Yuk ! Mengenal Berbagai Manfaat Tanaman Seledri Beserta Efek Sampingnya

Sayuran yang cukup terkenal sebagai penambah aroma masakan antara lain adalah seledri, tanaman ini selain sebagai penyedap masakan seperti sop, soto, bakso, osengan dan lain sebagainya juga bisa dimanfaatkan sebagai obat-obatan, seperti bisa menyembuhkan rematik, menurunkan kadar kolesterol dan lain sebagainya. Seledri bermanfaat bagi kesehatan, mulai daun, batang hingga akarnya. Seledri memiliki nama latin Apium Graveolens, kandungan pada daun seledri adalah kalsium, vitamin A, B1, B2, B6, dan juga vitamin C. Kandungan ini sangat dibutuhkan bagi tubuh, karena bisa mengatasi berbagai macam penyakit. Manfaat apa saja yang bisa kita peroleh dari tanaman ini ? Berikut ini adalah berbagai macam manfaat seledri untuk kesehatan tubuh, antara lain ;

1. Mengatasi anemia
Kekurangan darah atau anemia bisa mengakibatkan kita sakit kepala. Penyakit ini bisa disembuhkan dengan mudah oleh seledri. Caranya adalah cukup minum jus yang bahannya dari seledri yang dicampur dengan air matang, madu, dan nanas. Minumlah secara rutin jus tersebut setiap hari. Niscaya anemia akan berkurang dan kita bisa kembali terbebas dari sakit kepala yang berkepanjangan.

2. Mengatasi rematik
Penyakit ini terjadi pada saat tubuh diserang oleh sistem kekebalan tubuhnya sendiri. Penyakit ini menyerang pada persendian, biasanya mengenai banyak sendi, yang ditandai dengan radang pada membran sinovial dan struktur-struktur sendi serta atrofi otot dan penipisan tulang. Umumnya penyakit ini menyerang pada sendi-sendi bagian jari, pergelangan tangan, bahu, lutut, dan kaki. Pada penderita stadium lanjut akan membuat si penderita tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari dan kualitas hidupnya menurun. Gejala yang lain yaitu berupa demam, nafsu makan menurun, berat badan menurun, lemah dan kurang darah. Namun kadang kala si penderita tidak merasakan gejalanya. Namun tidak usah gelisah, penyakit ini bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi secara rutin tanaman seledri. Caranya adalah bisa langsung dimakan atau untuk lalapan serta dicampurkan dengan berbagai makanan lain, dengan mengkonsumsi rutin penyakit rematik akan segera terbebas dari tubuh kita.

Baca Juga :  Tips Sederhana Mengenal Manfaat Pohon dan Bunga Turi untuk Kesehatan

3. Mengobati penyakit batuk
Walaupun penyakit ini tergolong penyakit ringan namun tetap saja mengganggu aktifitas sehari-hari. Caranya adalah siapkan 3 batang seledri atau secukupnya dan rebuslah dengan 3 gelas air sampai mendidih dan diperkirakan airnya tinggal menjadi 1 gelas. Minumlah rebusan tersebut selagi masih hangat dicampur dengan madu murni seperlunya. Minumlah 2 kali sehari hingga batuknya sembuh.

4. Menurunkan darah tinggi
Darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang tergolong mengerikan, karena bila terlambat menyadari penyakit ini bisa fatal atau stroke. Karena darah tinggi bisa mengancam pecahnya pembuluh darah di otak. Oleh karena itu, bagi yang menderita penyakit satu ini harus segeralah bertindak untuk mengatasinya. Kita bisa menurunkan darah tinggi dengan seledri, caranya adalah dengan menumbuk 100 gr daun seledri hingga halus atau dibikin jus, tambahkan air matang dan dimasak hingga mendidih. Minumlah rebusan tadi 2 kali sehari, agar hipertensi segera menurun.

5. Menurunkan kadar kolesterol
Kolesterol memiliki jumlah yang harus dibatasi di dalam tubuh. Jumlah yang tidak dibatasi nantinya akan berakibat pada penumpukan dan penyumbatan pembuluh darah. Pembuluh darah yang tersumbat nantinya akan mengundang berbagai macam penyakit. Seledri juga bisa kita manfaatkan untuk menurunkan kadar kolesterol yang berlebih pada tubuh, caranya adalah dengan cukup merebus daun seledri 100 gr dengan 3 gelas air hingga susut menjadi sekitar 1 gelas air saja, minumlah rebusan tadi saat masih hangat dan lakukan hal ini rutin setiap hari minimal 1 kali.

6. Membersihkan ginjal
Seledri bisa digunakan sebagai pembersih organ ginjal yang bekerja setiap hari tanpa henti untuk menyaring segala kotoran, racun dan zat-zat yang tidak terpakai untuk selanjutnya dibuang saat kita buang air besar. Seledri bisa membantu membersihkan ginjal yang kurang berfungsi, caranya adalah siapkan segenggam seledri lalu potong-potong serta tambahkan air secukupnya dan rebuslah sampai mendidih. Minumlah rebusan air seledri setidaknya 1 gelas perhari secara rutin sampai ginjal kembali normal.

Baca Juga :  Berbagai Makanan Dan Minuman Yang Bisa Meyembuhkan Sakit Gigi Secara Alami

7. Menyuburkan rambut
Seledri bisa juga dimanfaatkan untuk mencegah kerontokan rambut, menghitamkan rambut serta membantu menyuburkan rambut. Caranya adalah siapkan segenggam seledri kemudian cuci bersih dan di blender, saring jus tadi dan oleskan pada kepala menjelang tidur, lakukan hal ini setiap hari sampai rambut kembali normal.

Efek samping tanaman seledri

Tanaman yang tergolong sayuran ini meskipun kaya akan nutrisi dan bagus untuk kesehatan sebagaimana diatas, apabila salah dosis dalam mengkonsumsinya juga bisa membahayakan pada kesehatan. Berikut beberapa efek samping seledri, diantaranya adalah ;

  • Mengakibatkan alergi
    Seledri dapat menyebabkan reaksi alergi pada orang yang sensitif terhadap tanaman dan rempah-rempah tertentu. Naah … bagi yang memiliki riwayat penyakit alergi dari seledri untuk menghindarinya dan mengganti dengan tanaman obat lainnya.
  • Menurunkan tekanan darah rendah
    Seledri yang dikonsumsi dalam takaran obat dapat menurunkan tekanan darah, jika tekanan darah ini sudah rendah, mengkonsumsi seledri dapat membuat tekanan darah turun terlalu banyak. Maka kalau sudah dalam kondisi tersebut segera berhentilah mengkonsumsi seledri dalam jumlah atau takaran sebagai obat penurun darah.
  • Mengakibatkan gangguan pendarahan
    Mengkonsumsi seledri dapat meningkatkan risiko pendarahan bila digunakan dalam jumlah obat. Untuk itu apabila memiliki riwayat penyakit pendarahan jangan mengkonsumsi seledri yang melebihi takaran obat melancarkan peredaran darah.
  • Menimbulkan peradangan ginjal
    Walaupun seledri sangat bagus untuk pembersihan ginjal, namun apabila dikonsumsi terus menerus sebagai takaran untuk membersihkan ginjal tentu dapat menyebabkan peradangan pada ginjal.
  • Mengurangi jumlah ASI
    Mengkonsumsi seledri secara berlebihan tidak baik bagi seorang ibu yang sedang menyusui. Hal ini akan menyebabkan mengurangi jumlah ASI.

Demikian artikel mengenal berbagai manfaat dan efek samping tanaman seledri bagi kesehatan. Mudah-mudahan artikel ini menambah pengetahuan kita sehingga bisa memanfaatkan untuk menjaga kondisi tubuh tetap stabil dan tetap bugar. Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *