Yuk ! Mengenal Berbagai Jenis Makanan Yang Bisa Menyehatkan Rambut

Berbagai Jenis Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Kulit Kepala dan Rambut

Rambut merupakan salah satu aset yang sangat berharga bagi manusia, terutama bagi para wanita, bahkan ada istilah “Rambut Adalah Mahkota Wanita”  , Mahkota merupakan simbol dalam bentuk tutup kepala yang umunya digunakan oleh raja, ratu atau dewa. Mahkota juga merupakan sebuah lambang kekuasaan dan status sosial dari suatu masyarakat. Oleh karena itu mahkota menjadi sesuatu yang dibanggakan begitu juga dengan rambut terutama bagi wanita, rambut adalah sesuatu yang sangat berharga apalagi sejak dulu seorang wanita selalu dicirikan dengan rambut panjang terurai.  Untuk merawat agar mahkota wanita tetap terjaga kesehatannya maka perlu dilakukan perawatan yang cukup agar bisa tetap tampil percaya diri. Bisa dibayangkan apabila seorang wanita rambutnya kusam, kering atau bahkan berminyak, wanita tersebut tentu kurang pede untuk tampil di muka umum.

Nah …! Untuk merawat rambut sebenarnya tidak sulit asal mengetahui caranya, berikut ini berbagai jenis makanan yang baik untuk kesehatan rambut dan kulit kepala baik pria maupun wanita, antara lain ;

1. Kacang hijau
Kacang hijau merupakan salah satu makanan yang baik untuk rambut agar tetap sehat. Kandungan mineral dan vitamin yang terdapat pada kacang hijau seperti seng, besi dan vitamin B, dapat membantu dalam menjaga kesehatan rambut serta kulit kepala.

2. Teh hijau
Kandungan polifenol pada teh hijau juga bisa membantu menjaga kulit kepala agar tetap sehat. Jika kulit kepala sehat, maka kesehatan rambut pun akan membaik, sehingga rambut nampak berkilau dan bebas dari ketombe. Bahkan teh hijau bisa digunakan juga untuk keramas agar kepala terbebas dari ketombe.

Baca Juga :  Berbagai Jenis Makanan Dan Minuman Penambah Daya Tahan Tubuh

3. Wortel
Buah yang tergolong sayuran ini selain dipercaya untuk membantu mempertajam mata, ternyata juga sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut karena kehadiran vitamin A. Keberadaan vitamin A dalam wortel, akan membantu dalam pembentukan minyak sebum dikulit kepala. Hal ini dikarenakan sebum merupakan unsur yang sangat penting untuk membantu menjaga kulit kepala dan rambut agar tetap lembab. Kulit kepala yang lembab berarti rambut dalam kondisi yang sehat.

4. Ikan Salmon
Salah satu kandungan dalam Ikan Salmon adalah sebagai sumber protein, vitamin D dan asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 merupakan kebutuhan yang sangat penting untuk menjaga kulit kepala dan batang rambut agar terhidrasi dengan baik. Rambut menjadi sehat dimulai dengan kulit kepala yang sehat pula.

5. Kuning Telur
Kuning pada telur kaya akan biotin dan vitamin B. Kedua nutrisi ini sangat penting untuk kesehatan dan pemeliharaan rambut. Biotin adalah elemen yang membantu untuk menjaga rambut agar bersinar. Biasanya biotin dijadikan sebagai bahan tambahan dalam sampoo dan kondisioner, yang merupakan salah satu elemen penting yang dibutuhkan untuk kesehatan rambut.

6. Buah Plum
Plum adalah salah satu buah segar dan lezat yang mengandung antioksidan cukup tinggi, sehingga dapat membantu untuk memperbaiki tekstur rambut. Karena buah ini juga kaya akan zat besi yang dapat membantu mencegah kerontokan pada rambut, rambut kusam, rambut tipis, serta pada warna rambut.

7. Sayuran berdaun hijau
Sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam, brokoli dan selada yang kaya akan zat besi juga sangat baik untuk kesehatan pada rambut. Hampir semua sayuran yang berdaun hijau gelap merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin A dan C. Kedua vitamin ini membantu dalam pembentukan sebum yang melembabkan kulit dan menyehatkan rambut secara alami.

Baca Juga :  Yuk ! Mengenal Berbagai Manfaat Tanaman Sirih Bagi Kesehatan

8. Tiram
Sekelompok kerang-kerangan dengan cangkang berkapur dan relatif pipih ini, sangat baik untuk menyuburkan rambut rontok serta berketombe.

9. Paprika
Buah yang rasanya pedas ini juga kaya akan vitamin C, dan sangat baik untuk menyehatkan rambut. Selain itu buah ini juga membantu dalam pembentukan kolagen dan meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah kerusakan rambut.

10. Ubi Jalar
Ubi jalar termasuk salah satu jenis makanan polo pendem yang mengandung vitamin A yang mampu mencegah kulit kepala dan rambut menjadi kusam serta membantu pertumbuhan dan sirkulasi yang tepat oksigen ke folikel rambut. Sehingga kesehatan rambut akan senantiasa terjaga dengan tercukupinya oksigen tersebut.

Dengan demikian agar kesehatan kulit kepala yang berefek pada kesehatan rambut tetap terjaga  maka konsumsilah secara rutin berbagai jenis makanan diatas, silahkan dikombinasikan sesuai dengan kondisi kesehatan masing-masing. Mudah-mudahan artikel ini menambah wawasan kita dalam menjaga mahkota kesangan ini. Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *