Yuk ! Kita Mulai Ngirit Penggunaan Listrik Sehari-hari

Tarif listrik terus naik tiap 4 bulan sekali, untuk itu melakukan ngirit atau penghematan listrik sudah menjadi hal yang patut diperhatikan. Pemerintah sudah mengeluarkan Intruksi Presiden (inpres) tentang penghematan energi listrik. Melalui inpres itu, kita sebagai masyarakat harus memulai bagaimana cara ngirit atau menghemat energi listrik di dalam rumah tangga. Bagi yang tinggal di kota-kota besar banyak sekali peralatan rumah tangga yang bersumber dari energi listrik, PLN akhir-akhir ini memberitahu bahwa tarif listrik akan melonjak 6% setiap 4 bulan sekali, sudah seharusnya kita sebagai masyarakat mulai sadar betapa pentingnya menghemat energi listrik.

Menghemat energi listrik ini juga bisa menyelamatkan bumi kita, karena kita memakai minyak bumi sebagai kehidupan sehari-hari bila minyak bumi tersebut diambil terus-menerus maka minyak bumi kita yang ada di bumi kita sekarang akan habis dan terbuang sia-sia. Maka dari itu kita harus mulai sadar.

Apa saja yang perlu kita lakukan untuk menghemat pemakaian energi listrik ? simak tips kami berikut ini ;

  • Gunakan listrik sistem pulsa.
  • Gunakan AC seperlunya.
  • Cabut segala peralatan kabel dari saklar saat tidak digunakan.
  • Biasakan matikan alat elektronik sebelum tidur seperti, TV, HP, lampu dan lain sebagainya.
  • Menggunakan bahan elektronik sesuai dengan kebutuhan saja.
  • Lepaskan charge laptop atau HP saat tidak digunakan karena hal tersebut juga dapat membikin boros penggunaan energi listrik. Gunakan stop kontak yang bersaklar untuk adaptor, laptop atau charger HP anda. Kalau alat-alat anda sedang tidak digunakan, cukup dengan matikan saklarnya untuk menghentikan aliran listriknya. Hal ini penting buat anda yang malas untuk melepas kabel adaptor atau charger jika selesai digunakan.
  • Pada siang hari sebaiknya gunakan cahaya sinar matahari yang masuk ke dalam rumah, tidak perlu menggunakan lampu. Buka gorden rumah leber-lebar agar cahaya matahari masuk ke dalam rumah. Cara ini agar cahaya lampu tidak terpakai sia-sia pada siang hari.
  • Gunakan warna cat rumah dengan warna-warna cat yang terang seperti warna putih, kuning atau warna cat terang lainnya.cara ini juga dapat membantu menghemat pemakaian listrik pada siang hari.
  • Gunakan energi listrik seperlunya saja.
  • Gunakan peralatan rumah tangga yang hemat energi listrik.
  • Tidak membiasakan diri untuk berprilaku boros, sehingga menggunakan energi listrik sesuai dengan kebutuhan dan menggunakannya secara bergantian dan tidak berlebihan dalam menggunakannya.
  • Ganti peralatan elektronik rumah tangga dengan model yang lebih ngirit energi listrik. Peralatan yang lama masih kebanyakan tidak dirancang untuk penghematan energi listrik.
  • Biasakan menggunakan alat rumah tangga dengan manual tanpa menggunakan energi listrik, lakukan secara manual untuk menghemat energi. Lakukan membersihkan lantai dengan manual, hitung-hitung olahraga seperti mesin penyedot debu dan lain sebagainya.
  • Kurangilah penggunaan peralatan rumah tangga yang menggunakan tenaga listrik. Peralatan rumah tangga yang dapat dikurangi untuk penghematan energi listrik salah satunya adalah pengering pakaian, sebaiknya memnggunakan pengering dengan cara menjemur dibawah terik sinar matahari saja.
Baca Juga :  Tips Sederhana Menggunakan Kulkas Agar Ngirit Listrik

Dari berbagai cara menghemat energi listrik diatas, kita akan dapat manfaatnya seperti :

Sudah tentu hidup kita menjadi lebih baik dan sehat, bila kita tidur dengan keadaan lampu yang mati tentunya dapat membuat sehat tubuh khususnya pada mata kita. Kareana ketika tidur dengan keadaan lampu yang mati akan membuat tubuh kita menjadi fit dan bisa dikatakan istirahat yang penuh, terutama untuk mata kita sangat bagus sekali untuk kesehatan.

Peralatan elektronik rumah tangga akan menjadi lebih awet, bukan hanya tubuh manusia yang membutuhkan istirahat namun peralatan elektronik pun harus beristirahat juga, jika kita gunakan terus menerus maka alat tersebut tidak akan bertahan lama apalagi selesai digunakan tidak dibersihkan atau tidak diberi perawatan yang semestinya, bandingkan dengan barang yang selesai digunakan lalu dibersihkan maka barang tersebut akan awet dan tahan lama.

Membuat suasana menjadi sejuk, misalkan kita menggunakan lampu dengan kapasitas energi yang tinggi maka, didalam ruangan tersebut akan terasa panas apalagi pada siang hari, apalagi jika kita menggunakan lampu LED pada ruangan akan terasa sejuk karena kapasitas lampu energi ini sangat rendah, tapi tidak mengurangi kenyamanan kita juga. Bila kita menghemat listrik dengan cara mematikan lampu maka kita akan menghemat umur lampu tersebut, semakin sering kita menyalakan lampu, semakin berkuranglah umur lampu tersebut.

Menghemat energi listrik adalah salah satu cara untuk membayar tagihan listrik agar lebih menjadi ringan. Bila kita menggunakan listrik berlebihan sama saja kita membuang-buang energi listrik tersebut, dari pada energi listrik tersebut dibuang sia-sia lebih baik kita sumbangkan untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan aliran listrik.

Demikian tips sederhana untuk ngirit penggunaan energi listrik dalam kehidupan sehari-hari, semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *