Tips Sederhana Merawat Baterai Ponsel Agar Tidak Mudah Drop

Baterai ponsel merupakan salah satu peralatan penting dalam alat komunikasi telepon seluler, apalagi saat ini telepon seluler tidak hanya sekedar untuk bicara saja, ponsel saat ini tugasnya disamping sebagai alat komunikasi bicara juga telah menggantikan posisi komputer dalam hal kinerjanya. Ponsel saat ini sudah hampir menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat, sehingga pengguna ponsel juga perlu memperhatikan tips yang sebenarnya sudah ada di panduan, apabila kita membeli ponsel baru.

Ponsel saat ini sudah hampir menjadi kebutuhan komunikasi utama baik untuk bicara (Voipe) maupun data. Bisa dibayangkan ketika kita sedang mengakses informasi data mendadak baterai bunyi tit.. tit….. dan kita sedang tidak membawa charge atau power bank, tentunya rasa jengkel yang akan kita rasakan, apalagi sedang mengakses informasi penting. Agar ponsel kita tidak gampang drop atau low bat, kita perlu untuk melakukan perawatan pada ponsel kita khusus pada¬† baterainya, pada umumnya baterai ponsel yang normal bisa digunakan secara terus menerus untuk komunikasi data sekitar 6-10 Jam tapi kalau kurang dari itu tentu ada masalah dengan baterai ponsel kita, agar baterai ponsel kita awet dan tahan lama alias tidak mudah drop, silahkan simak tips kami berikut ini ;

  1. Matikan ponsel
    Apabila kita di area yang signalnya lemah sebaiknya matikan ponsel. Karena jika ponsel terus diaktifkan, otomatis ponsel kita akan terus menerus mencari signal, hal ini tentu akan menguras baterai kita.

  2. Pakailah repeater.
    Kalau memang ponsel harus dalam kondisi hidup akan tetapi kita berada di area yang signalnya lemah, sebaiknya kita gunakan alat penguat signal atau repeater untuk memperkuat penangkapan signal ponsel.

  3. Matikan fitur
    Agar baterai kita tidak terkuras percuma, matikan fitur yang tidak penting, jangan biarkan aktif sepanjang hari tanpa ada manfaat yang jelas.

  4. Jangan aktifkan bersamaan
    Salah satu fitur yang menguras baterai kita adalah dengan mengaktifkan fitur ringtone dan getar sekaligus, karena fitur ini juga cukup menguras energi baterai, maka sebaiknya aktifkan salah satunya saja. Silahkan aktifkan sesuai dengan kondisi dimana kita berada. Misalnya lagi rapat, beribadah aktifkan fitur getarnya saja.

  5. Kurangi brightness
    Cahaya di ponsel yang cukup terang sudah pasti akan menguras baterai ponsel, setel kecerahan ponsel seminim mungkin, yang penting kita masih bisa untuk melihatnya agar baterai yang terpakai lebih hemat.

  6. Matikan Bluetooth
    Fitur ini juga banyak menguras baterai ponsel, maka dari itu matikan bluetooth setelah selesai menggunakan atau gunakan seperlunya saja dan jangan lupa dimatikan setelah digunakan.

  7. Matikan Infrared
    Fungsi infrared hampir sama dengan bluetooth, oleh karena itu matikan juga fitur ini jika tak digunakan.

  8. Pilihlah aplikasi seperlunya
    Ponsel pintar secara umum sudah disetting sesuai dengan typenya, namun kalu kita lengah atau dengan tanpa sengaja menginstall aplikasi yang sebenarnya kita tidak memahami atau tidak berfungsi secara kontinu maka sebaiknya di stanbay kan saja atau hapus agar tidak ikut-ikutan menguras baterai ponsel pintar kita. Baca juga : Tips sederhana untuk ngirit baterai smartphone android

  9. Penempatan ponsel
    Ingat !!!! Jangan pernah meletakkan ponsel kita di tempat yang temperaturnya tinggi atau terlalu rendah sehingga tidak terjadi kerusakan pada baterai atau ponsel kita akibat suhu yang terlalu tinggi atau rendah. Contohnya, jangan meletakkan ponsel di dalam mobil yang terjemur di terik matahari, di atas laptop atau sebaliknya di tempat yang temperaturnya ekstrim dingin, sebaiknya apabila kita berada di wilayah yang cukup dingin misalnya di puncak gunung sebaiknya ponsel dimatikan kemudian dimasukkan ke dalam kantong plastik saja.

  10. Charge baterai terlalu lama
    Melakukan pengisian baterai terlalu lama juga bisa mengurangi kinerja baterai ponsel, maka dari itu segera cabut charger dari ponsel jika baterai sudah penuh.

  11. Lakukan Charge sesuai aturan
    Jangan terlalu sering melakukan pengisian baterai apabila baterai ponsel masih di atas 40%, lakukan charge dibawah 40% atau kalau sudah sekitar 10% dan sekali-kali biarkan baterai habis total baru dilakukan pengisian, hal ini dimaksudkan agar sel-sel yang ada di lapisan bawah baterai juga kosong dan di isi kembali untuk penyegaran sel lapisan bawah baterai ponsel. Baca juga : Tips mengenal kebiasaan charge smartphone yang bikin baterai cepat rusak

  12. Atur settingan Screensaver
    Untuk fitur ini jangan biarkan durasi nyalanya terlalu lama, cukup 5 sampai 15 detik saja agar baterai ponsel kita hemat.

  13. Sesuaikan fungsi ponsel sebagaimana mestinya
    Agar baterai ponsel lebih awet masa pemakaianya, gunakan ponsel pintar kita sesuai dengan kapasitasnya, jangan memaksakan ponsel terlalu sering untuk menggantikan tugas komputer, seperti sering menggunakan ponsel untuk bermain game, mendengarkan mp3 dalam waktu yang lama, seringnya melakukan panggilan video (video call), untuk mengedit foto ataupun browsing terus menerus. Semua aktivitas tersebut sebaiknya menggunakan laptob saja, karena aktifitas tersebut dibilang aktifitas berat untuk baterai ponsel dan tentunya hanya akan mempercepat baterai ponsel cepat habis.

Baca Juga :  Tips Sederhana Memahami Aplikasi Berbahaya di Smartphone Android

Demikian tips agar baterai ponsel kita tidak cepat drop, mudah-mudahan bermanfaat bagi yang membutuhkan !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *