Tips Sederhana Menyembunyikan Foto dan Video di Perangkat Smartphone Android

Fitur handphone saat ini bukan saja berfungsi sebagai sarana komunikasi melalui percakapan (Voipe) atau pesan singkat (sms) saja, namun perangkat handphone yang sudah berbasis Android atau yang dikenal dengan Smartphone adalah perangkat yang sudah dilengkapi dengan banyak fitur yang beragam. Di antaranya, perangkat ini sudah bisa menjepret foto dengan kualitas yang cukup bagus serta mampu merekam baik secara audio maupun video.

Naahhh …! Apabila hasil jepretan atau video kita tidak ingin diketahui oleh orang lain karena berbagai alasan, mungkin itu adalah sebuah foto dan video pribadi atau yang bersifat rahasia. Maka hal itu wajar untuk kemudian foto dan video itu disembunyikan. Banyak aplikasi yang tersedia di playstore yang bisa menyembunyikan foto dan video dengan bantuan aplikasi yang banyak tersedia. Kita tinggal klik di Playstore, banyak aplikasi yang tersedia disana yang fungsi untuk menyembunyikan file baik foto maupun video yang kita inginkan. Dengan banyaknya aplikasi yang tersedia pada umumnya justru yang merepotkan adalah banyaknya aplikasi semacam itu yang mewajibkan pengguna melewati banyak proses yang rumit. Tidak usah puyeng mikirin mana aplikasi yang cocok untuk kita install, ada cara yang jauh lebih mudah untuk menggunakan aplikasi semacam itu. silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

Kalau kita ingin menyembunyikan gambar, foto atau video di galeri, pertama-tama yang harus kita lakukan adalah masuk ke aplikasi file manager atau file explorer. Sebagai contoh, di sini kami menggunakan aplikasi File Explorer dari NextApp Inc.

Langkah selanjutnya adalah membuka folder gambar, foto atau video yang mau kita sembunyikan. Kemudian, di folder tersebut kita buat file baru dengan nama .nomedia.

Baca Juga :  Mengenal Berbagai Jenis Makanan Anti Kolesterol Tinggi

Sekarang mari kita buka lagi galeri dan seharusnya gambar, foto atau video yang ada di folder itu, tidak akan terlihat. Namun apabila folder di gambar, foto atau video itu masih terlihat, coba di restart perangkat Android anda. Untuk melihat kembali file gambar, foto atau video kita cukup mengklik nama file yang tadi telah kita buat. Cukup mudah bukan ?

Selamat mencoba! Semoga bermanfaat…!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *