Tips Sederhana Merawat Kesehatan Lansia Agar Tetap Bugar

Merawat orang tua yang sudah lanjut usia atau lansia tidaklah semudah merawat anak kecil karena kalau anak kecil memiliki rasa takut kepada kita sedangkan orang tua tidak takut kepada kita. Dan ketika orang tua kita sudah berusia lanjut, muncul karakter-karakter baru bahkan seperti karakter anak kecil yang seringkali membuat kita tidak nyaman dan bahkan menjengkelkan. Untuk itu sebagai anak, apa yang harus kita lakukan untuk menghadapi orang tua yang sudah lanjut tersebut ?

Lansia yang biasa dipanggil kakek atau nenek agar kesehatannya tetap bugar harus diperhatikan oleh keluarganya. Karena pada usia lansia kita perlu menjaga kesehatan mereka sebaik-baiknya dikarenakan organ tubuh sudah tidak sempurna lagi. Pada lansia umumnya timbul berbagai penyakit yang disebabkan oleh pola hidup yang kurang teratur, untuk itu ada beberapa tips dalam menjaga kesehatan orang tua atau kakek dan nenek saat usia lanjut. Berikut berbagai tips sederhana merawat orang yang lanjut usia agar tetap bugar, antara lain ;

1. Diusahakan tidur 6-8 jam setiap hari pada malam hari
Dengan tidur yang cukup setiap hari, maka sistem tubuh dapat melakukan recovery terhadap sel-sel yang rusak. Tidur antara 6-8 jam bagi lansia pada malam hari bisa meningkatkan kualitas hidup lansia karena dengan tidur yang cukup dapat menghindarkan stres sehingga penyakit yang disebabkan oleh stres bisa diminimalisasi.

2. Minum air putih 3-6 gelas setiap pagi hari
Dengan dipaksa minum air putih setiap hari pada waktu pagi, maka tubuh manusia khususnya lansia akan mengeluarkan 1,5 liter cairan tubuh. Oleh karena itu, lansia harus minum minimal 3-6 gelas di pagi hari untuk mencukupi kebutuhan air dalam tubuh. Dengan minum air tentu sangat baik untuk kesehatan ginjal dan bagian tubuh lainnya.

Baca Juga :  Manfaat Luar Biasa Olah Raga Berjalan Kaki Bagi Kesehatan

3. Berolah raga ringan setiap hari
Olah raga ringan secara rutin setiap hari seperti jalan kaki, senam atau aktifitas apapun yang bisa membuat tubuh para lansia mengeluarkan keringat walaupun sedikit yang penting mudah dilakukan oleh lansia, akan sangat baik untuk menjaga agar tubuh lansia tetap bugar karena sirkulasi darah yang terus menerus sehingga kotoran yang ada dalam tubuh akan keluar secara alami.

4. Memakan Buah Apel
Buah ini merupakan salah satu anti oksidan yang sangat baik untuk tubuh termasuk lansia, untuk itu dengan mengkonsumsi buah apel maka akan menjaga kondisi tubuh lansia menjadi tetap bugar. Buah ini juga sangat mudah dicerna oleh tubuh dan sangat baik untuk sistem pencernaan baik di usia muda maupun di lanjut usia.

5. Memberikan makanan yang mengandung Vitamin dan mineral
Mencegah berbagai penyakit yang timbul pada lansia merupakan faktor utama agar kesehatan lansia tetap bugar, untuk itu alangkah baiknya para lansia selalu diberikan makanan yang mengandung vitamin serta mineral, seperti buah, sayuran kacang2an, daging, susu dll. Pilihlah makanan tersebut yang mudah dicerna oleh tubuh dan tidak mengandung resiko apapun bagi para lansia tersebut.

6. Memakan Buah Pisang
Pisang merupakan salah satu buah yang cukup baik untuk pencernaan, dengan memberikan minimal sebuah pisang untuk dikonsumsi oleh lansia maka sistem pencernaan mereka akan tetap bagus karena dengan memakan sebuah pisang secara rutin maka BAB mereka juga rutin.

7. Membuat Lansia banyak senyum dan tertawa
Lansia harus siperbanyak senyum dan tertawanya karena aktifitas tersebut dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Apabila seseorang bahagia, maka hormon Endorin meningkat sehingga kekebalan tubuh akan meningkat pula.

Baca Juga :  Tips Sederhana Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Segar Bugar

Demikian tips sederhana merawat kesehatan orang tua yang sudah tergolong lanjut usia atau lansia agar kesehatannya tetap bugar. Mudah-mudahan tips sederhana ini bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *