Yuk ! Mengenal Berbagai Manfaat Minum Air Kelapa Untuk Kesehatan Tubuh

Minum air kelapa disaat dahaga rasanya sungguh nikmat dan menyegarkan tenggorokan, selain itu dengan meminum air kelapa yang baru saja dikupas ternyata sangat banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Kelapa merupakan salah satu pohon yang hampir seluruh bagiannya dapat dimanfaatkan dalam berbagai hal, pohon ini banyak tumbuh dipinggiran pantai serta diperkebunan seluruh wilayah nusantara, pohon ini hampir seluruh bagiannya dapat dimanfaatkan oleh manusia mulai dari akar sampai daun terutama buahnya. Namun khusus artikel kali ini kami akan sampaikan mengenai manfaat pohon kelapa dari air dalam buah tersebut  yang dikenal dengan rasanya yang cukup manis serta segar. Air kelapa memiliki kandungan gula yang lebih sedikit dibandingkan dengan minuman olahan para olahragawan, minuman soda, dan beberapa jus buah lainnya.

Air yang terkandung dalam buah kelapa selama belum terkena udara (dipecah) maka bakterinya akan stagnan atau tidur namun setelah terkontaminasi udara selama 2-3 maka bakteri positif akan hidup dan setelah 3 jam akan mati. Bakteri positif dalam air kelapa disebut Lactobacillus yang sangat banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia, selain itu air kelapa juga terbebas dari unsur lemak dan kolesterol. Sehingga tidak salah bila atlet lebih memilih untuk minum air kelapa dibandingkan minuman lain saat latihan. Ternyata memang kandungan yang terdapat dalam air kelapa lebih baik daripada minuman olahraga pada umumnya.

Buah ini airnya juga banyak mengandung vitamin dan mineral. Kandungan vitamin dalam air kelapa, antara lain yaitu vitamin B kompleks, seperti riboflavin, niasin, tiamin, piridoksin, dan folat, serta vitamin C tetapi kandungan vitamin C dalam air kelapa hanya sedikit, sekitar 2,4 mg. Sedangkan kandungan mineral dalam air kelapa antara lain adalah kalsium, zat besi, mangan, magnesium, dan seng. Kandungan mineral dalam air kelapa lebih baik dibandingkan dengan kandungan mineral dalam buah jeruk. Berikut ini berbagai manfaat yang bisa diperoleh dari minum air kelapa bagi kesehatan tubuh kita, antara lain ;

1. Pengontrol tekanan darah
Air kelapa yang mengandung potasium dan magnesium sehingga dapat menurunkan tekanan darah sampai batas tertentu sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Baca Juga :  Efek Kebanyakan Makan Tomat Bagi Kesehatan

2. Melindungi jantung
Air kelapa yang bebas dari lemak berbahaya, cocok dikonsumsi bagi yang menderita sakit jantung. Karena air kelapa mengandung antioksidan yang membantu sirkulasi darah agar lebih lancar ke seluruh tubuh. Air kelapa juga mengurangi tingkat low-density lipoprotein (LDL) yang disebut kolesterol jahat, sehingga menghemat penyumbatan arteri yang bisa menyebabkan serangan jantung.

3. Menstabilkan berat badan
Kandungan lemak yang rendah dalam air kelapa menjadikan minuman ini sangat ideal bagi orang-orang yang kelebihan berat badan, sehingga dengan banyak minum air kelapa dapat menurunkan berat badan secara efektif dan signifikan. Karena kandungan potasium dalam air kelapa akan mengeluarkan kelebihan air dan racun dalam sistem tubuh serta bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan menghancurkan lemak.

4. Mencegah dehidrasi
Air kelapa juga mengandung banyak karbohidrat dan garam yang mudah dicerna oleh tubuh. Sehingga berfungsi sebagai minuman terbaik untuk mengatasi saat dehidrasi khususnya bagi yang sedang menderita diare dan mual, dengan minum air kelapa akan mengatasi masalah tubuh yang sedang mengalami kekurangan atau kehilangan cairan.

5. Menurunkan kadar gula darah
Air kelapa juga kaya akan kandungan protein dan serat yang meningkatkan produksi insulin di dalam sel tubuh. Minuman dari air kelapa ini dapat diberikan secara aman kepada pasien diabetes secara teratur.

6. Menyembuhkan masalah urin
Kandungan enzim kalium yang terdapat dalam air kelapa menjadikannya sebagai minuman yang sempurna untuk menghilangkan semua racun melalui produksi urin berlebih. Dengan demikian, sifat asam urin berubah menjadi basa karena garam air kelapa. Hal ini tentunya akan sangat membantu dalam mencegah infeksi saluran kemih.

7. Menjadikan kulit sehat
Air kelapa yang mengandung antioksidan akan menghambat tanda-tanda penuaan pada tubuh khususnya pada kulit. Sehingga keriput dan tanda-tanda garis penuaan bisa dihambat.

8. Mengatasi rambut rontok
Asupan air kelapa secara teratur akan menguatkan akar helai rambut sehingga bisa mencegah rambut rontok. Saat ini sudah banyak pasta yang bahannya dari air kelapa dicampur dengan bahan alami lainnya yang bisa menyembuhkan ketombe dan kerusakan rambut akibat sinar matahari.

Baca Juga :  Tips Sederhana Menyembuhkan Asam Lambung Secara Alami

9. Menjaga kesehatan mental
Air kelapa yang juga diperkaya dengan asam glutamat, merupakan asam amino untuk meningkatkan kekuatan sel pada otak. Dengan demikian, asupan rutin dari air kelapa bisa meningkatkan kemampuan belajar anak. Air kelapa juga mengandung sejumlah vitamin yang mampu menurunkan tingkat stres dan meningkatkan mood.

10. Melancarkan pencernaan
Air kelapa sejak nenek moyang diklaim mampu menjadi obat untuk semua penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Biasanya air kelapa digunakan untuk mengobati keracunan, diare, gangguan pencernaan, konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih, dan gangguan ginjal.

11. Memperlambat penuaan
Manfaat air kelapa muda bagi wanita muda dapat membuat kulit lebih halus dan terlihat lebih muda dari usianya. Kandungan sitokinin (salah satu hormon pertumbuhan) yang terdapat dalam air kelapa berfungsi untuk mengatur pertumbuhan, perkembangan, dan penuaan sel. Kandungan sitokinin pada air kelapa mempunyai efek anti-penuaan, anti-karsinogenik, dan anti-trombotik (anti pembekuan darah). Sitokinin juga dapat menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh, memperkuat dan menghidrasi jaringan ikat, dan dapat mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan usia. Jika ingin awet muda, maka minumlah air kelapa secara rutin sebagai salah satu alternatifnya.

12. Menjadi sumber energi
Kandungan glukosa yang cukup tinggi pada air kelapa dapat menjadi salah satu sumber energi bagi tubuh kita. Glukosa yang diserap oleh sel-sel tubuh dan disebar ke peredaran darah menjadi energi. Asupan energi sangat dibutuhkan ketika tubuh kita merasa lelah, oleh sebab itu banyak para atlet yang mengonsumsi air kelapa ketika sedang berlatih fisik untuk menambah sumber energinya.

13. Menetralisir racun
Air kelapa yang dipercaya oleh nenek moyang sebagai penetralisir racun yang masuk kedalam tubuh, ternyata benar. Adapun racun yang dapat dihilangkan adalah racun-racun tertentu yang masuk ke dalam lambung dengan cara menolak atau memuntahkan racun dari lambung. Sedangkan bila racun sudah terlanjur menyebar ke pembuluh darah kandungan antidotum pada air kelapa hanya membantu mengencerkan darah sehingga dapat dikeluarkan melalui ginjal.

Baca Juga :  Tips Berbagai Cara Mengusir Lalat Secara Efektif

14. Menurunkan demam
Air kelapa yang cepat meresap ke dalam sel-sel tubuh dan cairan tubuh juga dapat cepat keluar melalui air seni. Sehingga ketika kita mengalami demam, suhu tubuh akan cepat turun, karena cairan terus-menerus dikeluarkan dan digantikan dengan yang baru.

15. Mengatasi batu ginjal
Permasalahan batu ginjal yang ringan bisa diatasi dengan mengkonsumsi air kelapa. Cara kerjanya adalah kandungan kalium yang terdapat dalam air kelapa bekerja dalam proses alkali urine akan melarutkan batu ginjal. Sehingga dapat bermanfaat banyak bagi yang menderita batu ginjal akut.

16. Meningkatkan trombosit
Banyak jenis penyakit yang bisa menurunkan trombosit dalam tubuh seperti demam berdarah, biasanya selalu disertai dengan penurunan jumlah trombosit. Hal ini tentu sangat membahayakan penderitanya, maka dengan meminum air kelapa muda dapat meningkatkan jumlah trombosit tetapi harus diimbangi dengan makan makanan bernutrisi yang cukup.

17. Mengobati mual
Air kelapa mampu mengatasi rasa mual pada perut. Rasa mual bisa saja terjadi ketika mabuk di perjalanan, asam lambung berlebih dan lain sebagainya. Dengan meminum air kelapa maka rasa mual akan berkurang, karena kandungan air kelapa dapat menetralisir asam lambung yang membuat perut kita menjadi mual.

Namun bagi yang sedang mendeita penyakit tertentu seperti kolesterol tinggi tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi olahan dari buah kelapa yaitu santannya karena akan memperburuk kondisi kesehatan tubuh.

Demikian berbagai manfaat air kelapa yang bisa kita peroleh dan mudah-mudahan informasi ini menjadi tambahan referensi untuk menambah pengetahuan agar bisa dimanfaatkan minimal untuk diri sendiri maupun orang disekitar kita agar kebugaran tetap terjaga, dengan demikian aktifitas sehari-hari tetap berjalan dengan normal karena kesehatan tetap stabil. Mudah-mudahan bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *