Tips Sederhana Sehari-hari Yang Sangat Bermanfaat

Banyak hal yang mungkin tidak kita sadari dalam kehidupan sehari-hari yang sebenarnya cukup mudah kita selesaikan atau kerjakan sendiri tanpa harus melibatkan orang lain serta biaya yang cukup mahal.

Namun karena ketidaktahuan atau kurangnya pengetahuan menjadikan diri kita dibikin repot sendiri sehingga anggaran yang semestinya bisa kita manfaatkan untuk kepentingan lain jadi terkuras akibat hal-hal sepele yang sebenarnya bisa kita lakukan sendiri atau memanfaatkan apa yang ada disekitar kita untuk menyelesaikannya.

Contoh hal-hal sederhana berikut ini mungkin tidak pernah terpikirkan oleh diri kita danĀ  juga belum kita sadari, namun kalau kita perhatikan tentu sangat bermanfaat untuk sehari-hari, seperti ;

1. Saat Makan Pedas
Makan pedas bagi sebagian orang memang menambah porsi makannya namun ketika mulut terasa pedas sekali apa yang sebaiknya dilakukan agar rasa pedas segera hilang? Coba taruh garam dapur dalam mulut, tahan sebentar terus buang dan berkumur maka rasa pedas langsung hilang.

2. Gigi Kuning
Akibat kurang adanya perawatan atau faktor lain seperti m3rokok maka menjadikan gigi tidak sehat dan berwarna kuning. Untuk mengembalikan warna gigi kembali putih berkilau maka kunyahlah kacang tanah dan tahan bentar kemudian dilanjutkan dengan menggosok gigi seperti biasanya maka gigi akan kembali terlihat putih bersih.

3. Tersiram Air Panas Dan Minyak Panas
Apabila tanpa sengaja bagian dari tubuh kita tersiram air panas maupun minyak panas tentu akan terasa sakit seketika, oleh karena itu agar rasa sakit tersebut segera mereda maka kucuri atau aliri dengan air biasa pada bagian tubuh tersebut selama beberapa menit (10-15 menit) maka rasa sakit akan segera mereda.

4. Gelas Ternoda Teh Yang Membandel
Apabila kita menemui gelas yang biasanya digunakan untuk merendam teh tentu warnanya akan menjadi pudar dan kekuning-kuningan, untuk mengembalikan warna gelas kembali menjadi jernih maka olesi dengan pasta gigi dan biarkan sesaat, kemudian sikat dan bilas seperti biasanya maka gelas akan kembali jernih.

Baca Juga :  Tips Menetralisir Efek Negatif Setelah Makan Daging Kambing Bagi Kesehatan

5. Sakit Mata
Saat menetesi obat mata umumnya mata secara otomatis akan tertutup karena adanya cairan obat tersebut sehingga tetesan obat mata tidak maksimal, cara sederhana agar mata bisa terbuka adalah dengan cara membuka mulut agak sedikit terbuka, maka mata akan lebih gampang terbuka.

6. Sariawan
Untuk menyembuhkan sariawan pada mulut secara sederhana maka gunakan tablet vitamin c dengan menempelkan pada bagian mulut yang luka, setelah tablet tersebut mencair maka luka pun sudah sembuh. Namun jika penyakit sariawan agak parah maka boleh ditambahkan dengan vitamin B2.

7. Mata Kemasukan Debu
Indera mata apabila terkena debu tentu akan sangat berpengaruh sekali dalam penglihatan dan juga terasa sakit, untuk mengeluarkan debu tersebut sebenarnya kita cukup dengan memejamkan mata dan batuk dengan kuat sehingga debu akan keluar sendirinya.
\
8. Menghilangkan Komedo
Cara sederhana menghilangkan komedo adalah dengan mencuci muka dengan air hangat kemudian pijat perlahan-lahan dengan jari yang ditempeli garam halus pada kedua sisi hidung, maka komedo dan kotoran hitam di pori-pori hidung akan hilang.

9. Gigitan Nyamuk
Bagian tubuh yang digigit nyamuk tentu akan terasa gatal, untuk menghilangkan rasa gatal tersebut dengan cepat maka segera olesi dengan sabun maka rasa gatal akan segera hilang.

10. Meredakan Sakit Tenggorokan
Cara sederhana menyembuhkan sakit tenggorokan adalah makanlah semangka bersama dengan sedikit garam, namun sebaiknya dilakukan sebelum tidur sehingga pada saat bangun keesokan hari sudah sembuh.

11. Melepas Sticker
Untuk melepaskan sticker yang melekat dan susah dilepas maka gunakan hair dryer yang diarahkan pada label sticker yang susah dilepas dan disaat lem sticker sudah panas, maka sticker akan.dengan mudah dilepas.

Baca Juga :  Tips Sederhana Mengenal Manfaat Daun Salam

12. Bikin Pakaian Tetap Halus
Pada saat bepergian biasanya pakaian kita dalam tas akan tertindih kusut, untuk menghindari hal tersebut maka sebelum pakaian dimasukkan dalam tas maka lipatan setiap helai pakaian sebaiknya di gulung saja agar pakaian tetap halus tanpa kusut.

13. Bersendawa Tak Terkendali
Bersendawa yang tidak terkendali tentu sangat mengganggu terutama saat ngobrol dengan orang lain, untuk meredakannya kita cukup dengan meminum sedikit cuka yang dicampur dengan air hangat, maka sendawa akan langsung hilang.

14. Menghilangkan Bau Mulut
Mengkonsumsi makanan yang berbau seperti bawang putih, petai, jengkol dan lain sebagainya tentu menjadikan bau mulut yang tidak disukai oleh sebagian orang dan tips sederhana untuk menghilangkannya adalah dengan makan beberapa butir kacang goreng maka untuk sementara dapat menghilangkan bau mulut.

15. Menyembuhkan Batuk
Penyakit batuk terutama batuk kering tentu akan sangat mengganggu dan terkadang membuat seseorang susah tidur, untuk menyembuhkan secara sederhana penyakit tersebut adalah dengan mengkonsumsi telur sebelum tidur. Caranya adalah goreng telur dengan minyak wijen dan tidak perlu ditambahkan bahan lain, kemudian makanlah saat panas dan lakukan terapi ini dalam beberapa hari maka batuk akan segera sembuh.

Mudah-mudahan tips sederhana sehari-hari diatas menambah wawasan kita semua dan semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *