Yuk ! Mengenal Berbagai Jenis Makanan & Minuman Yang Bisa Menurunkan Asam Lambung

Asam lambung sebenarnya berfungsi untuk membantu mencerna makanan dan membuat tubuh menyerap nutrisi makanan yang kita konsumsi. Namun demikian apabila produksi asam lambung berlebih bisa membuat perut kembung dan rasa seperti panas terbakar di tenggorokan, mual, perut nyeri atau perih, sendawa dan muntah. Dalam kondisi seperti itu, maka segera konsumsilah berbagai makanan berikut ini, karena sejak nenek moyang dipercaya bisa mengurangi produksi asam lambung. Apa saja berbagai makanan tersebut ? simak berbagai jenis makanan atau minuman berikut ini ;

Susu
Susu adalah cairan bergizi berwarna putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia, salah satunya termasuk manusia. Susu mengandung kalsium, mineral alkali yang berfungsi untuk menetralkan asam lambung. Sehingga ketika merasa asam lambung naik, maka minumlah segelas susu hangat agar asam lambung segera mereda.

Teh herbal
Teh herbal adalah sebutan untuk ramuan yang terdiri dari bunga, daun, biji, akar, atau buah kering yang dibuat sebagai minuman. Walaupun disebut “teh”, ramuan atau minuman ini tidak mengandung daun dari tanaman teh. Teh herbal dianggap sebagai salah satu teh terbaik untuk melawan asam lambung dengan cara menenangkan usus serta mengurangi produksi asam berlebih dalam lambung.

Jahe
Jahe merupakan tanaman yang tergolong rempah-rempah juga bermanfaat untuk menenangkan asam lambung karena sifat anti inflamasi di dalamnya. Dengan mengunyah sepotong jahe atau minum teh jahe dipercaya bisa meredakan asam lambung.

Cuka apel
Ramuan yang sudah cukup dikenal sejak nenek moyang ini meskipun memiliki rasa asam, namun cuka apel ternyata mengandung asam sehat dan enzim yang bermanfaat untuk menetralkan asam lambung di dalam tubuh.

Green smoothies
Green juice atau lebih populer disebut sebagai green smoothies merupakan jus kombinasi terdiri dari sayuran dan buah-buahan. Jenis minuman ini dianggap banyak orang sehat karena menjadi salah satu cara untuk meningkatkan konsumsi sayur dan buah. Oleh karena itu green Smoothies dianggap mampu meredakan asam lambung karena zat antioksidan dan nutrisi di dalamnya bisa mengurangi asam lambung dengan cepat.

Baca Juga :  Penyebab Kinerja Baterai Ponsel Menurun

Oatmeal
Oatmeal adalah biji-bijian yang kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan yang dbutuhkan oleh tubuh kita dalam setiap hari agar berfungsi dengan baik. Oatmeal juga mengandung serat yang berguna menyerap asam di perut. Dengan mengkonsumsi oatmeal secara rutin ternyata berguna untuk mengurangi sembelit, meningkatkan kesehatan usus, dan membuat perut terasa kenyang dalam waktu yang lama.

Lidah buaya
Lidah buaya merupakan salah satu jenis tanaman yang mampu berfungsi sebagai pendinginan secara alami. Sehingga dengan kemampuan tersebut lidah buaya memiliki kemampuan untuk mengurangi asam lambung.

Salad
Makanan yang umumnya berupa sayur-sayuran hijau yang disiram dengan berbagai bumbu dan saus ini tentu begitu kaya akan nutrisi dan bermanfaat tinggi untuk pencernaan. Dengan demikian makanan ini tentunya bisa mencegah peradangan dan meredakan asam lambung.

Minyak zaitun
Minyak yang berasal dari pohon zaitun ini manfaatnya untuk kesehatan tubuh sangat luar biasa, karena pohon zaitun bisa tumbuh hingga 50 meter di habitat alami dan hidup selama lebih dari 500 tahun. Minyak zaitun memiliki sifat anti inflamasi, sehingga bermanfaat juga untuk meredakan asam lambung.

Ayam
Daging ayam mengandung protein yang bisa mencegah asam lambung, dengan catatan dalam mengolahnya harus dengan benar. Caranya adalah menghindari dalam pengolahannya dengan cara digoreng atau terlalu banyak bumbu yang justru bisa memicu atau menyebabkan meningkatnya asam lambung.

Demikian berbagai jenis makanan dan minuman yang bermanfaat untuk meredakan asam lambung, mudah-mudahan dengan informasi ini menambah pengetahuan kita sehingga memahami apa yang seharusnya dilakukan ketika mengalami atau menderita berbagai penyakit seperti naiknya asam lambung dengan cara yang alami dan murah alias ngirit. Semoga artikel ini bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *