Yuk! Mengenal Berbagai Manfaat Sayuran Daun Pepaya Jepang Bagi Kesehatan

Tanaman jenis sayur-sayuran ini dikenal dengan nama pepaya Jepang, meskipun nama tumbuhan jenis sayuran ini ada kata “Jepang“nya, namun bukan berarti tanaman jenis sayuran ini berasal dari negeri Sakura, justru tanaman ini khas asli nusantara yakni berasal dari daerah Jawa Barat. Tanaman pepaya Jepang ini biasanya dipetik daunnya untuk dijadikan sayur, walaupun dinamai pepaya namun daunnya berbeda dengan daun pepaya pada umumnya yang memiliki rasa pahit, daun pepaya jepang justru rasanya sedikit ada manisnya.

Daun pepaya jepang bisa diolah dengan berbagai cara, bisa dijadikan sebagai rebusan sayuran segar, dibuat oseng-oseng bersama kangkung, juga bisa dimasak lodeh. Tanaman ini meskipun ada kata “Pepaya“nya namun bukan merupakan jenis dari keluarga pohon pepaya namun pohonnya cenderung lebih mirip dengan jenis ketela, tanaman pepaya jepang bisa tumbuh dimana saja diseluruh wilayah nusantara. Daunnya yang masih muda tersebut selain memiliki rasa yang segar dan nikmat ternyata juga banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, bahkan ada yang menjadikan daun pepaya jepang sebagai pengobatan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Hal ini lantaran kandungan yang dimiliki daun ini sangatlah alami dalam menyehatkan tubuh. Lebih jelasnya mengenai manfaat daun pepaya jepang, simak berikut ini ;

1. Anti Kanker
Daun pepaya jepang bisa dijadikan sebagai anti kanker karena kandungan yang terdapat pada daun pepaya jepang yaitu acetogenin yang terbukti sangat ampuh dalam mencegah terjadinya kanker.

2. Menyembuhkan gangguan pencernaan
Salah satu manfaat daun pepaya jepang ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan usus. Kandungan yang terdapat pada daun pepaya jepang yaitu enzim yang menyerupai chymopapain, papain, amilase, protease, karbohidrat dan mineral sehingga menimbulkan usus lebih bersih dan membuat organ pencernaan berfungsi dengan baik. Saat organ pencernaan berfungsi dengan baik maka kita akan terhindar dari berbagai macam penyakit akibat pencernaan yang kurang baik.

Baca Juga :  Yuk ! Mengenal Berbagai Manfaat Tanaman Seledri Beserta Efek Sampingnya

3. Anti Oksidan
Kandungan daun ini, sebagaimana disebutkan diatas juga sangat ampuh dalam membunuh dan melawan bakteri jahat yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga dengan kondisi tubuh yang tetap sehat tentu kita akan terhindar dari berbagai macam penyakit akibat bakteri jahat dari makanan lain yang ada dalam tubuh.

4. Mencegah Jantung Koroner
Daun pepaya jepang juga mengandung vitamin c yang berfungsi sebagai antioksidan dalam melancarkan peredaran darah. Dengan mengkonsumsi daun pepaya jepang secara rutin maka kita akan terhindar dari penyakit jantung koroner alasannya yaitu di daun pepaya jepang sendiri kaya akan vitamin C.

5. Agar tetap cantik dan awet muda
Kandungan dalam daun pepaya jepang mempunyai lebih dari 50 asam amino yang menyerupai glisin, valin, asam glutamat, leusin, tirptofan, distidin dan lainnya. Kandungan tersebut sangatlah dibutuhkan sebagai bahan pembuatan kosmetik. Untuk itu dengan mengkonsumsi daun pepaya tentu kita akan mendapatkan manfaatnya sebagai anti aging atau agar nampak cantik dan awet muda bagi wanita.

Selain tersebut diatas, ternyata dengan mengkonsumsi daun pepaya jepang secara rutin akan meningkatkan sistem imun dan secara tidak langsung dapat menghindarkan kita dari berbagai penyekit, seperti ; Tifus, anemia, demam berdarah, mengatasi nyeri waktu haid dan lainnya.

Namun selain segudang manfaatnya bagi kesehatan, daun pepaya jepang juga memiliki efek negatif sangat buruk dikonsumsi bagi ;

1. Ibu Hamil
Ibu yang sedang hamil tidak disarankan untuk mengkonsumsi daun pepaya jepang karena dapat menyebabkan keguguran alasannya yaitu kandungan enzim papain yang terdapat dalam daun pepaya jepang dapat menjadi racun untuk si janin.

2. Memiliki Riwayat  Alergi
Kandungan yang terdapat dalam daun pepaya jepang yang menyerupai enzim papain mampu menyebabkan alergi seperti hidung basah ataupun mata pedas.

Baca Juga :  Efek Negatif Kebanyakan Makan Mentimun Pada Kesehatan

Dengan mengenal berbagai manfaat dan efek samping daun pepaya jepang sebagaimana diatas, mudah-mudahan menambah pengetahuan kita terhadap bahan makanan mana yang baik dan buruk bagi kesehatan, sehingga kita tidak salah dalam mengkonsumsi makanan sehari-hari. Mudah-mudahan bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *