Yuk ! Mengenal Berbagai Manfaat Sayuran Kangkung bagi Kesehatan

Kangkung merupakan salah satu sayuran yang cukup populer di Indonesia. Tanaman ini bisa tumbuh dimana saja dan banyak ditemukan di daerah tropis dan subtropis. Kangkung memiliki 2 jenis yaitu kangkung yang hidup di darat dan ada kangkung yang hidup di air, perbedaan keduanya sangat mencolok mulai dari warna bunga sampai jenis daunnya, kalau kangkung darat warna bunganya berwarna kuning cerah sementara kangkung air warna bunganya keunguan, untuk daunnya kangkung darat cenderung berujung tajam dan kangkung air berujung tumpul.

Kedua jenis kangkung tersebut tetap bisa dikonsumsi dan dapat diolah dengan berbagai cara yang berbeda tetapi tetap meemiliki rasa yang nikmat, misalnya tumis kangkung, lalap kangkung atau oseng kangkung, sayur asam/bening dan lain sebagainya. Sayuran ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita sehari hari, karena mengandung ;

  • Lemak 0,2 g, Natrium 113 mg, Kalium 3 mg, Karbohidrat 3,1 gr, Serat pangan 2.3 gr, dan Fosfor 29.00 mg
  • Protein 2,6 gr, Vitamin A 63 mg. Vitamin C 55 mg, Vitamin D 77 mg, Vitamin B6 0,1 mg
  • Zat besi 1,7 mg dan Magnesium 10,373 mg

Sayuran ini banyak digemari oleh masyarakat Indonesia disamping rasanya yang lezat karena mudah di dapatkan baik dipersawahan, sungai atau rawa-rawa dan bila beli di pasar pun harganya relatif murah alias bisa ngirit belanja. Walaupun demikian kandungan sayuran ini ternyata cukup luar biasa sebagaimana disebutkan di atas, lantas apa manfaat yang bisa diperoleh dari mengkonsumsi kangkung ? ternyata ada berbagai penyakit yang bisa di atasi, antara lain adalah ;

1. Menyembuhkan anemia
Zat besi merupakan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama oleh sel-sel darah merah untuk pembentukan hemoglobin. Kandungan sayuran kangkung ternyata kaya akan zat besi dan itu sangat bermanfaat bagi orang yang menderita anemia serta wanita hamil yang membutuhkan zat besi.

Baca Juga :  Tips Sederhana Berhenti Menghisap Rokok

2. Menyembuhkan gangguan pencernaan dan sembelit
Kangkung juga kaya akan serat yang dapat mencegah gangguan pencernaan. Sayuran ini sangat cocok bagi orang yang sedang menderita gangguan pencernaan dan sembelit.

3. Menyembuhkan penyakit kuning dan hati
Kangkung selain dikonsumsi menjadi lauk juga telah lama digunakan sebagai pengobatan penyakit kuning dan masalah hati. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa ekstrak tanaman ini dapat memberikan perlindungan terhadap kerusakan hati karena memiliki sifat anti-oksidan.

4. Menurunkan kolesterol
Dengan mengkonsumsi sayur kangkung merupakan pilihan yang tepat bagi yang ingin menurunkan berat badan serta menurunkan kolesterol secara alami. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus membuktikan bahwa mengkonsumsi kangkung dapat menurunkan kadar kolesterol serta trigliserida (salah satu jenis lemak).

5. Anti diabetes
Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi kangkung secara rutin dapat menurunkan risiko diabetes. Sayur ini juga bisa digunakan dalam pengobatan diabetes pada wanita hamil.

6. Mencegah kanker
Sebagaimana disebutkan diatas, sayur kangkung juga mengandung senyawa anti-oksidan, sehingga kangkung bisa menjadi pilihan makanan yang tepat untuk pencegahan kanker. Sayur ini juga dikatakan dapat mencegah kanker perut serta kanker kulit dan payudara.

7. Mengatasi insomnia
Kangkung mengandung unsur sedatif, artinya bisa membuat orang mengantuk dan membuatnya bisa tidur dengan pulas. Hal ini karena selenium dan zinc yang terkandung didalamnya bisa membuat syaraf kendur dan rileks. Semakin rileks syaraf kita, maka rasa kantuk akan muncul dan tidurpun akan semakin lelap. Akan tetapi bagi orang yang akan memulai beraktifitas, sebaiknya tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya ya !

8. Mengatasi Sariawan
Kangkung yang berwarna hijau ini, juga dipercaya mampu mencegah penyakit sariwan. Seperti pada penjelasan sebelumnya, kangkung mengandung Vitamin C, sehingga dapat mencegah sariawan dan gusi berdarah. Jika anda sedang sakit gigi, konsumsilah kangkung sebagai obatnya, caranya cukup dengan mengunyah daunnya saja. Karena daun kangkung mengandung antiseptik alami yang dapat membunuh kuman pada gigi.

Baca Juga :  10 Tanda Kerusakan Hati yang Harus di Waspadai

Demikian diantara manfaat sayur kangkung bagi tubuh kita, mudah-mudahan sayuran yang gampang diolah dan memiliki rasa yang cukup lezat ini menjadikan kesehatan kita tetap bugar dan jauh dari berbagai jenis penyakit. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi kita semua!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *