskom atau panci yang dicampur dengan sedikit garam grosok/kasar kemudian pakailah kain sarung untuk menutup air hangat dalam tubuh, uap air panas yang menjalar pada tubuh kita tentu akan merangsang keluarnya keringat. Nah dengan keluarnya keringat, maka virus flu dan pilek tentu juga akan ikut keluar melalui keringat atau ingus, lakukan beberapa kali sampai sembuh.

6. Hiruplah aroma mentol/mint

Menghirup aroma-aroma yang berbau mentol atau mint, juga dapat membantu melegakan tenggorokan dan hidung yang mampet akibat terserang virus flu dan pilek.

7. Mandilah pagi hari

Mandi pada waktu subuh juga bisa membantu mengeluarkan ingus-ingus yang berada ditubuh kita khususnya yang berada di hidung dan tenggorikan. Oleh karena itu agar flu dan pilek segera kabur dari tubuh kita lakukan mandi subuh.

8. Konsumsilah makanan yang pedas

Dengan mengkonsumsi makanan yang pedas juga mampu mengeluarkan ingus yang berada ditubuh kita. Selain itu makanan yang memiliki rasa pedas umumnya juga mengandung banyak vitamin yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Baca Juga :  Efek Negatif Berlebihan Mengkonsumsi Makanan Berminyak Bagi Kesehatan

9. Konsumsilah rempah-rempah

Banyak sekali rempah-rempah yang bisa untuk menyembuhkan flu dan pilek, seperti jahe, kencur, kunyit, cengkeh, kayu manis, bawang putih, lada dan lain sebagainya. Pakailah rempah-rempah tersebut untuk meredakan flu serta pilek dan usahakan mengkonsumsinya dalam kondisi hangat. Caranya adalah rempah-rempah tersebut bisa dibuat wedang atau dicampurkan dengan makanan lain.

Tips sederhana untuk menyembuhkan flu dan pilek di atas juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap segar bugar, caranya adalah lakukan secara rutin salah satu atau beberapa tips di atas dalam sehari-hari agar kondisi tubuh tetap fit sehingga virus flu dan pilek tidak menjangkiti tubuh kita yang selalu fit saat pergantian musim tiba. Mudah-mudahan tips sederhana alami dan murah ini bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *