Yuk ! Mengenal Berbagai Buah Penambah Nafsu Makan

Nafsu makan yang menurun biasa terjadi pada seluruh makhluk hidup. Tak terkecuali pada manusia baik yang masih balita maupun sudah dewasa. Nafsu makan yang menurun akan memberikan dampak yang buruk pada aktifitas dan lambat laun akan mempengaruhi kesehatan. Asupan gizi yang kurang akibat nafsu makan yang menurun tentu akan membuat tubuh kita menjadi tidak seimbang yang akhirnya akan menimbulkan berbagai macam penyakit.

Hal buruk diatas tentu tidak kita harapkan bukan ? Ada banyak cara sebenarnya untuk meningkatkan nafsu makan, dari berbagai obat yang banyak tersedia di toko maupun di apotik serta ramuan herbal yang kini juga sudah banyak tersebar di pasaran. Mungkin kita belum mengerti bahwa disekeliling kita juga banyak tumbuh-tumbuhan atau buah-buahan yang sebenarnya sangat ampuh untuk meningkatkan nafsu makan yang sudah tentu masih alami yang bisa dibuat sendiri dengan mudah, simak berbagai macam buah berikut ini yang juga bisa menambah nafsu makan secara alami dan aman dikonsumsi, antara lain adalah ;

1. Pepaya
Pepaya dipercaya sebagai salah satu buah-buahan yang cukup bagus untuk meningkatkan napsu makan baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Pepaya juga dapat dikonsumsi oleh ibu hamil yang mengalami kurang nafsu makan atau sulit untuk makan. Buah yang kaya serat ini mengandung vitamin A, vitamin B dan vitamin C. Pepaya juga sangat baik diberikan pada anak-anak yang selera makannya menurun.

2. Jeruk
Buah jeruk juga dipercaya sebagai penambah nafsu makan yang cukup manjur. Buah ini juga aman dikonsumsi oleh anak-anak dari usia 2 tahun, dengan mengkonsumsi buah jeruk pada saat nafsu makan menurun niscaya akan membangkitkan kembali rasa lapar. Dengan mengkonsumsi buah jeruk minimal 2 buah dalam sehari atau dibikin minuman jus dengan teratur maka akan memulihkan dan meningkatkan napsu makan terutama pada anak-anak dan wanita hamil.

Baca Juga :  Manfaat Getah Buah Pepaya Muda Bagi Kesehatan

3. Berry
Berry atau buah beri merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C nya. Dengan mengkonsumsinya secara rutin maka akan memberikan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan serta mampu meningkatkan nasfu makan. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah beri juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai macam serangan penyakit. Buah ini bisa dikonsumsi secara langsung maupun dibuat juz agar mudah mengkonsumsinya.

4. Pisang
Buah pisang selain dikenal mampu mengatasi masalah pencernaan terutama sembelit, ternyata buah pisang juga bisa dimanfaatkan sebagai penambah nafsu makan yang cukup efektif dan buah pisang juga aman dikonsumsi sejak bayi.

5. Pare
Buah pare juga dipercaya sebagai salah satu buah yang bisa mendongkrak napsu makan khususnya bagi orang dewasa. Buah pare sebenarnya tergolong dalam kelompok jenis sayur-sayuran yang berkhasiat sebagai penambah napsu makan. Pare memiliki rasa khas yakni pahit dan justru rasa pahit tersebut memberikan efek lapar dan tentu meningkatkan nafsu makan. Selain buahnya, ternyata daun pare juga bisa dimanfaatkan untuk menambah nafsu makan dengan cara direbus lalu diminum airnya.

Demikian berbagai jenis buah yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan nafsu makan baik bagi anak-anak, ibu hamil maupun orang dewasa. Mudah-mudahan dengan informasi diatas menambah wawasan kita dan apabila sedang tidak mood makan maka kita bisa segera mengkonsumsi dari salah satu dari berbagai jenis buah diatas, sehingga kita terhindar dari efek buruk akibat dari nafsu makan yang menurun. Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *