Yuk ! Mengenal Berbagai Makanan & Minuman Peredam Stres

Stres… ! Kondisi ini tidak memandang usia. Stress umumnya dianggap secara negatif sebagai sebuah penyakit. Banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengalami stress salah satunya adalah akibat adanya tekanan. Apabila diantara pengunjung ada keluarga, teman, atau pengunjung sendiri sedang mengalami stress maka salah satu cara terbaik untuk meredakannya adalah dengan mengkonsumsi makanan peredam stress.

Apabila kondisi stres dibiarkan berkepanjangan, tidak menutup kemungkinan dapat menyebabkan datangnya penyakit lain seperti tekanan darah tinggi, gangguan memori, osteoporosis, penyakit jantung koroner dan melemahnya sistem kekebalan tubuh. Dengan berolah raga teratur serta mengkonsumsi makanan peredam stress, setidaknya membantu mengurangi tingkat stress dan meningkatkan mood tanpa ketergantungan pada obat.  Maka dari itu, simak tips mengenal berbagai makanan dan minuman peredam stress berikut ini ;

1. Beras Merah
Beras merah merupakan sumber yang sangat baik karena mengandung vitamin B yang sangat penting untuk semua jaringan sel dan organ. Vitamin B dapat menambah kekuatan jantung, kekebalan tubuh, kesehatan otak serta suasana hati yang sehat. Mengkonsumsi beras merah dapat membantu mengatasi stress dan mencegah berbagai jenis gangguan suasana hati yang galau.

2. Susu
Telah terbukti bahwa orang yang minum susu setiap hari secara teratur dapat mengurangi risiko mengalami stress. Susu dikenal kaya akan kalsium, vitamin A, D, protein dan anti-oksidan yang dapat membantu untuk melawan radikal bebas ketika kita mengalami stress. Segelas susu skim hangat dapat membantu menenangkan diri dalam waktu singkat. Jika menderita stres yang berhubungan dengan insomnia, maka cobalah minum segelas susu hangat menjelang tidur niscaya kita akan mengalami tidur yang lebih baik. Selain susu, kita juga bisa memilih kandungan senilai susu yakni yogurt atau susu almond.

Baca Juga :  Efek Negatif Berlebihan Mengkonsumsi Makanan Berminyak Bagi Kesehatan

3. Bayam
Sayuran ini mengandung vitamin A, B, C dan kaya akan kalium, kalsium, fosfor dan magnesium yang dapat membantu mengurangi hormon stres dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi sayuran ini niscaya bisa menstabilkan suasana hati merasa lebih baik. Satu gelas jus bayam cukup untuk membantu tubuh meredakan stress.

4. Almond
Makanan yang dapat mengurangi stress berikutnya adalah almond. Almond mengandung vitamin E, B2, zinc, magnesium dan minyak sehat. Selain itu, almond merupakan sumber serat yang baik bagi tubuh. Jadikan almond ini sebagai camilan, karena kandungan didalamnya mampu meningkatkan energy dan mengurangi hormon stress.

5. Ikan Salmon
Ikan salmon adalah makanan super bergizi yang kandungannya bekerja lebih baik dalam tubuh. Kandungan tinggi asam lemak omega-3 yang dapat meningkatkan zat di dalam otak menjadi bahagia seperti serotonin yang membantu mengatur hormon stress di dalam tubuh. Cobalah makan 2 sampai 3 porsi salmon per minggu untuk mengurangi tingkat stress. Jika tidak bisa mendapatkan ikan salmon, maka pilihlah ikan lain seperti sarden, tuna mackerel pun bisa menjadi pilihan pengganti ikan salmon.

6. Cokelat Hitam
Dengan mengkonsumsi cokelat hitam setiap hari, maka tingkat hormon stress pada orang yang mengalami stress berat sedikit demi sedikit akan mereda, dengan syarat dalam mengkonsumsinya tidak berlebihan. Jika mengalami stress cobalah untuk makan beberapa lapis coklat hitam, hal ini akan mengurangi tingkat stress dan meningkatkan suasana hati.

7. Teh Hijau
The hijau mengandung anti-oksidan seperti polifenol, catechin dan flavonoid yang menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Minum teh hijau bisa memberikan dampak positif menenangkan pikiran dan tubuh, sehingga dapat membantu mengurangi stress. Jika sedang mengalami stress, maka beristirahatlah sebentar dari aktifitas sambil menikmati secangkir teh hijau dan hindari rokok dan minuman beralkohol.

Baca Juga :  Efek Negatif Terlalu Berlebihan Mengkonsumsi Makanan Bersantan Bagi Kesehatan

8. Jeruk
Buah yang satu ini mengandung vitamin C terbaik, selain itu jeruk juga mengandung vitamin A dan vitamin B yang dapat membantu melawan radikal bebas yang berhubungan dengan stress dan penyakit jantung. Maka cobalah untuk meminum satu gelas jus jeruk setiap hari untuk membantu mengurangi hormon stress di tubuh.

9. Alpukat
Salah satu buah-buahan terbaik untuk memerangi stress adalah buah alpukat. Alpukat merupakan sumber protein, mineral esensial, vitamin C dan E. Alpukat juga mengandung kalium dan serat yang baik untuk tubuh. Kandungan alpukat dapat membantu menjaga sel-sel saraf dan sel-sel otak tetap sehat dan membantu mengurangi tingkat stress. Selain itu, juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah dan mengurangi resiko penyakit jantung.

10. Blueberry
Blueberry merupakan salah satu buah yang cukup dikenal karena kaya akan anti-oksidan yang baik untuk membantu melawan stress. Blueberry juga banyak mengandung vitamin C, E, dan magnesium yang membantu dalam menurunkan tingkat stress.

11. Kacang-kacangan
Kalau sedang stress dan galau, konsumsilah kacang mete, kenari, dan pistachio. Campuran kacang-kacangan ini mengandung serat, antioksidan dan asam lemak tak jenuh yang bisa menurunkan tekanan darah.

12. Madu
Sudah dikenal sejak nenek moyang manfaat madu untuk kesehatan hingga kecantikan. Madu selain nikmat dikonsumsi secara langsung juga banyak dimanfaatkan sebagai campuran ramuan tradisional. Madu ternyata juga sangat ampuh untuk meredakan emosi atau stress karena kandungan nutrisi yang lengkap.

13. Air putih dingin
Air putih dingin juga bisa dijadikan penyembuh stress. Akan tetapi, setelah meminumnya pastikan berjalan di luar ruangan dengan menghirup udara segar. Hal tersebut dimaksudkan agar air putih dingin tersebut menggerakan darah dan udara segar merangsang produksi endorfin, yakni hormon penghilang stress.

Baca Juga :  Memanfaatkan Daun Dan Buah Kelor Untuk Menyembuhkan Berbagai Macam Penyakit

Walaupun stress tidak selalu buruk, namun biasanya stres dibahas dalam konteks negatif, karena stress memiliki nilai positif ketika stress menjadi peluang saat menawarkan potensi hasil. Sebagai contoh, banyak profesional memandang tekanan berupa beban kerja yang berat dalam tenggat waktu yang mepet sebagai tantangan positif yang menaikkan mutu pekerjaan mereka dan kepuasan yang mereka dapatkan dari pekerjaan mereka.

Demikian sekilas artikel mengenai stress, mudah-mudahan dengan mengenal berbagai makanan dan minuman yang bisa meredakan stress kita bisa mengambil manfaat untuk minimal mengobati diri sendiri apabila stress akibat tekanan dianggap sebagai penyakit serta bisa mengobati orang lain secara alami. Mudah-mudahan bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *