Tips Sederhana Ngirit Konsumsi BBM Pada Kendaraan

Cara Ngirit Menggunakan Bahan Bakar Kendaraan

Saat ini subsidi BBM sudah sepenuhnya dicabut oleh pemerintah, untuk itu kita harus pandai-pandai memilih BBM yang tersedia di Pom Bensin atau SPBU. Sekarang banyak jenis BBM yang dijual bebas karena memang sudah tidak bersubsidi lagi, dahulu Bensin atau Premium merupakan bahan bakar yang paling banyak dipakai untuk kendaraan dibandingkan bahan bakar lainnya seperti solar dan gas. Selain Premium,  sekarang ada juga Pertamax, Pertallit, Bio Solar dan lain sebagainya. Dengan tanpa adanya subsidi dari pemerintah tentunya harga BBM naik turun sesuai dengan kenaikan harga minyak dunia. Apabila harga minyak dunia naik tentu kita juga akan merasakan dampaknya sehingga biaya yang dikeluarkan untuk BBM kendaraan kita menjadi meningkat.

Ada beberapa cara untuk menghemat pemakaian BBM pada kendaraan kita, sehingga pada saat BBM naik kita tidak terlalu risau.

motor-iritBerikut ini ada beberapa cara yang sangat  mudah agar kendaraan kita bisa lebih hemat dalam mengkonsumsi BBM, sebenarnya hal ini sepele untuk dilakukan namun mempunyai manfaat yang banyak bagi kita, yaitu :

  • Perhatikan Tekanan Ban

Sepele memang !, tapi besar manfaatnya dalam menghemat konsumsi BBM. Karena kalau tekanan angin kurang, dapat menimbulkan keborosan BBM 10-15%. Jadi pastikan tekanan ban di motor kesayangan selalu tepat sebelum mengendarainya.

  • Panaskan Mesin Kendaraan

Panaskan mesin kendaraan minimal cukup satu menit, karena kendaraan zaman sekarang sudah didesain lebih canggih, sehingga memanaskan mesin motor selama satu menit sudah cukup baik.

  • Atur Jarak Pengereman

Apabila rem sering di injak, tentu akan mengakibatkan kendaraan kita jadi tersendat, sehingga kita sering menarik atau menginjak gas, hal ini tentunya membutuhkan konsumsi BBM yang lebih banyak. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk atur jarak dalam berkendara sehingga bisa mengurangi main tuas rem pada kendaraan kita.

  • Konsentrasi Berkendara 
Baca Juga :  Tips Sederhana Berhemat Saat Pandemi

Konsentrasi dalam berkendara, untuk menjaga stabilitas gas agar penggunaan BBM juga stabil, dengan berkendara secara stabil dalam mengatur kecepatan konon bisa lebih irit dalam penggunaan BBM sampai dengan 15%. berkendara yang baik adalah pengendara yang mampu mengatur kecepatan RPM kendaraannya sesuai dengan sepedo meter kecepatan laju kendaraan.

  • Minyak Pelumas

Daya lumas oli yg baik mampu membuat kitiran mesin lebih enteng serta dapat menjaga kompresi di ruang bakar sempurna. Ini akan menciptakan power mesin lebih optimal, sehingga lari kendaraan lebih cepat (jarak tempuh jauh), dengan BBM lebih hemat. Ingat penggantian oli secara rutin dan tak melebihi batas servis yang di anjurkan akan membuat performa mesin kendaraan selalu segar dan putaran yang lancar.

  • Setelan Mesin

Selalu cek performa mesin kendaraan kita agar kerusakan sekecil apapun bisa segera terdeteksi secara dini karena performa mesin yang sudah tidak sesuai tentunya mengakibatkan keborosan juga dalam kendaraan kita. Apabila ada gejala aneh dalam kendaraan kita segera dibawa ke bengkel atau service secepatnya sehingga kerusakan segera dibenahi dan kendaraan kembali normal seperti semula.

  • Stabilkan Kopling

Kopling merupakan faktor yang penting juga dalam hal untuk ngirit penggunaan BBM, karena dalam mengatur kopling apabila tidak sesuai akan mengakibatkan tarikan gas dan hal ini tentunya akan menyebabkan konsumsi BBM lebih banyak, untuk itu kenali secara detail kopling kendaraan kita agar tidak terlalu narik gas atau nginjak gas secara berlebihan.

  • Berkendara Usai Terjebak Kemacetan

Bagi yang tinggal dikota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan dan lain sebagainya kemacetan seolah telah menjadi fitur baru di jalanan kota-kota besar di Indonesia. Akibatnya, selain memicu stress si pengendara, konsumsi BBM pun bertambah. Dari kedua hal ini tanpa disadari sebenarnya saling berhubungan. Berbagai survei mengatakan bahwa tingkat stres tinggi pada seseorang akibat kemacetan ini akan lebih mudah memacu kendaraan lebih kencang setelah terlepas dari kemacetan tanpa memperhitungkan sekelilingnya. Alhasil BBM yang terkonsumsi mesin kendaraan pun menjadi makin banyak.

  • Memperhatikan Busi
Baca Juga :  Mengenal Kode Rahasia Meteran Listrik Pra Bayar Berbagai Merk

Kendaraan di indonesia pada umumnya masih menggunakan busi, untuk itu umur kerja busi sangat perlu diperhatikan, efektifnya sampai jarak tempuh 6.000-7.000KM, busi harus diganti. Lebih dari itu, performa busi sudah mulai menurun. Dengan performa busi yang sudah turun tentu hasil pembakaran di ruang bakar juga sudah tidak efektif lagi, alhasil pemakaian BBM menjadi boros, sebab campuran gas jadi tak terbakar dengan sempurna, tenaga mesin pun loyo. Oh ya, apabila umur busi masih efektif, sebaiknya rajinlah dibersihkan saat servis rutin, sebab bila elektroda busi sampai diselimuti kerak, bisa menurunkan kualitas percikan busi. Selain itu, atur pula kerenggangan elektroda busi sesuai spesifikasi yg di anjurkan.

  • Filter Udara

Filter jenis viscous element tak boleh di bersihkan atau disemprot angin bertekanan. sebab akan merusak filter dan melunturkan pelumas penangkap debu di dalamnya. Bila tampak kotor kudu diganti dengan yang baru tapi untuk filter yang berbahan busa masih bisa dicuci. Selain menghemat konsumsi BBM, tarikan kendaraan pun jauh lebih enteng.

  • Setelan Karburator (tidak berlaku untuk injeksi)

Di anjurkan untuk servis rutin pada karburator, guna menghindari spuyer atau saluran bensin tersumbat kotoran. Sehingga selalu didapat efek pengabutan bahan bakar yang sempurna. Selain itu, setelan ketinggian pelampung, sekrup udara atau pilot air screw juga sangat mempengaruhi hasil pembakaran mesin. Bila dilakukan tepat, dapat memperbaiki power mesin hingga 0,5dk dan tentu berdampak bikin irit konsumsi BBM.

  • Gunakan Pertamax

Tips selanjutnya adalah untuk kendaraan berbahan bakar bensin yang sederhana cuma perlu merogoh kocek lebih banyak yaitu gunakan bahan bakar non timbal atau pertamax. Walaupun harga lebih mahal dibanding premium, tapi manfaatnya bagi kendaraan Anda begitu besar. Jika Anda ingin mengganti kebiasaan pengisian bahan bakar premium ke pertamax, kami sarankan melakukan dengan perbandingan awal minimal 20% sisa bahan bakar atau kalau bisa tersisa hanya 10% – 15%, baru lakukan pengisian dengan pertamax.

  • Sistem Pendinginan
Baca Juga :  Tips Bergaya Hidup Sederhana Agar Bisa Hidup Dengan Nyaman

Stabilitas suhu mesin sangat mempengaruhi performa dapur pacu. Oleh karena itu sistem pendinginan mesin juga perlu diperhatikan. Agar performa mesin kendaraan bisa tetap stabil dan hemat BBM perhatikan sistem pendinginan atau radiator kendaraan kita secara teliti.

  • Pakai Fuel Saver

Tidak haram jika mau aplikasi “part” pengirit bensin kayak: power FX -femax-ring bensin dan sebagainya. Sebab berdasarkan hasil riset, “part” itu memang terbukti mampu menekan pemakaian bensin hingga 10%.

  • Cara Berkendara

Kesemua cara ngiritin BBM di atas tidak akan berguna apabila tak dibarengi dengan cara berkendara yang benar!!. Kalo anda masih suka kebut-kebutan, sering memblayer gas, sering mainin kopling dan lainnya. Sebaiknya, jalankan kendaraan kita sewajar mungkin, menarik atau menginjak gas secara perlahan-lahan waktu berakselerasi, memposisikan perseneling pada kondisi kecepatan dan putaran mesin yang sesuai, dijamin konsumsi BBM anda akan jauh lebih irit.

Demikianlah sekelumit cara menghemat BBM kendaraan kita, semoga bermanfaat …..!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *