Tips Sederhana Meredakan Sakit Gigi Dengan Bahan Rempah

Sakit gigi !!! Bagi yang pernah merasakan atau sedang menderitanya tentu akan sangat mengganggu dalam beraktifitas, rasa sakit yang luar biasa ini meningkatkan emosi atau rasa ingin marah yang tinggi. Mendengar suara keras, cuaca atau suhu yang dingin, hembusan angin yang masuk ke mulut juga menambah rasa sakit, konon bagi yang pernah menderita sakit gigi merasakan rasa sakit se-akan terasa ke seluruh tubuh walaupun cuma gigi saja yang sebenarnya sakit. Kalau sudah mengalami kondisi seperti itu, sementara berada jauh dari rumah sakit atau tenaga medis. Apa yang harus dilakukan ?

Yang dinamakan sakit gigi tentu banyak sekali penyebabnya, seperti gigi berlobang, gigi retak, gigi rusak juga dari gusi yang bengkak. Yang paling terasa sakit berdasarkan pengalaman adalah ketika gusi bengkak, seakan seluruh penyakit ngumpul jadi satu he he he …. Lebay. Gusi bengkak atau dalam bahasa medisnya Gingivitis merupakan penyakit yang menyerang bagian gusi, yaitu gusi mengalami pembengkakan yang bisa menimbulkan rasa sakit dan nyeri luar biasa. Adapun penyebab utama gusi bengkak adalah kurangnya memperhatikan kebersihan mulut dan gigi, bisa juga disebabkan karena seringnya mengonsumsi makanan yang manis-manis.

Tidak usah khawatir, rasa sakit gigi yang diakibatkan gusi yang bengkak bisa diatasi dengan bahan-bahan alami yang biasanya ada di dapur. Apa saja bumbu dapur yang bisa mengurangi rasa sakit gigi ? Baca : Tips Menyembuhkan Sakit Gigi Secara Alami  dan simak juga artikel sederhana berikut ini ;

1. Berkumur Memakai Air Garam
Kalau gusi sedang bengkak, yang pertama kali dilakukan adalah berkumur dengan air garam. Garam, memiliki kandungan zat antiseptik yang akan melawan infeksi yang menyebabkan gusi mengalami pembengkakan. Ambilah garam beryodium secukupnya, masukkan kedalam gelas yang berisi air, aduklah garam sampai larut dalam air kemudian buat kumur-kumur. Pada saat berkumur dengan air garam mungkin akan menimbulkan rasa sakit dan nyeri, namun tenang saja dan bersabarlah, tunggu beberapa saat akan ada hasil yang akan kita dapatkan.

Baca Juga :  Penderita Jantung Koroner Wajib Tahu

2. Menggunakan Daun Sirih
Daun yang satu ini terkenal sebagai antibiotik yang luar biasa, daun sirih juga bisa bermanfaat untuk mengobati penyakit gusi yang bengkak, caranya adalah petik sekitar 20 lembar daum sirih yang biasanya ada dipagar pekarangan, lalu tumbuk bersama kunyit dan taburi sedikit garam. Masukkan tumbukan tadi kedalam panci yang sudah berisi air, masak hingga mendidih, tunggu sampai dingin. Rebusan air yang sudah dingin bisa langsung diminum atau bisa buat berkumur.

3. Lada Hitam dan Minyak Cengkeh
Rempah-rempah alami yang lain untuk mengobati gusi bengkak selanjutnya adalah menggunakan lada hitam dan minyak cengkeh. Caranya pun sangat mudah, yaitu campur kedua bahan tersebut, kemudian oleskan pada bagian gusi yang bengkak tadi.

4. Bawang Putih
Bawang putih selain menjadi bumbu masak, juga bisa untuk mengurangi rasa sakit gigi yang diakibatkan gusi yang bengkak. Kandungan yang ada dalam bawang putih secara turun temurun sudah sangat terkenal sebagai bahan untuk pengobatan. Adapun caranya adalah ketika sedang mengalami sakit gigi baik karena gigi berlobang atau gusi yang bengkak, ambillah bawang putih lalu gigit dan alihkan rasa sakit ke rasa bawang putih yang baunya menyengat tersebut, lakukan sampai rasa sakit gigi reda.

5. Berkumur dengan Baking Soda
Mengobati gusi bisa juga dengan menggunakan baking soda. Caranya, ambilah baking soda secukupnya, lalu buatlah untuk berkumur-kumur secara merata kedalam mulut. Niscaya rasa sakit secepatnya akan mereda.

Demikian tips sederhana meredakan sakit gigi akibat gigi lobang yang akhirnya membuat gusi menjadi bengkak, namun cara diatas sifatnya hanya darurat untuk mengatasi sakit yang teramat luar biasa. Selanjutnya kami sarankan untuk segera menghubungi dokter atau tenaga medis agar sakit gigi tidak kambuh dikemudian hari. Mudah-mudahan bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *